Brilio.net - Anak generasi 90-an pasti nggak asing dengan handphone Nokia. Sebelum smartphone merajalela, handphone Nokia jadi alat komunikasi andalan masyarakat Indonesia. Bahkan, Nokia juga dijuluki handphone sejuta umat karena kepopulerannya. Hampir semua orang dari desa sampai kota menggunakan Nokia sebagai alat komunikasi genggam mereka.

Dari situ, muncullah berbagai legenda tentang Nokia. Salah satunya adalah Nokia 3310 yang terkenal tahan banting. Saking tahan bantingnya, handphone ini sering dijuluki sebagai pengganjal pintu! Ada juga permainan Snake yang populer. Anak generasi 90-an pasti pernah minimal sekali bermain game ini. Walaupun permainannya sederhana, Snake memiliki keseruan yang tak dimiliki handphone merek lain.

Sebelum ada Android, sistem operasi Symbian yang dimiliki Nokia juga sangat dinikmati generasi muda saat itu. Banyak sekali permainan yang bisa diunduh dan langsung dimainkan. Bahkan, Nokia pernah mengeluarkan handphone seri N-Gage khusus untuk para gamers. Bentuknya yang enak digenggam saat ngegame, membuatnya jadi populer di kalangan anak sekolah atau kuliah.

Nah, pada 2018 ini, Nokia semakin bersinar. Merek dari Finlandia ini sekarang mempunyai line-up smartphone canggih yang berbeda dari kompetitornya. Kali ini brilio.net mengulas singkat evolusi Nokia dari dulu hingga sekarang sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (14/11). Yuk, kita simak, Sobat Brilio!

1. Punya daya tahan baterai kuat.

Evolusi Nokia  berbagai sumber

foto: shutterstock.com; nokia.com

Handphone Nokia zaman dulu mempunyai daya tahan baterai kuat. Sekali dicharge, handphone ini bisa bertahan hingga 1 minggu. Dulu tak ada orang yang membawa powerbank ke mana-mana karena khawatir baterai handphonenya akan habis.

Sekarang Nokia juga mengeluarkan smartphone dengan kapasitas baterai mumpuni lho. Rata-rata, smartphone Nokia memiliki waktu siaga hingga 15 hari. Smartphone terbaru seperti Nokia 6.1 Plus juga bisa memutar video hingga 9 jam.

2. Berbagai games legendaris sudah diadopsi ke Android.

Evolusi Nokia  berbagai sumber

foto: toucharcade.com; giantbomb.com

Selain Snake, ada beberapa games yang populer di Nokia. Games ini biasanya hadir di sistem N-Gage. Permainan seperti Asphalt, Call of duty, dan Bomberman sekarang sudah diadaptasi ke Android. Tak seperti versi lawasnya, games-games versi Android tersebut memiliki grafis yang bagus dan gameplay lebih menantang.

3. Selalu terdepan dalam sistem operasi dan bentuk handphone yang menarik.

Evolusi Nokia  berbagai sumber

foto: theregister.co.uk

Sistem operasi Symbian yang dimiliki Nokia dulu sangat populer di kalangan generasi 90-an. Kamu bisa menggunakannya untuk berselancar internet, mengunduh permainan berbasis Java terbaru, dan masih banyak lagi. Sistem operasi ini juga jarang terkena virus dan relatif stabil. Sekarang, Nokia menggunakan sistem murni Android One yang terkenal gesit dan tangguh dalam setiap kondisi.

Salah satu smartphone Nokia yang menggunakan sistem operasi Android One adalah Nokia 6.1 Plus. Alhasil, smartphone canggih satu ini bebas dari bloatware yang bisa memperlambat kinerja. Tak hanya itu, smartphone ini juga akan mendapat update yang paling cepat karena memakai sistem operasi stok Android Oreo yang nantinya akan diupdate menjadi Android Pie.

Evolusi Nokia  berbagai sumber

foto: Nokia.com

Build qualitynya juga tampil mewah dengan glass body. Nokia 6.1 Plus juga memiliki layar 5.8 inchi dengan resolusi 19:9. Resolusinya yang mencapai Full HD + membuat Nokia 6.1 Plus menjadi smartphone yang cocok untuk konsumsi media seperti menonton video YouTube atau streaming. Hadir juga Corning® Gorilla® Glass 3 agar layar Nokia 6.1 Plus bebas dari goresan.

4. Pelopor teknologi kamera.

Evolusi Nokia  berbagai sumber

foto: symbios.pk

Nokia tak asing lagi dengan teknologi kamera. Pelopornya adalah Nokia 7650 pada tahun 2002 silam. Walaupun hanya memiliki resolusi kurang dari 1 MP, Nokia 7650 jadi yang pertama memiliki kamera yang sangat terintegrasi dengan sistemnya. Ada juga Nokia seri N90 yang bentuknya mirip sebuah kamera video. Kerennya lagi, kamera handphone ini memakai lensa Carl Zeiss yang terkenal dengan kualitasnya.

Evolusi Nokia  berbagai sumber

foto: Nokia.com

Sekarang kualitas kamera depan dan belakang sudah jauh berbeda. Bahkan, smartphone canggih Nokia 6.1 Plus mempunyai dual kamera belakang 16 + 5 MP. Untuk urusan kamera depan, smartphone ini mengandalkan kamera 16 MP dengan f/2.0 untuk potret selfie yang keren. Kamera depan ini juga didukung teknologi Artificial intelligence (AI) yang membuat hasil selfie mirip seperti saat berkaca dengan cermin.

Ada juga fitur Bothie yang bisa merekam sisi depan dan belakang pengguna Nokia 6.1 Plus dengan sempurna. Cocok banget deh bagi content creator yang kreatif dan inovatif. Penasaran dengan smartphone canggih Nokia 6.1 Plus? Info selengkapnya bisa kamu cek di sini.

5. Handphone sejuta umat.

Evolusi Nokia  berbagai sumber

foto: nokia.com

Handphone Nokia terkenal ramah di kantong dan penuh dengan berbagai fitur menarik. Walaupun dulu handphone hanya untuk yang berduit, Nokia menyediakan pilihan yang bisa dijangkau berbagai kalangan. Saking populernya, Nokia sering dijuluki sebagai handphone sejuta umat. Handphone Nokia seperti 3310, N-Gage, 1100, Communicator dan lain-lain jadi andalan generasi 90-an.

Sekarang, penerus Nokia 3310 juga sudah telah hadir. Tak hanya itu, ada juga smartphone canggih dari Nokia seperti seri 1 hingga 8 yang jadi pilihan banyak orang. Terinspirasi dari keawetan Nokia zaman dulu, smartphone terbarunya sekarang kembali jadi pilihan banyak orang.