Brilio.net - Pernah terpikir tidak sih untuk mengetahui WhatsApp kamu diblokir atau tidak oleh seseorang? Walaupun WhatsApp tidak memberitahu saat seseorang memblokir akunmu, kamu masih bisa mengetahui kriterianya. Ciri-cirinya pun beragam, mulai dari foto profil yang tidak muncul, penanda waktu yang tidak terlihat, hingga tulisan 'online' yang sama sekali tidak muncul.

Seperti diketahui, fitur blokir ini sendiri diterapkan WhatsApp untuk menghargai privasi seseorang. Jadi kamu tidak akan bisa mengirim pesan atau beraktivitas lainnya jika akunmu sudah diblokir. Jika kamu ingin bebas dari blokir, kamu harus berusaha lebih keras lagi untuk menghubungi orang tersebut lewat cara lain, misalnya kirim pesan lewat SMS atau telepon reguler.

Biar tidak penasaran lagi, berikut 5 ciri WhatsApp-mu diblokir orang lain yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa, (12/10).

5 Ciri WhatsApp dilokir orang lain, tulisan 'online' tidak terlihat berbagai sumber

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: freepik.com

1. Tidak bisa melihat penanda waktu.

Ini bisa dilihat ketika ruang obrolan dibuka. Tepat di bawah nama kontak tersebut, biasanya terlihat informasi waktu terakhir aktif (last seen). Jika kontak tersebut biasanya mengaktifkan fitur last seen-nya, lalu informasi tersebut mendadak tidak ada, maka bisa dipastikan bahwa WhatsApp-mu sudah diblokir oleh kontak tersebut.

2. Foto profil tidak muncul.

Foto profil WhatsApp merupakan hal penting yang perlu ada. Dengan foto profil, seseorang bisa mengetahui apakah lawan bicaranya laki-laki atau perempuan, tua atau muda, dan sebagainya. Sama halnya dengan penanda waktu, jika pada dasarnya kontak tersebut biasa memperlihatkan foto profilnya dan tiba-tiba tidak terlihat lagi, maka ada kemungkinan akun WhatsApp kamus sudah diblokir oleh kontak tersebut.

Perlu diketahui juga bahwa tidak semua pengguna WhatsApp menyematkan foto profil. Ada sebagian orang yang tidak memberi akses foto profil mereka kepada orang lain yang kontaknya belum disimpan.

3. Hilangya tulisan 'online'.

Salah satu ciri WhatsApp diblokir orang lain adalah tidak terlihatnya informasi 'online' saat berada di ruang obrolan. WhatsApp mempermudah seluruh pengguna untuk memberitahu seseorang sedang online atau tidak dengan adanya tulisan 'online' ini. Jika kamu tidak pernah lagi melihat tulisan ini, maka besar kemungkinan akun WhatsApp-mu sudah diblokir.

4. Tanda centang satu.

Dibanding dengan tiga ciri-ciri yang sudah disebutkan, hal yang paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengetesnya melalui kiriman pesan. Dengan mengirim pesan, kamu bisa tahu apakah pesannya hanya centang satu (terkirim) atau centang dua (diterima). Jika centang satu dalam waktu yang lama, maka besar kemungkinan kamu sudah diblokir oleh kontak tersebut.

5. Panggilan telepon.

Cara terakhir yang tidak kalah ampuhnya untuk mengetahui kontak WhatsApp-mu terblokir atau tidak yaitu dengan melakukan panggilan. Jika keterangan yang kamu lihat hanya 'memanggil' terus bukan 'berdering', maka bisa dikatakan kontak WhatsApp-mu telah terblokir oleh kontak tersebut.

(brl/lea)

RECOMMENDED BY EDITOR