Brilio.net - Mungkin sebagian orang ada yang belum mengetahui bagaimana cara menyembunyikan suatu aplikasi di ponsel Android mereka. Padahal, menyembunyikan apps di Android sangatlah mudah.

Meski begitu, menyembunyikan aplikasi tidak berarti menyembunyikan data dari aplikasi yang disembunyikan tersebut. Kamu bisa mencari aplikasi tersebut secara manual melalui opsi pengaturan. Namun tetap saja, dengan menyembunyikan apps tersebut, kamu bisa membuat aplikasi tersebut tak kasat mata.

Langsung saja dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (24/12), berikut cara-cara untuk menyembunyikan aplikasi di Android dengan mudah dan cepat.

1. Cara menyembunyikan aplikasi dengan cepat.

Untuk HP Android, cara menyembunyikan aplikasi dengan cepat nggak perlu memerlukan aplikasi. Metode dari setiap brand Android pun bisa dibilang kurang lebih sama. Selengkapnya, kamu bisa mengikuti langkah berikut:

1. Pergi ke pengaturan > Applications.
2. Selanjutnya, pilih Application Manager.
3. Pilih opsi All.
4. Setelah itu, pilih aplikasi yang hendak disembunyikan.
5. Pilih Disable.

2. Cara menyembunyikan aplikasi bawaan Android.

Aplikasi bawaan Android terlalu banyak dan memenuhi layar notifikasi? Kamu bisa juga lho menyembunyikannya. Caranya juga mudah tinggal ikuti langkah berikut:

1. Pergi ke pengaturan > Applications.
2. Pilih Devices.
3. Selanjutnya, ketuk Application Manager.
4. Pilih opsi All.
5. Pilih aplikasi bawaan yang hendak disembunyikan > Klik Disable.

3. Cara menyembunyikan aplikasi menggunakan aplikasi AppLock.

Dengan pengunduh sebanyak lebih dari 100 juta, aplikasi ini cukup andal dan sangat direkomendasikan untuk menyembunyikan aplikasi-aplikasi Android kamu.

Selain aplikasi, kamu juga bisa menyembunyikan file maupun informasi data penting lainnya. Caranya cukup simpel, kamu hanya perlu mengunduhnya di Play Store > Instal. Selesai, simpan aplikasi sebanyak yang kamu mau.

4. Cara menyembunyikan aplikasi menggunakan aplikasi App Hider.

Selain AppLock, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi bernama App Hider untuk menyembunyikan apps penting di HP kamu. Aplikasi ini sangatlah canggih, file yang tersembunyi akan diimpor dan bisa secara aman disembunyikan. Cara memasangnya, pastikan kamu memiliki koneksi internet untuk mengunduhnya di ponsel Android kamu, ya.

5. Cara menyembunyikan aplikasi menggunakan aplikasi Hide App.

Selain kedua aplikasi di atas, kamu juga bisa menggunakan App Hider. Dengan pengguna aktif lebih dari 10 juta orang, App Hide memiliki tampilan yang sangat sederhana dengan fungsionalitas nggak kalah andal.

Untuk mengaksesnya, kamu perlu mengunduh aplikasi ini di Play Store. Bila sudah pilih aplikasi yang ingin disembunyikan dan terakhir gunakan pin untuk mengakses aplikasi terselubung tersebut.