Brilio.net - Kebanyakan orang menggunakan smartphone untuk berkomunikasi atau berselancar di dunia maya, termasuk mengakses media sosial, dan mencari hiburan. Tapi tahu nggak sih, jika kamu kreatif, ternyata smartphone bisa menjadi salah satu alat untuk mendapatkan penghasilan tambahan lho.  

Sebenarnya setiap kali kamu menggunakan smartphone, banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Maklum, saat ini tidak sedikit aplikasi atau platform yang sebenarnya bisa menjadi sumber penghasilan tambahan. Mulai dari aplikasi belanja online, games, hingga hiburan.  

Tapi tentu saja kamu harus jeli ya. Masalahnya, banyak juga aplikasi “sampah” yang menawarkan keuntungan tapi kamu harus membayar atau membeli barang tertentu yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Tidak sedikit juga yang merupakan penipuan. Karena itu kamu harus periksa secara teliti setiap aplikasi yang kerap kali muncul di notifikasi smartphone kamu untuk diunduh.   

Lantas, bagaimana caranya kamu bisa mendapatkan  penghasilan tambahan melalui smartphone? Berikut 5 caranya. 

1. Jelajahi web dan tonton video

5 Cara menghasilkan uang tambahan pakai smartphone © 2021 brilio.net

Saat ini banyak hal yang bisa kamu lakukan saat berselancar di dunia maya, termasuk mendapatkan uang ekstra saat jari-jari kamu berolahraga di atas smartphone. Maklum, kini cukup banyak aplikasi yang memberi poin untuk menonton iklan. Kemudian, kamu dapat menukarkan poin tersebut dengan pembayaran, termasuk kartu hadiah dan bahkan uang tunai.

2. Jadi reseller melalui e-commerce

5 Cara menghasilkan uang tambahan pakai smartphone © 2021 brilio.net

Semua orang pasti suka berbelanja. Saat ini kamu bisa menjadi reseller dengan memanfaatkan e-commerce. Maklum, hampir semua marketplace memiliki fitur penawaran reseller. Nah dengan menjadi reseller kamu bisa mendapatkan margin dari barang yang kamu beli dan akan dijual kembali, baik secara online maupun offline.

3. Jual barang yang tidak kamu gunakan

5 Cara menghasilkan uang tambahan pakai smartphone © 2021 brilio.net

Keberadaan media sosial saat ini bisa kamu manfaatkan untuk menjadi pundi-pundi pendapatan tambahan. Jika kamu memiliki barang yang sudah tidak terpakai tapi masih layak, sebaiknya sih dijual saja melalui media sosial.

Kamu nggak perlu menggunakan kamera profesional untuk memotret barang yang hendak dijual. Cukup menggunakan kamera smartphone dan atur sedemikian rupa agar menarik. Pilih hasil foto yang layak, posting deh di media sosial. Gampang kan?   

4. Bermain game

5 Cara menghasilkan uang tambahan pakai smartphone © 2021 brilio.net

Sudah menjadi kelaziman jika kini banyak transaksi jual beli diamond atau voucher game di antara para gamer. Fungsi diamond atau voucher adalah untuk membeli skin, senjata dan lainnya agar skill karakter yang dimainkan dalam game semakin meningkat.

Nah saat ini banyak gamer yang sambil bermain mereka juga menjadi agen top up diamond dan voucher game dengan mengandalkan smartphone. Ada yang memanfaatkan cashback dari pembelian di marketplace untuk mencari margin keuntungan. Ada juga yang menjadi reseller.

5. Memanfaatkan aplikasi operator selular

5 Cara menghasilkan uang tambahan pakai smartphone © 2021 brilio.net

Saat ini hampir semua operator selular menawarkan beragam keuntungan. Bukan hanya memberikan kemudahan serta memberikan hiburan, tapi juga bisa menambah pendapatan. Salah satunya ditawarkan Indosat Ooredoo. Melalui aplikasi myIM3, yang dapat diakses dari smartphone apa pun, kamu punya banyak pilihan hiburan seperti myIM3 Games Club untuk bermain game langsung di dalam aplikasi, berkompetisi dengan teman melalui leaderboard, dan memenangkan hadiah menarik.

Di samping itu, kamu juga dapat menikmati video dan movie stream, membaca berita online terkini, atau berbelanja melalui katalog e-commerce. Nah serunya nih, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi reseller beragam produk IM3 Ooredoo melalui fitur Kios myIM3.

SVP Head of Digital Indosat Ooredoo, Yafuz Fatih mengatakan, di masa pandemi saat ini, sejumlah pelanggan Indosat menghadapi kesulitan keuangan. Disamping itu terdapat peningkatan permintaan akan lebih banyak hiburan dan pengalaman digital yang menyenangkan untuk menemani mereka selama di rumah.

3 Fakta kompetisi e-wallet Indosat © 2021 brilio.net

Lebih daripada itu, masyarakat yang kini semakin digital juga cenderung menginginkan aplikasi yang multifungsi dan terintegrasi. Karenanya, pembaruan my IM3 ditujukan untuk semakin memperkaya aplikasi ini dengan konten dan fitur yang bermanfaat dan menghibur bagi lebih dari 55 juta pengguna setia myIM3.

“Inilah wujud dari komitmen kami untuk terus mengutamakan kebutuhan pelanggan sebagai pusat dari seluruh aktivitas kami. Kami berharap evolusi dari myIM3 ini dapat semakin meningkatkan pengalaman digital pengguna yang berimbas pada customer engagement yang lebih baik,” ujar Yafuz.

Untuk menghadirkan pembaruan ini, Indosat Ooredoo melalui IM3 Ooredoo menjalin kerja sama dengan berbagai pengembang game lokal, situs berita digital, dan mitra e-commerce guna menghadirkan pengalaman digital pengguna yang interaktif dan menghibur.