Brilio.net - Kini perkembangan zaman semakin pesat, bahkan setiap menit perkembangan teknologi selalu ada yang baru. Di zaman yang serba canggih ini, hampir segala prasarana kebutuhan hidup manusia terhubung dengan teknologi. Banyak juga perangkat elektronik bersistem komputer, seperti laptop, PC maupun smartphone mengembangkan fitur canggih. Nah, salah satunya ruang penyimpanan data pada perangkat elektronik.

Namun nggak semua perangkat elektronik memiliki ruang penyimpanan yang besar loh. Hal ini terkadang menjadi suatu masalah ketika kita memiliki dokumen atau file PDF yang lumayan banyak dan besar. Untuk itu dibutuhkan siasat atau cara yang mengharuskan kita memperkecil ukuran dokumen atau file PDF tersebut.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan yakni dengan memperkecil alias kompresi pada file. Nah kompresi merupakan teknik untuk mengecilkan ukuran data file tanpa mengubah isi dari file itu. Dengan cara ini kamu dapat menghemat ruangan penyimpanan agar kapasitas selalu cukup. Terlebih lagi jika sewaktu-waktu diperlukan data file yang kecil, kamu bila langsung mengirimnya.

Nah buat kamu yang belum tahu dan belum paham bagaimana cara mengecilkan file PDF, ada 2 cara yang bisa kamu ikuti yakni melalui online dan offline. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, 5 cara mengecilkan ukuran file PDF, online maupun offline, Jumat (24/7).

1. Cara mengecilkan ukuran file PDF lewat SmallPDF.

Loading...

Cara mengecilkan ukuran file PDF berbagai sumber

foto: smallpdf.com

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan file PDF yaitu lewat situs online SmallPDF. Kamu dapat langsung masuk terlebih dahulu ke website smallpdf.com. Lalu klik Choose File yang ada di tengah layar untuk memilih dokumen yang ingin dikecilkan ukurannya. Atau kamu dapat drag and drop dokumen langsung ke browser.

Setelah itu tunggu beberapa saat hingga proses unggah dan kompres selesai. Setelah selesai kalain akan diberi informasi tentang berapa persen dari dokumen asli yang telah dikompres dan ukuran baru file tersebut. Kemudian kalian bisa mengunduh file langsung ke komputer atau smartphone atau kalian juga bisa mengeditnya lebih lanjut.

2. Cara mengecilkan ukuran file PDF lewat PDFCompressor.

Cara mengecilkan ukuran file PDF berbagai sumber

foto: pdfcompressor.com

Cara selanjutnya yakni lewat PDFCompressor, kamu dapat masuk ke situs pdfcompressor.com. Lalu klik Unggah File dan pilih dokumen yang akan kamu kompres atau drag and drop dokumen yang dipilih langsung ke browser.

Tunggu beberapa saat sampai proses kompres selesai dan unduh file yang sudah dikompres ke smartphone atau komputer kalian. Mengecilkan ukuran PDF dengan situs ini, hasilnya dapat langsung dibagikan ke jaringan sosial atau dikirimkan melalui email. Situs ini juga mengklaim bahwa mereka tidak mengubah DPI sehingga kualitas dokumen tetap bagus ketika di zoom ataupun dicetak.

3. Cara mengecilkan ukuran file PDF lewat iLovePDF.

Cara mengecilkan ukuran file PDF berbagai sumber

foto: ilovepdf.com

Sama dengan cara sebelumnya, kalian juga dapat langsung masuk ke situs ilovepdf.com. Setelah itu klik Pilih file PDF yang berada di tengah layar untuk memilih dokumen atau file yang ingin diperkecil ukurannya. Situs ini memberikan tiga opsi agar hasil dan ukuran sesuai dengan keinginan yakni kompresi ekstrem untuk kualitas rendah, kompresi yang disarankan untuk kualitas bagus, dan kompresi rendah untuk kualitas tinggi. Setelah kamu memilih opsi yang diperlukan, klik Kompres PDF. Kemudian setelah selesai proses kompres, file PDF dapat diunduh secara otomatis ke komputer atau smartphone.

4. Cara mengecilkan ukuran file PDF lewat SodaPDF.

Cara mengecilkan ukuran file PDF berbagai sumber

foto: sodapdf.com

Cara mengecilkan ukuran file PDF lewat online selanjutnya melalui website sodapdf.com. Pertama pilih file yang ingin dikompres dengan klik Choose File yang ada di tengah layar. Kamu juga dapat memilih file yang ada di Google Drive dan Dropbox. Sama seperti ilovepdf, situs ini menghadirkan layanan untuk mengompres PDF sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Kamu akan ditawarkan 3 opsi kualitas kompresi, yang pertama yaitu low quality untuk hasil ukuran paling kecil, good quality untuk hasil ukuran menengah, dan high quality untuk kompresi paling minimal dan ukuran paling besar. Menariknya sodapdf ini tersedia dalam aplikasi, sehingga ketika kamu tidak terkoneksi dengan internet, kamu masih bisa bisa mengompres file PDF.

5. Cara mengecilkan ukuran file PDF dengan Microsoft Word.

Cara mengecilkan ukuran file PDF berbagai sumber

foto: brilio.net

Cara mengecilkan ukuran file secara offline dengan aplikasi office 2013 yakni memanfaatkan MS Word 2013. Pertama yakni buka MS Word kemudian Pilih File-Open dan cari file PDF. Ketika kamu membuka file pdf di Office, maka secara otomatis akan di convert ke word terlebih dahulu. Jika ada pop up pemberitahuan klik Ok untuk melanjutkannya. Setelah dokumen terbuka, Save As file tersebut kembali menjadi PDF dengan cara pilih File-Save As atau CTRL+S. Selanjutnya pilih Save as type: PDF dan Optimize for: Minimum size (publishing online), kemudian klik Save untuk menyimpan.

RECOMMENDED BY EDITOR