Brilio.net - Kamu salah satu pecinta fotografi malam? Nah, rasanya belum sah kalau belum pernah memotret pemandangan langit. Coba deh, memotret gugusan bintang atau milky way di angkasa yang luas.

Memotret milky way tentu jadi kegiatan yang sangat seru dan menantang. Apalagi jika bisa mendapatkan hasil foto  yang sempurna. Yakni keindahan bintang gemintang di malam yang terlihat megah dan dramatis dalam sebuah foto.

Ternyata hanya bermodalkan HP smartphone, kamu juga bisa loh bikin foto milky way dengan hasil maksimal. Penasaran gimana caranya? Berikut rangkumannya dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (26/8).

1. Cari spot yang minim dari polusi cahaya.

5 Cara jitu bikin foto milky way  © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Untuk memotret milky way, kamu nggak bisa melakukannya di sembarang tempat. Carilah spot yang minim dari polusi cahaya, seperti hutan, gunung, ataupun pantai. Sebab, jika memilih tempat yang banyak cahaya maka sensor kamera kesulitan menangkap cahaya bintang di langit.

Nah, waktu untuk memotret pun perlu diperhatikan. Biasanya paling pas adalah saat musim kemarau, dan pastikan kondisi langit cerah agar bintang tidak terhalang awan.

2. Gunakan fitur manual mode pada smartphone.

5 Cara jitu bikin foto milky way  © 2022 brilio.net

foto: OPPO Indonesia

Memotret milky way dengan HP memerlukan bantuan fitur kamera smartphone yang memiliki mode manual. Sebab kita memerlukan pengaturan khusus dari kamera smartphone yang tak bisa diwakili oleh mode otomatis. Nah, salah satu smartphone canggih yang bisa kamu andalkan yakni OPPO Reno8 Pro 5G.

Smartphone ini dibekali dengan kamera berteknologi Neural Processing Unit (NPU) MariSilicon X. Kehadiran NPU ini mampu memberikan hasil foto dan video yang tetap baik di berbagai kondisi cahaya malam hari yang hadir di fitur Night Portrait. Selain itu, OPPO Reno8 Pro 5G memungkinkan pengguna untuk merekam video dengan kualitas 4K di kecepatan 30 fps saat pencahayaan gelap maupun terang.

Smartphone ini dilengkapi dengan sistem dual flagship sensor yaitu IMX 766 pada kamera utama dan IMX 709  untuk kamera selfie.  Adapun kamera OPPO Reno8 Pro 5G terdiri dari 3 kamera, yakni kamera utama Sony IMX766 50MP, kamera ultrawide 8MP yang mampu menangkap angle hingga 112 derajat, dan terakhir kamera makro 2MP. Kamera tersebut sudah dilengkapi dengan fitur autofocus lock.

5 Cara jitu bikin foto milky way  © 2022 brilio.net

foto: OPPO Indonesia

Dari sisi desain, perangkat ini juga hadir dengan nuansa premium. Layout kamera di bagian belakang sendiri terinspirasi dari kamera sinema klasik yang terdiri dari dua lingkaran besar dan dua lingkaran kecil. Selain ada kamera utama, OPPO juga melengkapi fitur kamera belakang dengan Ring Flash dalam bentuk lingkaran geometris.

Untuk penyimpanan data OPPO Reno8 Pro dilengkapi dengan kapasitas ROM 256GB. Sedangkan untuk menunjang performanya, smartphone ini dipersenjatai baterai 4500mAh yang mendukung pengisian daya SuperVOOC 80W. Pada sistem operasinya, OPPO sudah menggunakan sistem antarmuka Color OS 12. 1 yang berbasis android 12.  OPPO Reno8 Pro 5G tersedia dalam dua varian warna yakni hijau dan hitam.

3. Gunakan tripod.

5 Cara jitu bikin foto milky way  © 2022 brilio.net

foto:  Shutterstock.com

Agar hasil sempurna kamu juga wajib menyiapkan alat penunjang seperti tripod. Ketika mengambil foto bintang di langit, kamera smartphone akan menggunakan kemampuan long exposure yang artinya lensa kamera akan menangkap cahaya dengan waktu yang lebih panjang. Tentunya dengan bantuan tripod, posisi kamera akan tetap stabil dan hasil tidak blur.

4. Cari angle yang tepat dan set timer.

5 Cara jitu bikin foto milky way  © 2022 brilio.net

foto: Shutterstock.com

Langkah selanjutnya yakni cari angle yang tepat dengan memposisikan kamera ke arah milky way. Jangan lupa  gunakan mode timer untuk menghindari getaran pada kamera. Sebab tanpa timer, ponsel akan bergerak sedikit saat mulai menjepret. Jika sudah mendapatkan komposisi dan exposure yang pas, lakukan eksplorasi dengan menambahkan objek lain pada komposisi foto kamu.

Terakhir, ketika kamu berhasil menangkap gambar milky way kamu bisa mempercantiknya gambar sesuai selera. Cukup lakukan dengan bantuan aplikasi smartphone seperti Adobe Lightroom.

Namun, jika kamu menggunakan smartphone OPPO Reno8 Pro 5G kamu nggak perlu repot-repot lagi mengedit dengan aplikasi. Dengan smartphone Reno8 series, kamu sudah dapat menghasilkan kualitas foto terbaik karena peran MariSilicon X yang mampu mengurangi noise pada gambar. Kecerdasan buatan ini bekerja langsung pada melalui tiga saluran RGB, sehingga memberikan warna yang lebih jernih tanpa noise pada gambar gelap.

Selain dapat mengurangi noise dan menangkap cahaya, MariSilicon X hadir dengan fitur Ultra High Dynamic Range. Yakni  kamera mampu mengambil gambar dengan cahaya latar belakang yang kuat. Warna serta detail pada objek yang menutupi cahaya latar belakang akan terlihat jelas dan tidak akan gelap.

Nah, makin penasaran dengan fitur-fitur lainnya di OPPO Reno8 Pro 5G? Informasi lebih lengkap kamu bisa klik di sini.

(brl/lak)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/lak)