Brilio.net - Smartphone tak sekadar alat untuk berkomunikasi. Di gadget ini, kita menyimpan aneka informasi sensitif seperti data pribadi, pesan instan, sampai urusan finansial. Oleh karena itu penting untuk menjaga kerahasiaan data-data penting di dalamnya.

Tak bisa dipungkiri terkadang kamu punya teman yang suka 'kepo' dengan kehidupanmu. Kadangkala ada saja teman yang meminjam smartphone untuk keperluan tertentu malah asyik membuka-buka file penting milikmu.

Belum lagi jika smartphone hilang, data pribadimu bisa dengan mudah disalahgunakan oleh orang lain. Oleh karena itu, jangan sampai hal ini terjadi kepadamu. Lalu bagaimana cara menjaga privasi HP saat dipinjam teman? Berikut ulasannya dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (22/6).

1. Kunci aplikasi.

5 Cara jaga privasi di HP © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Agar orang lain tak bisa sembarangan membuka HP, kamu bisa mengunci sebanyak mungkin akses aplikasi yang dinilai rawan. Aplikasi ini umumnya meliputi, galeri, media sosial, e-commerce, hingga aplikasi-aplikasi lainnya. Smartphone umumnya punya fitur ini. Jika tidak, banyak aplikasi serupa di Google Play Store yang bisa kamu andalkan. Alhasil, kamu tak perlu lagi khawatir isi data smartphonemu bocor.

2. Jaga password yang digunakan.

5 Cara jaga privasi di HP © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Password juga jadi salah satu kunci aman menjaga privasi HP tak diakses oleh teman. Karena itu penting untuk membuat kata kunci dengan kombinasi yang tak biasa. Namun cara ini terkadang masih bisa dibobol orang tak bertanggung jawab, loh.

Uniknya, ada sejumlah keyboard virtual nyatanya menyimpan password yang ditulis oleh pengguna ketika mengakses sebuah aplikasi. Oleh karenanya, pastikan fitur penyimpanan kata-kata di keyboard virtual tak aktif. Jaga selalu passwordmu dan jangan berikan ke siapapun, ya.

3. Manfaatkan fitur anti peeping notifications.

5 Cara jaga privasi di HP © 2022 brilio.net

foto: oppo.com

Ada kalanya ketika HP dipinjam teman tiba-tiba muncul notifikasi pesan penting. Tak jarang teman pun penasaran melihatnya. Hal ini terkadang bikin kesal lantaran pesan tersebut bersifat penting dan privasi, sehingga tak ingin orang lain melihatnya. Nah masalah ini bisa teratasi dengan fitur anti peeping notifications atau fitur anti pengintipan notifikasi.

Menariknya smartphone Oppo Reno7 5G telah menawarkan fitur tersebut demi melindungi privasi pengguna. Jadi ketika ada notifikasi penting akan otomatis hilang dari layar saat ada orang yang mengintipnya. Pada saat fitur anti peeping for notifications diaktifkan, maka kamu akan diminta untuk mengaktifkan fitur pemindai wajah atau Face Unlock yang biasanya digunakan dalam membuka kunci layar.

Selain itu, kamu juga dapat membuat emoji menggunakan fitur Omoji. Ada pula Air Gestures. Fitur ini memungkinkan kamu scroll layar dan menjawab telepon hanya dengan gestur tangan tanpa menyentuh layar.

Untuk pecinta game, ada fitur game-focus mode, agar terhindar dari gangguan-gangguan saat bermain game seperti notifikasi atau panggilan masuk. Dalam menopang performanya, mengandalkan prosesor Snapdragon 696. Prosesor disandingkan dengan RAM 8GB yang dapat diperbesar hingga 5GB serta ROM 128GB.

Sementara dayanya menggunakan baterai 4.500 mAh dengan pengisian daya 33W SuperVOOC. Hal ini memungkinkan pengisian daya baterai bisa dilakukan dari kondisi habis sampai penuh dengan membutuhkan waktu selama 63 menit saja. Untuk tampilannya, Oppo Reno 7 5G meluncur dalam dua varian warna yang kekinian yaitu Black dan Rainbow yang tentu saja sangat mencuri perhatian. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa klik di sini.

4. Gunakan aplikasi chatting terenkripsi.

5 Cara jaga privasi di HP © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Biasanya teman paling sering kepo dengan isi chatting kita. Alih-alih hanya ingin pinjam HP, namun terkadang bisa jadi melihat obrolan chatting. Dengan menggunakan aplikasi chatting yang terenkripsi bisa bikin aktivitas chattingmu lebih aman dan susah untuk dibajak. 

Untuk diketahui, kini sudah banyak aplikasi chatting yang menawarkan fitur keamanan bagus. Jadi, kamu bisa memilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

5. Smartwatch untuk secara cepat melihat notifikasi.

5 Cara jaga privasi di HP © 2022 brilio.net

foto: oppo.com

Nah, jika kamu merasa terlalu repot ketika menunggu notifikasi saat HP dipinjam teman, smartwatch jawabannya. Jam tangan pintar ini bisa dimanfaatkan untuk memperoleh notifikasi. Seperti halnya Oppo Watch Free, pengguna bisa melakukan pengaturan notifikasi apa saja yang ingin diketahui. Mulai dari notifikasi email, pesan, dan masih banyak lagi. Cukup dengan melakukan swipe layar ke atas, maka akan ada berbagai notifikasi yang muncul.

Jam tangan pintar ini dapat melakukan kontrol kamera saat akan melakukan foto bersama. Selain itu juga terdapat menu untuk melakukan kontrol musik dengan mudah. Bahkan perangkat ini dapat menemukan keberadaan smartphone yang terkoneksi.

(brl/lak)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/lak)