Brilio.net - Sejak awal kemunculannya, iPhone berhasil menarik perhatian publik, tak hanya dinilai memiliki bentuk yang cantik dan unik. iPhone juga dinilai sebagai smartphone bertaraf high-end, tak heran jika versi terbarunya selalu dinanti banyak orang. Bahkan bagi mereka penggemar produk iPhone, sampai rela mengantri dan bahkan melakukan pre-order untuk mendapatkan seri terbarunya.

Seiring berjalannya waktu, kita dituntut untuk lebih mengenal produk barang yang akan kita beli, mulai dari kecanggihannya hingga keaslian produk tersebut. Meski iPhone merupakan smartphone mahal namun ternyata telah beredar banyak di pasaran iPhone palsu, yang dikenal dengan iPhone rekondisi atau replika. Oleh karenanya kamu harus jeli dalam melihat hal ini.

Salah satunya kamu harus tahu bagaimana cara mengecek IMEI iPhone. Kamu bisa melakukan di berbagai seri iPhone. Baik itu iPhone 4, iPhone 5, iPhone 6, dan seri iPhone lainnya. IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang terdiri dari 15 digit angka.

Selain untuk mengetahui keaslian iPhone, IMEI juga bisa digunakan untuk mengetahui sistem operasi, pembuat, model, hardware dan informasi lain. Termasuk juga garansi iPhone. Meski banyak yang menggunakan iPhone, namun sayangnya masih sangat sedikit yang mengetahui hal ini. Termasuk cara mengecek IMEI pun sangat sedikit yang bisa melakukannya.

Bagi kamu yang ingin mengecek keaslian iPhone melalui IMEI, berikut caranya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (12/10).

Loading...

1. Cek IMEI di dusbook.

Cara cek IMEI iPhone Istimewa

foto: unlockunit.com

IMEI bisa kamu cek di dusbook iPhone, kamu bisa melihatnya di belakang dusbook tersebut. Di sana ada beberapa macam nomor. Ada nomor SN, SKU, dan IMEI. Setelah ketemu, coba samakan dengan yang ada di perangkat iPhone, apakah IMEI yang tertera di dusbook sama yang ada di ponselmu itu.

2. Cek IMEI di sistem pengaturan.

Cara cek IMEI iPhone Istimewa

foto: iphone-tricks.com

Setelah mengecek di dusbook iPhone, selanjutnya kamu bisa mencocokannya dengan yang ada di ponselmu. Caranya, masuk ke Settings > General > About. Di sana terdapat spesifikasi handphone secara lengkap, termasuk nomor IMEI.

3. Cek IMEI di belakang ponsel.

Cara cek IMEI iPhone Istimewa

foto: imei.info

Kamu juga bisa mengecek IMEI di belakang iPhone. IMEI akan tertera pada iPhone tipe 5/5c/5s/6/6+ dan seterusnya. IMEI terukir jelas di belakang iPhone. Cara ini akan mempermudah kamu untuk tidak perlu membuka pengaturan di ponsel canggihmu.

4. Cek IMEI di slot SIM card.

Cara cek IMEI iPhone Istimewa

foto: mobikin.com

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengecek IMEI adalah di bagian dalam slot untuk SIM Card. Kamu haris mengeluarkan terlebih dahulu. Di bagian atas, kamu akan melihat nomor IMEI/MEID. Namun ini berlaku pada model iPhone tertentu saja ya.

5. Cek melalui kode dial.

Cara cek IMEI iPhone Istimewa

foto: pangujailbreak.com

Cara sederhana lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengecek IMEI iPhone adalah dengan menggunakan kode dial. Caranya, cukup masuk ke menu telepon, ketik kode *#06#. Secara otomatis, perangkat akan menampilkan nomor IMEI-mu. Mudah banget kan?

Bagaimana mengecek iPhone asli atau palsu dengan IMEI.

Sekarang ini memang sangat dibutuhkan ketelitian, pengetahuan dan kehati-hatian ketika hendak membeli jenis elektronik apapun termasuk smartphone. Salah satunya adalah iPhone. Kamu perlu mengenal dan mengetahui beberapa hal ketika hendak membeli iPhone, agar tidak tertipu.

Pertama kamu perlu menyamakan nomor IMEI iPhone tersebut. Caranya kamu perlu melihat di dusbook iPhone dan fisik iPhone. iPhone yang asli akan memiliki nomor IMEI yang sama dengan fisik, dusbook dan sistemnya.

Setelah itu kamu juga perlu melakukan pengecekan IMEI iPhone melalui website https://www.imei.info/ setelah masuk, masukkan nomor IMEI iPhone. Website tersebut akan bekerja dengan cepat untuk menemukan data lengkap smartphone mu.

Apabila kamu telah memasukkan nomor IMEI dan ternyata data yang ditampilkan adalah data ponsel lain, sudah bisa dipastikan bahwa iPhone kamu tidak asli alias palsu. Sangat mudah bukan untuk mengetahuinya?

Cara mengecek keaslian iPhone, tidak hanya melalui IMEI saja, kamu juga bisa melakukan cara lain. Caranya sebagai berikut.

1. Hubungkan iPhone ke iTunes.

iTunes merupakan sebuah layanan yang dikembangkan oleh App khusus pengguna iPhone. Lakukan pengecekan seperti berikut ini.

- Silahkan hubungkan iPhone ke komputer dengan kabel usb

- Lalu buka iTunes, kemudian buka Icon Perangkat, pada bagian kiri atas

- Kemudian pilih jenis konten yang ingin diselaraskan (Album, Foto, Music dan lainnya).

- Selanjutnya Ceklist item yang mau kamu hubungkan atau selaraskan

- Lalu klik Tombol Terapkan di sudut kanan bawah layar

- Apabila penyelarasan tidak terjadi silahkan pilih Tombol Selaraskan

- Bila tidak bisa terhubung kemungkinan besar iPhone kamu palsu.

2. Periksa aplikasi bawaan iPhone.

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah melakukan pengecekan pada beberapa aplikasi yang terinstall pada iPhone.

- Silahkan buka aplikasi App Store pada iPhone.

- Bila tidak bisa terhubung kemungkinan iPhone kamu palsu.

- Hp bisa melakukan screenshot dengan kombinasi Tombol Home + Lock

- Yang pasti iPhone menggunakan operating sistem MAC bukan Android.

3 Cek kondisi fisik iPhone

Sebagai penyuka iPhone, kamu perlu mengenal dengan baik fisik iPhone untuk mengecek keasliannya. Berikut cara mengecek keaslian iPhone melalui fisiknya.

- iPhone memiliki tombol kunci di kanan atas

- Tombol Volume dan Ringer Switch iphone berada di sebelah kiri

- Layar iPhone terlihat sangat jernih

- Semua iPhone produksi apple hanya memiliki satu slot SIM Card

- Terdapat label Designed by Apple California dan Assembled in China

- Cek juga fitur dan spesifikasi apakah sudah sesuai standar Apple.

RECOMMENDED BY EDITOR