Brilio.net - IndiHome merupakan salah satu layanan provider internet yang sangat terkenal di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengakses internet yang menggunakan provider ini sehingga IndiHome telah menjadi terkenal di Indonesia.

Seberapa bagus dan populer sesuatu yang diciptakan manusia, tentu ada saja kecacatan yang tampak. Salah satu flaw yang tampak pada IndiHome adalah kecepatan internet yang melambat secara tiba-tiba. Tentu hal ini membuat resah pelanggan-pelanggannya.

Adapun beberapa penyebab yang berpotensi membuat koneksi internet IndiHome semakin lemot seperti pengguna yang akses ke Wi-Fi terlalu banyak, FUP sudah melampaui batas, hingga internet mengalami gangguan jaringan.

Namun tahukah Sobat Brilio yang berlangganan IndiHome ternyata ada lho beberapa tips untuk memperbaiki isu internet IndiHome yang lemot. Tentu saja dengan tips solutif ini, kamu tidak perlu panik menghubungi Customer Service IndiHome dan berlama-lama menunggu teknisi untuk datang ke rumah.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (30/11), inilah lima cara untuk mengatasi internet IndiHome yang lemot, yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

1. Batasi pengguna yang mengakses Wi-Fi.

5 Cara atasi internet IndiHome lemot © 2021 brilio.net

foto: Life Wire

Bila Wi-Fi IndiHome kamu mengalami penurunan perihal kecepatan jangan bingung dulu. Pastikan dahulu pengguna yang memakai tidak terlalu banyak. Pasalnya, semakin sedikit kecepatan internet, semakin sedikit pula perangkat yang harus tersambung.

Misalnya, dengan kecepatan 10Mbps/detik yang diberikan oleh provider, kamu hanya bisa mengakses ke Wi-Fi tersebut dengan maksimal lima pengguna saja. Bila lebih dari itu, akan menimbulkan penurunan kecepatan pada internet.

2. Restart modem router IndiHome kamu.

5 Cara atasi internet IndiHome lemot © 2021 brilio.net

foto: hometone.com

Modem router merupakan perangkat yang menghubungkan antara jaringan dengan perangkat yang digunakan untuk akses Wi-Fi. Terkadang, bila kamu menghubungi Customer Service provider internet langkah pertama yang dianjurkan untuk mengatasi kelemotan pada internet adalah dengan cara me-refresh modem router kamu. Proses ini akan membantu menghilangkan error yang terjadi.

3. Pastikan cache pada browser kamu terhapus.

5 Cara atasi internet IndiHome lemot © 2021 brilio.net

foto: howtoconnect.com

Jika kamu menggunakan browser untuk mengakses internet dan data tidak mau berjalan, pastikan kamu cek cache pada browser kamu. Browser yang menyimpan file cache yang terlalu banyak akan berdampak pada kecepatan internet. Oleh karena itu, pastikan kamu membersihkan cache-cache tersebut.

4. Perhatikan lokasi modem router kamu.

Siapa sangka bahwa lokasi penempatan modem router juga mempengaruhi kecepatan internet IndiHome? Ya, isu ini kerap terjadi di rumah yang luas, villa, hotel, ataupun kos-an. Semakin kamu jauh dari modem router, semakin lambat pula kecepatan internet yang kamu dapatkan.

Untuk itu, ada modem repeater untuk memancarkan atau menindaklanjuti jangkauan Wi-Fi agar lebih luas. Dengan ini, kamu akan mengakses internet dengan kecepatan yang tak kalah kencang dengan modem router asli.

5. Tambah kecepatan internet.

5 Cara atasi internet IndiHome lemot © 2021 brilio.net

foto: IndiHome

Solusi terakhir untuk mengatasi kecepatan internet IndiHome yang lemot adalah dengan menambah kecepatan internet kamu. Mungkin saja, kebutuhan internet kamu melebihi kecepatan sekarang yang kamu gunakan sehingga perlu upgrade kecepatan internet untuk mendapatkan koneksi yang stabil. Bila kamu merasa kecepatan yang diberikan 10Mbps/seken kurang cepat, upgrade ke 20Mbps/seken.

(brl/tin)

RECOMMENDED BY EDITOR