Brilio.net - TikTok kini jadi salah satu aplikasi terpopuler di kalangan milenial. Bahkan, di toko aplikasi, TikTok ini berhasil mengalahkan popularitas berbagai media sosial lainnya seperti Facebook hingga WhatsApp.

Nggak cuma di Indonesia, di berbagai negara lainnya, TikTok ini juga cukup populer. Sejumlah seleb pun mulai keranjingan main TikTok, mulai dari Dian Sastro hingga Agnez Mo.

Mereka bahkan kerap mengunggah video TikTok-nya ke platform media sosial lain, termasuk Instagram. TikTok ini sendiri memungkinkan kamu untuk membuat video dengan sebuah lagu latar yang asyik dan seru. Nggak heran kalau sekarang banyak orang yang bermain aplikasi satu ini.

Nah, buat kamu para pemula yang belum ngerti cara bermain TikTok, brilio.net punya 5 tips buat kamu. Penasaran apa saja? Yuk kita simak ulasan berikut ini!

1. Unduh dan daftar akun

Loading...

Kamu bisa unduh TikTok di App Store kalau pengguna iPhone dan di Google Play Store kalau kamu pengguna Android. Setelahnya kamu bisa daftar untuk buat akunnya.

Pastikan kamu sudah ada ide ingin buat konten seperti apa, supaya enggak bingung dan bisa langsung pilih musiknya nanti. Kamu bisa cari referensi di Instagram, Youtube atau di discover TikTok.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu klik ikon dengan tanda (+) untuk membuat video baru. Ikon ini ada di bagian bawah layar dan tepat di tengah-tengah.

2. Pilih musik yang kamu inginkan

5 Cara asyik bikin video di TikTok buat para pemula © 2020 berbagai sumber

foto: TikTok/Dian Sastrowardoyo

Sudah tahu mau bikin konten seperti apa? Selanjutnya adalah pemilihan musik. Kalau ini kali pertama kamu menggunakan TikTok akan ada 'permissions' untuk mengakses mikrofon.

Pilih musik yang sesuai dengan ide kamu dari perpustakaan bawaan TikTok. Kamu bisa mendengar cuplikan musik untuk memastikan.

3. Buat video

Kalau sudah ada pilihan musik, kamu bisa langsung membuat videonya. Arahkan kamera ke subjek atau ke objek apapun yang mau kamu rekam dengan menekan dan tahan lingkaran merah di bagian bawah tengah layar.

4. Edit video

5 Cara asyik bikin video di TikTok buat para pemula © 2020 berbagai sumber

foto: TikTok/Luna Maya

Setelah kamu buat videonya, kamu bisa edit seperti yang kamu mau. Kamu bisa mengganti musik, kasih stiker, dan tambahan teks. Kalau sudah, ada juga opsi untuk kasih effects, timer, speed control dan lain-lain.

5. Interaksi

Langkah terakhir jangan lupa beri judul untuk video kamu dan hashtag agar video kamu bisa terjangkau oleh orang banyak. Selamat mencoba!

RECOMMENDED BY EDITOR