Brilio.net - Dengan canggihnya teknologi, kebanyakan orang saat ini memiliki ponsel. Tak hanya digunakan untuk menghubungi dari jarak jauh saja, ponsel memiliki banyak fitur untuk memudahkan pengguna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ponsel ini lebih dikenal dengan ponsel pintar atau smartphone.

Seiring berjalannya teknologi yang berkembang pesat, smartphone juga makin berkembang pula, dengan semakin baiknya spesifikasi maupun fitur yang diusung. Salah satu fitur yang dikhawatirkan pengguna adalah tingkat keamanan privasi pada ponsel pintar mereka.

Di era sekarang ini, ponsel pintar telah menjadi salah satu perangkat untuk memenuhi kebutuhan keseharian, baik untuk kebutuhan pekerjaan maupun personal. Sebab, perangkat yang bisa dibawa ke mana-mana ini mudah digunakan, yakni bisa mengakses informasi akun bank, melakukan transaksi, bertukar pesan, menyimpan berbagai foto, dan hal penting lainnya.

Namun, kejahatan cyber atau cybercrime juga merupakan hal yang bisa terjadi di era modern. Untuk itu perlu diketahui bagi pemilik smartphone untuk tetap menjaga ponselnya agar terhindar dari peretas atau hacker yang hendak menyalahgunakan informasi pribadi.

Disusun brilio.net dari beragam sumber pada Selasa (9/11), inilah 5 cara untuk amankan perangkat pintar agar terbebas dari cybercrime.

1. Unduh aplikasi hanya dari sumber terpercaya

Jika kamu hanya punya ponsel pintar satu dan milik pribadi, sangat penting untuk mengunduh aplikasi maupun game dari sumber yang terpercaya. Google Play Store merupakan aplikasi dari Google untuk men-download aplikasi-aplikasi dalam Android.

Untuk itu, pengguna Android harus menghindari pengunduhan aplikasi dari pihak ketiga, di mana hal ini akan berpotensi mengizinkan hacker untuk menanam malware ke perangkat kamu.

2. Jangan lupa untuk selalu mengunci ponsel

Salah satu tips yang simpel adalah dengan selalu mengunci ponsel pintar kamu. Hal ini akan sangat berguna jika HP kamu dicuri.

Dengan smartphone yang terkunci, pencuri akan kehabisan banyak waktu untuk membuka ponsel pintar tersebut. Dengan ini, tentu saja kamu akan memiliki waktu untuk memblokir kartu kredit hingga akun bank. Selebihnya, kamu juga bakal punya waktu untuk melacak HP hilang dengan menggunakan aplikasi berfitur canggih saat ini.

3. Selalu update perangkat sistem HP kamu

Sangat penting untuk selalu meng-update OS pada Android kamu. Dengan memperbarui perangkat sistem, pengguna akan mengurangi risiko dari serangan malware maupun bug dari versi sebelumnya pada software.

4. Gunakan antivirus

Selain komputer atau PC, pastikan HP Android kamu juga menggunakan software antivirus ya. Dengan mengikuti tips ini, smartphone Android kamu akan memperbaiki isu-isu pada tingkat keamanan, seperti mendeteksi malware atau bug yang terdapat pada smartphone.

Beberapa antivirus yang bisa digunakan yaitu Avast Mobile Security & Antivirus dan Norton Mobile Security. Kedua antivirus ini akan memonitori dan bahkan menghapus malware dari perangkat Android.

5. Nonaktifkan HP kamu dari saving passwords

Kebanyakan pengguna mungkin berpikir bahwa menggunakan saving passwords atau simpanan kode sandi untuk mempermudah log in agar tidak repot-repot lagi mengetik. Namun, hal ini malah memungkinkan hacker meretas akun kamu, lho.

Untuk membuat ponsel Android semakin secure atau aman, hindari perizinan aplikasi untuk menyimpan kata sandi. Dengan ini, risiko akun diretas oleh hacker akan berkurang.