Brilio.net - Setelah sukses diluncurkan pada 2009 silam, WhatsApp atau WA kini menjadi salah satu layanan pesan instan paling bergengsi di dunia. WhatsApp tak hanya digunakan untuk berkomunikasi saja, namun juga dijadikan wadah untuk berbisnis. Melihat penggunanya yang terus bertambah, WhatsApp terus melakukan perbaikan.

Berbicara mengenai WhatsApp tentunya tak lepas dari isu privasi. Pasalnya alat komunikasi ini menghubungkan satu orang ke orang lain yang menciptakan berbagai komunikasi. Tentu saja kamu sebagai pengguna WhatsApp tak ingin ada yang mengetahui dengan siapa dan apa saja yang kamu bicarakan di WhatsApp bukan?

Nah agar WhatsApp kamu tidak mudah disadap, kamu kamu harus melakukan beberapa hal. Tips ini bisa kamu jadikan sebagai mencegah WhatsApp disadap ini bisa kamu gunakan untuk mengurangi risiko bocornya pesan-pesan sensitif yang ada di HP kamu.

Karena itu, kamu perlu melindungi privasi kamu di WhatsApp agar tidak disadap siapapun. Berikut caranya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (18/12).

1. Mengaktifkan Two-Step Verification.

Cara agar WhatsApp (WA) tidak disadap Istimewa

foto: sea.pcmag.com

Fitur ini merupakan sebuah opsional untuk menambahkan keamanan pada akun WhatsApp kamu. Ketika kamu mengaktifkan fitur ini maka kamu akan diminta untuk memverifikasikan nomor telepon kamu pada WhatsApp dan harus disertai dengan sebuah PIN enam digit yang telah kamu buat sebelumnya.

Apabila ada seseorang yang ingin menyadap WhatsApp kamu, maka mereka akan kesulitan untuk mengakses WhatsApp kamu karena membutuhkan PIN pribadimu.

2. Whatslock.

Cara agar WhatsApp (WA) tidak disadap Istimewa

foto: apkpure.com

Whatslock merupakan aplikasi yang bisa kamu dapatkan di Play Store. Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk mengamankan WhatsApp kamu dengan sandi yang rumit.

Setiap kali kamu membuka WhatsApp, maka kamu harus memasukkan kata sandi yang hanya kamu yang tahu. Tak hanya itu saja, Whatslock juga memiliki keunggulan lain yakni bisa mengunci aplikasi lain seperti galeri, kontak, atau media sosial lainnya.

3. WhatsApp Web.

Cara agar WhatsApp (WA) tidak disadap Istimewa

foto: blog.syncios.com

Salah satu cara untuk mengetahui WhatsApp kamu disadap atau nggak, kamu bisa menggunakan WhatsApp Web. Hal ini lantaran aplikasi sadap WhatsApp sama dengan cara kerja WhatsApp Web.

Jika kamu membuka WhatsApp Web dan bisa masuk tanpa melakukan scan barcode, bisa jadi WhatsApp kamu telah disadap. Pastikan untuk menjaga privasi dengan baik.

4. Tampilkan notifikasi keamanan.

Cara agar WhatsApp (WA) tidak disadap Istimewa

foto: socialbarrel.com

Setiap kamu chattingan sama teman, WhatsApp memiliki kode khusus berupa barcode atau kode 60 digit. Jika kamu mengaktifkan fitur ini, maka kamu akan menerima notifikasi bahwa kode keamananmu bisa jadi berubah karena kamu atau temanmu telah mengganti atau menambah perangkat baru untuk nomor WhatsApp yang sama.

Jadi kamu dan temanmu bisa saling mengetahui apakah ada orang lain yang mengaktifkan WhatsApp-mu di perangkat lain.

5. Log out fitur WhatsApp Web.

Cara agar WhatsApp (WA) tidak disadap Istimewa

foto: quora.com

Terkadang kita sering lupa keluar atau log out setelah memakai WhatsApp di laptop atau PC. Hal ini sangat berbahaya dan rentan sekali disadap oleh orang yang tak bertanggung jawab. Mulai sekarang cobalah untuk selalu log out WhatsApp Web usai menggunakannya.

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/pep)