Brilio.net - Galaxy Fold mencuri perhatian dunia karena desainnya yang radikal. Di saat bentuk smartphone yang kebanyakan candybar, smartphone besutan Korea Selatan ini bisa dilipat dan dibuka laiknya buku. Dalam mode terbuka, Galaxy Fold mirip dengan sebuah tablet, sedangkan saat tertutup, bentuknya mirip smartphone candybar biasa.

Sayangnya, peluncuran Galaxy Fold kurang lancar. Banyak reviewer dan YouTuber yang mendapatkan smartphonenya melaporkan layar rusak karena debu yang masuk ke sela-sela lipatannya. Banyak juga yang merobek lapisan penting di atas layar karena mengira lapisan tersebut adalah pelindung kaca atau screenguard.

Setelah permasalahan di atas, pamor Galaxy Fold pun turun karena ada penantang baru dari Motorola Razr. Smartphone ini bentuknya seperti handphone lawas lipat atau biasa disebut clamshell. Bentuk desainnya yang tahan banting daripada Galaxy Fold membuatnya jadi primadona.

Kini Samsung melawan balik dengan kehadiran smartphone lipat terbarunya yang dirumorkan bernama Galaxy Z Flip. Seperti apa bocorannya? Simak pemaparannya yang brilio.net himpun dari berbagai sumber, Senin (10/2).

1. Bentuknya ringkas di tangan.

Loading...

Dalam video bocoran yang diunggah oleh pengguna Twitter bernama Ben Geskin, smartphone tersebut tampak sangat ringkas dan kecil di tangan. Untuk membukanya juga hanya memerlukan satu jari saja. Warna pink keungu-unguannya membuat smartphone ini terlihat sangat berkelas.

2. Rencana rilis Februari 2020.

Dilansir brilio.net dari Techradar, smartphone ini dikabarkan akan dirilis pada  11 Februari ketika acara terbesar Samsung di awal 2020 ini. Dalam acara tersebut, Samsung juga berencana merilis smartphone seri S terbaru mereka. Dari sumber TechRadar, smartphone ini baru bisa dibeli mulai hari Valentine atau 14 Februari.

3. Harga fantastis.

samsung galaxy flip z istimewa

foto: winfuture.com

Smartphone lipat ini adalah teknologi terdepan yang bisa dinikmati konsumen umum. Tak heran, harganya bisa melambung tinggi. Dirumorkan smartphone baru Samsung ini akan dibanderol dengan  garga sekitar USD 1.700 atau Rp 23 jutaan.

4. Teknologi layar yang mutakhir.

samsung galaxy flip z istimewa

foto: engadget.com

Layar smartphone lipat ini diperkirakan berukuran  6,7-inch dengan teknologi AMOLED. Selain itu layarnya beresolusi 1080 x 2636 dengan aspek rasio 22:9 seperti smartphone kekinian lainnya. Ada juga layar kecil yang bisa terlihat ketika smartphone terlipat. Kemungkinan layar kecil ini bisa digunakan untuk melihat notifikasi yang masuk. Rumornya ada teknologi UTG atau Ultra Thin Glass yang menambah durabilitas layar agar tidak mudah rusak.

5. Spesifikasi dewa.

samsung galaxy flip z istimewa

foto: engadget.com

Dikutip dari TechRadar, smartphone terbaru Samsung ini nantinya akan dipersenjatai chipset terbaru SnapDragon 855 Plus, 8 GB Ram, dan memori sebesar 256 Gb. Sayangnya tak ada slot untuk microSD dan 3/5 mm headphone jack seperti smartphone flagship dari kompetitor.

RECOMMENDED BY EDITOR