Brilio.net - Kita semua tahu pentingnya Microsoft Office untuk kehidupan sehari-hari. Dengan Microsoft Office, pengguna bisa mengelola data, membuat tulisan, mempresentasikan hasil kerja, dan masih banyak lagi. Keunggulan-keunggulan aplikasi ini semakin meningkat seiring berjalannya waktu.

Untuk informasi, versi Microsoft Office yang paling baru saat ini adalah Office 2019. Kini Microsoft Office siap memberi layanan baru dengan memunculkan fitur-fitur baru yang tidak kalah menariknya.

Dikumpulkan brilio.net dari website resmi Microsoft Support serta sumber-sumber lainnya, Jumat (24/9) ini 5 aplikasi Microsoft Office yang mendapatkan banyak perubahan untuk upgrade Oktober mendatang.

1. Microsoft Word 2021.

5 Aplikasi Microsoft Office ini bakal banyak berubah berbagai sumber

foto: Microsoft Support

Fitur baru yang bisa dinikmati pengguna Microsoft Word 2021 adalah kemampuannya untuk menikmati koleksi media stok baru. Penambahan lebih banyak konten media dan perpustakaan stok gambar, pengguna bisa mendapatkan pengalaman yang terbaik.

Selain itu, pengguna juga disuguhkan dengan kemampuan untuk menggunakan Microsoft Search. Ini adalah tool baru yang dapat membantu pengguna menemukan teks, mendapatkan bantuan online, menggunakan perintah, dan masih banyak lagi. Untuk posisinya, Microsoft Search berada di bagian atas layar.

Melengkapi daftar fitur baru di Word 2021, kini tab Gambar diperbarui, dukungan untuk format OpenDocument, dan kerangka gaya Sketsa. Tool Gambar baru ini memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mengubah warna semua alat tinta dengan cepat, semuanya di satu tempat. Sedangkan, garis besar gaya Sketsa baru memberikan tampilan yang santai dan digambar tangan untuk membentuk presentasi pengguna.

Sedangkan, untuk Microsoft Word 2021 di Mac, pengguna akan melihat visual yang besar dan baru dengan tab yang lebih bersih dan ikonografi monoline. Beberapa fitur baru lainnya termasuk dukungan warna halaman tingkat lanjut dalam pembaca imersif, suara yang terdengar alami dengan Read Aloud, dan kemampuan untuk menyimpan gambar dan bagan dalam format file .SVG. Media stok baru dan tombol pencarian dari Windows juga diluncurkan di Mac.

2. Microsoft Excel 2021.

5 Aplikasi Microsoft Office ini bakal banyak berubah berbagai sumber

foto: Microsoft Support

Microsoft Excel 2021 merupakan salah satu aplikasi yang mendapatkan fitur-fitur paling baru. Di Windows, ada banyak fungsi baru untuk menganalisis data, termasuk fungsi Dynamic Arrays, XLOOKIP, dan LET.

Fitur-fitur ini disediakan untuk pengguna perusahaan. Secara umum, fitur baru yang paling menonjol di Microsoft Excel 2021 adalah peningkatan kinerja, media stok baru, tab Gambar yang diperbarui, tombol Pencarian Microsoft baru, serta dukungan untuk format OpenDocument.

Dengan XLOOKUP, pengguna bisa menemukan apapun yang mereka butuhkan dalam tabel atau rentang. Dengan fungsi LET, pengguna juga bisa menetapkan nama ke hasil penghitungan untuk menyimpan penghitungan perantara, nilai, atau nama yang ditentukan di dalam rumus.

Untuk Mac, pengguna bisa menikmati semua fitur yang sudah disebutkan di atas dan ditambah dengan opsi "Jendela Tontonan" baru. Microsoft mengatakan jendela ini akan memudahkan pengguna untuk memeriksa, mengaudit, atau mengonfirmasi perhitungan rumus dan hasil dalam lembar kerja besar.

3. Microsoft PowerPoint 2021.

5 Aplikasi Microsoft Office ini bakal banyak berubah berbagai sumber

foto: Microsoft Support

Saat membahas Microsoft PowerPoint 2021, banyak fitur baru yang dirancang untuk membantu pengguna meningkatkan presentasi dan slideshow mereka. Salah satu fitur terbesar di PowerPoint 2021 adalah peningkatan fitur Rekam Slide Show, yang sekarang mendukung perekaman video presenter dan perekaman laser pointer.

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa menikmati kemampuan baru untuk memutar ulang goresan tinta mereka, kemampuan untuk menemukan apa yang dibutuhkan di Microsoft Search, dan cara baru untuk mengatur elemen pada slide untuk pembaca layar.

Fitur lain dari Word dan Excel juga ada di Microsoft PowerPoint 2021 ini, termasuk garis gaya Sketsa, warna baru, tab Gambar yang diperbarui, dukungan untuk format OpenDocument, dan media stok baru.

Untuk Microsoft PowerPoint 2021 di Mac, pengguna bisa menikmati penyegaran visual yang besar, yang menurut Microsoft adalah "gaya modern yang bersih dan jelas." Fitur baru lainnya termasuk kemampuan untuk membuat GIF animasi dari tayangan slide dan untuk menyimpan gambar dan grafik sebagai SVG, serta garis gaya Sketsa.

4. Microsoft Outlook 2021.

5 Aplikasi Microsoft Office ini bakal banyak berubah berbagai sumber

foto: Microsoft Support

Microsoft Outlook 2021 merupakan salah satu aplikasi Microsoft Office yang paling banyak digunakan dan hanya memiliki serangkaian kecil fitur bertema penemuan dan terjemahan. Di Windows, fitur Pencarian Instan baru memungkinkan pengguna menemukan email di mana saja saat berada di Outlook.

Sementara itu, fitur terjemahan baru memungkinkan pengguna menerjemahkan pesan email dalam lebih dari 70 bahasa melalui bilah sisi. Fitur baru lainnya termasuk tinta yang memungkinkan pengguna menambah keterangan gambar email atau menggambar di kanvas terpisah menggunakan jari, pena, atau mouse. Fitur lainnya termasuk media stok yang lebih banyak dan bidang input baru dalam dialog Warna untuk nilai warna Hex.

Untuk Mac sendiri, Microsoft Outlook 2021 menambahkan penyegaran visual serta kemampuan untuk menyimpan gambar dan bagan sebagai SVG.

5. Microsoft Access 2021.

5 Aplikasi Microsoft Office ini bakal banyak berubah berbagai sumber

foto: Microsoft Support

Seperti yang diketahui, Microsoft Access memungkinkan pengguna untuk membangun dan berbagi database dalam hitungan detik. Pengguna cukup memberikan informasi dan Microsoft Access yang akan melakukan langkah selanjutnya. Dari sini, pengguna dimudahkan untuk membuat dan menyusun data mereka.

Beberapa fitur baru menarik dari Microsoft Access 2021 adalah kemampuan pengguna dalam menambahkan tabel hanya dengan beberapa klik, mengawasi objek database pengguna, bisa refresh, tautkan ulang, atau hapus tabel tertaut, tipe data Date/Time Extended memiliki presisi yang lebih baik, mendukung mode gelap, perbaikan pada Tampilan SQL, perbaikan pada Query Designer, perbaikan pada Relationships Window, pengguna bisa memilih warna yang diinginkan dengan bebas, serta bisa kembangkan keterampilan Office pengguna.