Brilio.net - Menggunakan HP dengan lancar tanpa hambatan menjadi impian semua orang. Apalagi saat kamu memiliki kesibukkan yang tinggi, gangguan yang muncul di tengah menjalankan pekerjaan pasti akan sangat mengganggu. Nggak jarang juga, kondisi HP yang tiba-tiba lemot juga dikarenakan tingginya penggunaan aplikasi yang ada di HP.

Memang banyak faktor yang membuat HP menjadi lemot. Memori yang terlalu penuh, banyaknya virus, dan aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai bisa memberatkan kinerja HP. Kamu harus lebih peka menemukan penyebab HP kamu menjadi lemot. Karena setiap orang memiliki penyebab yang berbeda-beda.

Beberapa penyebab HP lemot yang sering ditemui adalah terlalu banyak menginstal aplikasi, dan konsumsi RAM yang melebihi batas kapasitas. Kedua hal ini dapat mengakibatkan sesaknya kapasitas HP dan menurun performanya. Selain itu kamu juga perlu memperhatikan seberapa banyak aplikasi yang sedang berjalan. Terkadang banyak orang yang lupa mematikan aplikasi yang sudah tidak digunakan.

Kamu bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasi permasalahan ini. Salah satunya dimulai dengan membersihkan isi memorimu. Cobalah untuk membuang file-file yang tidak lagi diperlukan agar performa HP kamu kembali kencang. Selain itu, kamu juga bisa mendongkrak kecepatan HP melalui beberapa aplikasi dan sistem yang dapat membantumu.

Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (17/12) untuk solusi HP kamu yang lemot.

1. Menggunakan Custom ROM.

5 Aplikasi bikin HP nggak lemot © 2019 brilio.net

foto: unsplash.com

Menggunakan Custom ROM disebut menjadi salah satu solusi agar HP kamu segar kembali. Custom ROM adalah sistem operasi Android yang sudah dimodifikasi sehingga bisa mempermudah penggunanya untuk berkreasi. Bahkan sistem ini juga direkomendasikan untuk pengguna Android.

Beberapa alasan di antaranya adalah memiliki performa baik, mampu menghilangkan bloatware, dan dapat lebih memahami sistem Android. Ketika kamu menggunakan Custom ROM kamu juga bisa menikmati ROM lain yang sudah ditingkatkan performanya, sekaligus mencoba sistem operasi terbaru.

2. Aplikasi pengganti tampilan.

5 Aplikasi bikin HP nggak lemot © 2019 brilio.net

foto: smartlauncher.net

Banyak yang tidak tahu, kalau menggunakan aplikasi tampilan tambahan dapat menghindari HP dari lemot. Meskipun setiap HP memiliki pengganti tampilan bawaan, namun biasanya memiliki kapasitas yang lebih berat. Hal itu dapat memenuhi memorimu dan berakibat HP lemot. Smart Launcher adalah satu contoh aplikasi pengganti tampilan yang bisa kamu coba.

Aplikasi ini mungkin sering kamu dengar, atau malah sudah pernah kamu gunakan. Smart Launcher merupakan aplikasi yang memberikan kemudahan yang mampu mengganti tampilan HP kamu. Hal ini bisa digunakan karena Android memberikan kelebihan yang membuatnya digunakan untuk melakukan kustomisasi, dan memberikan keuntungan untuk kamu yang mudah bosan dengan tampilan Androidmu. Launcher bawaan biasanya memiliki memori yang berat. Sehingga beberapa orang menggunakan launcher lain untuk meringankan pacu HP kamu.

3. Aplikasi Antivirus.

5 Aplikasi bikin HP nggak lemot © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Aplikasi antivirus memang membantumu untuk menjaga HP dari serangan virus. Apalagi aplikasi antivirus yang sudah bawaan dari HP kamu, biasanya ia akan terus berjalan. Meskipun dapat terus menjaga keamanan, namun hal ini akan membuat RAMmu menjadi boros.

Hal lain yang dapat berpengaruh adalah performa HP kamu juga bisa menjadi lemot. Maka kamu bisa mengunduh aplikasi antivirus yang dapat melindungi HP kamu secara optimal. Namun yang perlu diperhatikan adalah gunakan satu aplikasi antivirus saja. Sebab, jika ada banyak aplikasi tersebut, semakin berat juga HP kamu dalam bekerja. Ada beberapa aplikasi antivirus yang bisa kamu unduh seperti Avira Antivirus Security, McAfee Mobile Security, Bitdefender Mobile Security & Antivirus, juga CM Security Master.

4. Aplikasi berbayar.

5 Aplikasi bikin HP nggak lemot © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Mungkin kamu adalah salah satu orang yang hobi mengunduh berbagai jenis aplikasi. Yang bikin tambah semangat adalah mengunduh aplikasi-aplikasi yang gratis. Mengunduh aplikasi gratis memang menyenangkan, namun kamu juga harus berhati-hati dengan dampak yang ada.

Salah satu dampak aplikasi gratis adalah membuat HP kamu menjadi lemot karena banyaknya iklan yang ada di aplikasi tersebut. Selain itu kuotamu juga dapat menjadi lebih boros lho. Nah mulai sekarang jangan ragu untuk mengunduh aplikasi berbayar ya.

5. Aplikasi pembersih sampah.

5 Aplikasi bikin HP nggak lemot © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Menjaga kebersihan ternyata nggak cuma dilakukan di sekitar kita lho. HP kamu juga penting untuk dijaga kebersihannya. Berbagai kegiatan yang kamu lakukan menggunakan HP akan meninggalkan sampah-sampah yang dapat memberatkan gadgetmu. Namun yang disayangkan adalah banyak orang yang tidak menyadari hal ini.

Banyak orang yang mengira penyebab HP lemot adalah beratnya aplikasi yang ada di dalam HP itu. Padahal nggak hanya itu saja, sampah dari hasil aktivitasmu juga dapat memberatkan pacu HP. Cobalah untuk rajin membersihkannya menggunakan aplikasi pembersih sampah pada HP kamu. Ada banyak pilihan yang bisa kamu coba seperti, clean master, phone master, speed booster, dan masih banyak lagi yang lainnya.

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/pep)