Brilio.net - Perbedaan laptop gaming vs biasa sekarang mulai menipis. Sekarang ada banyak laptop tipis premium dengan performa tinggi laiknya laptop gaming. Oleh karena itu, gamer sekarang bisa punya banyak sekali pilihan.

Laptop tipis dan portabel atau laptop tebal yang kuat bisa jadi pilihan saat ingin bermain game. Terlebih, sekarang gaming bukan hanya untuk sekadar hiburan, tapi juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang.

Bermain game sekaligus menghasilkan uang tentu menjadi hal yang menyenangkan. Nah bagi kamu yang gemar bermain game online, tidak ada salahnya nih untuk serius menekuni dan menjadikannya sebagai pekerjaan yang menguntungkan.

Nah, bagi para gamers terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan selain berlatih. Salah satunya yakni komputer atau laptop dengan spesifikasi yang mumpuni. Sebab, aplikasi games pasti memiliki beban performa yang tidak sedikit.

Berdasarkan hal tersebut, maka saat ini banyak laptop gaming dapat digunakan untuk bermain games. Salah satunya adalah Asus TUF, laptop gaming ini sengaja diproduksi dan dirilis untuk para gamers. Laptop dengan spesifikasi yang mumpuni ini dapat dijumpai di berbagai store, seperti gerai toko elektronik resmi langsung, sampai e commerce seperti Blibli.

Lantas, apa sajs perbedaan laptop biasa dengan laptop gaming? Berikut ini telah brilio.net himpun dari berbagai sumber, Rabu (20/7).

1. Penggunaan CPU dan GPU

Hal dasar yang menjadi perbedaan antara laptop gaming dan laptop biasa adalah spesifikasinya. Semua laptop gaming diharuskan memiliki dedicated GPU. Nantinya hal tersebut akan membantu performa grafis dari laptop tersebut. Secara sederhana, laptop gaming harus dibekali dengan kartu grafis yang terpisah dari CPU atau GPU.

Selain itu, chip prosesor GPU dan CPU yang disematkan pada laptop harus menggunakan chip seri dengan performa yang tinggi. Contohnya seperti laptop gaming dan laptop biasa yang keduanya menggunakan CPU dengan Intel Core i5. Akan tetapi, nyatanya Intel Core i5 yang disematkan tersebut berbeda dengan laptop biasa. Jadi, jangan sampai terkecoh oleh hal itu.

Oleh karena itu, pada laptop biasa, CPU dengan Intel Core yang digunakan adalah seri yang lebih dioptimalkan untuk menghemat daya. Sementara bagi laptop gaming, CPU dengan Intel Core yang digunakan adalah seri dengan performa tinggi. Dengan demikian, meskipun menggunakan prosesor yang sama, performa dari laptop gaming akan jauh lebih tinggi dibanding dengan performa laptop biasa.

Sama halnya ketika laptop menggunakan CPU Ryzen dari AMD. CPU AMD Ryzen yang ada pada laptop gaming tentu menggunakan seri dengan performa yang tinggi. Sedangkan CPU AMD Ryzen pada laptop yang biasa digunakan untuk lebih mengoptimalkan daya supaya lebih hemat.

GPU atau Graphic Processing Unit yang ada pada laptop gaming juga merupakan GPU yang memiliki performa tinggi. Sebab dirancang khusus lebih optimal untuk mengolah grafis dengan lebih baik. Maka, meskipun laptop biasa dan laptop gaming menggunakan GPU NVIDIA yang sama, maka tetap harus memperhatikan dengan teliti seri mana yang digunakan.

2. Penggunaan Sistem Pendingin

Semua laptop yang beredar dan dirilis perusahaan tentu memiliki sistem pendingin. Akan tetapi, sistem pendingin yang ada dalam laptop gaming jelas berbeda. Laptop gaming memiliki sistem pendingin yang lebih canggih. Sebab pendingin yang ada dalam laptop gaming digunakan untuk mengatur suhu laptop saat sedang bekerja keras menjalankan aplikasi games yang berat.

3. Penggunaan RAM dan SSD

Penggunaan RAM dan SSD pada laptop gaming juga berbeda. Umumnya, RAM dan SSD pada laptop gaming memiliki transfer rate read atau write yang lebih tinggi dari RAM dan SSD yang ada pada laptop biasanya. Oleh sebab itu, harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis RAM dan SSD yang ada. RAM yang lebih besar tentu membuat laptop bekerja lebih baik dan cepat.

4. Fitur Pendukung.

Tidak semua laptop dapat digunakan untuk bermain games, sebab laptop yang digunakan untuk para gamers memiliki spesifikasi khusus. Salah satunya adalah adanya fitur pendukung. Biasanya, laptop gaming menggunakan keyboard backlight RGB.

Fitur tersebut digunakan untuk mendukung penampilan laptop. Serta memudahkan para penggunanya saat bermain games dalam keadaan low light. Selain itu, laptop gaming juga memiliki monitor dengan refresh rates yang tinggi. Tujuannya supaya para pengguna dapat menikmati tampilan dari game yang smooth di layar laptop mereka.

Nah, itulah perbedaan yang mudah untuk dipahami antara perbedaan laptop gaming dan laptop biasa. Apa pun itu laptopnya, kamu dapat dengan mudah membelinya di Blibli, karena akan ada banyak promo dan originalitas laptop terjamin.