Brilio.net - Kemajuan teknologi saat ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan positif. Bahkan aktivitas kerja, pendidikan, dan hiburan, tidak bisa lepas dari sebuah kecanggihan teknologi. Perangkat elektronik yang semakin canggih selalu dibarengi dengan penyedia layanan aplikasi yang terus mengembangkan produknya. Salah satu aplikasi populer adalah YouTube.

YouTube merupakan aplikasi penyedia miliaran video yang dapat ditonton secara gratis. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk edukasi dan kegiatan ekonomi. Oleh sebab itu, banyak publik figur memiliki akun YouTube agar tetap dapat menghibur penggemarnya. Tidak hanya itu saja, lembaga negara juga turut serta mempunyai akun YouTube, karena mereka sadar banyaknya manfaat yang diperoleh dari aplikasi ini.

Video berdurasi singkat kini mulai menjadi trend setelah kemunculan aplikasi TikTok. Hal itu membuat YouTube tidak mau kalah dengan menghadirkan fitur YouTube Shorts. Fitur ini merupakan inovasi dari developer YouTube untuk memberikan layanan video berdurasi pendek kepada para kreator konten.

Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna hanya perlu menekan ikon (+) pada bagian tengah bawah layar. Kemudian tinggal rekam, atau ambil video dari galeri, dan buat video tersebut menjadi semenarik mungkin.

Untuk lebih jelas, yuk simak ulasan brilio.net mengenai fitur dan keunggulan yang ada di YouTube Shorts, yang dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/3).

Deretan fitur di YouTube Shorts.

1. Miliki fitur content library.

YouTube Shorts mempunyai fitur content library. Banyak video berdurasi pendek akan tenggelam saat view sudah menurun. Namun pada platform ini, tetap akan menayangkan video kreator agar dilihat tanpa batas waktu. Hal tersebut dapat dicapai karena developer YouTube memberikan kemudahan agar pengguna dapat melihat video yang sudah lama diupload.

2. Sistem search engine.

Dengan adanya sistem search engine dari YouTube Shorts, pengguna akan mudah mendapatkan video yang diminatinya. Kemudian bagi kreator video, tentu akan dapat cepat menaikkan view. Cukup buat judul Video Shorts dengan keyword yang relevan dan evergreen, maka video tersebut akan menyasar ke audiens yang tepat.

3. Terdapat fitur timer.

Timer merupakan hal penting saat akan melakukan pengambilan video karena hitung waktu mundur dapat digunakan untuk mempersiapkan diri, dan objek video yang akan direkam. Walaupun terkesan sederhana, tetapi pengguna akan sangat dimudahkan dan dibantu dengan adanya fitur timer ini.

4. Terdapat fitur filter dan teks lengkap.

Untuk menambah daya tarik video YouTube Shorts juga memberikan fitur filter yang lengkap. Artinya pembuat video dapat menyesuaikan pencahayaan agar grafis tampak lebih bagus. Selain itu, terdapat fitur teks dengan berbagai font yang bisa diterapkan pada video. Dengan begitu video tampak lebih estetik.

Keunggulan menggunakan YouTube Shorts.

9 Keunggulan dan fitur di YouTube Shorts, punya audio lengkap © berbagai sumber

foto: blog.youtube.com

Kehadiran YouTube Shorts menambah deretan pilihan platform orang untuk berkreasi. Nah, setelah tahu fitur-fiturnya, simak yuk keunggulan menggunakan YouTube Shorts berikut.

1. Bekerja sama dengan pelaku musik.

YouTube menteken kerja sama tersendiri dengan para artis musik dan penerbit. Oleh karena itu, audio yang disediakan oleh YouTube Shorts cukup lengkap. Artinya para konten kreator shorts dapat leluasa membuat video dengan audio yang menarik.

2. Durasi video hingga 60 detik.

YouTube Shorts memberikan durasi 60 detik dan 15 detik untuk video yang akan ditayangkan. Hal ini tentu menuntut agar isi dari video ringkas dan padat. Namun durasi tersebut tentu lebih dari cukup untuk para kreator membuat sebuah video yang menarik penonton.

3. Media promosi.

Fitur Shorts pada kanal YouTube dapat dimanfaatkan untuk media promosi. Baik menawarkan sebuah produk maupun memberikan gambaran mengenai video utama yang akan diupload. Kemudian YouTube Shorts dapat digunakan untuk menganalisis target market dan strategi konten yang akan dihadirkan berikutnya.

4. Kontrol kecepatan video mudah.

Fitur untuk mengelola kecepatan pada sebuah video tentu sangat dibutuhkan. Pada layanan YouTube Shorts, kontrol kecepatan video dapat dengan mudah dilakukan. Dengan begitu, para kreator dapat membuat video agar tampak lebih dramatis dan kreatif.

5. Audio yang lengkap.

Semua suara, maupun lagu dari video YouTube dapat dipakai untuk keperluan audio YouTube Shorts. Tentu ada berjuta lagu maupun suara yang dapat dipakai. Terlebih audio dari YouTube Shorts resmi dan dapat digunakan secara gratis.