Brilio.net - Minggu lalu (4/10), server Facebook mengalami gangguan. Hal tersebut mengakibatkan sejumlah aplikasi-aplikasi pengikutnya ikut down, salah satunya WhatsApp. Sejak WA alami trouble, aplikasi jejaring sosial serupa seperti Telegram langsung kebanjiran pengguna baru.

Aplikasi Telegram yang telah meraup lebih dari 500 juta pengguna itu bahkan terang-terangan memberi sindiran di akun Twitter-nya "Banyak yang migrasi ke kami dari aplikasi berwarna hijau, nih", tulis Telegram di akun resminya @telegram (5/10).

Pengguna yang banyak membuat Telegram melakukan banyak inovasi, salah satunya dalam pengembangan fitur. Ada beberapa fitur tersembunyi Telegram yang hingga kini jarang diketahui. Fitur tersebut tak hanya memudahkan, namun juga membuat pengalaman bertukar pesan lebih menyenangkan.

1. Find People by Location untuk mencari teman berdasarkan lokasi.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Sesuai dengan nama fiturnya, fitur ini berguna untuk pengguna Telegram yang hendak mencari relasi di lokasi sekitar. Cara mengaksesnya pun cukup mudah, pengguna hanya mengetuk tab Contacs dan izinkan lokasi terdeteksi. Namun, para pengguna harus saling mengaktifkan fitur ini untuk bisa berteman.

2. Slow Mode untuk mengatur pesan masuk di grup.

Seperti yang diketahui para penggunanya, sangat mudah untuk mengakses ataupun berkomunikasi melalui Group Chat Telegram. Hal ini terkadang bisa membuat admin grup kewalahan untuk mengelola pengguna yang chat di grup itu. Ternyata, fitur Slow Mode dapat membantu isu ini dengan menjadwalkan waktu bagi peserta grup jika ingin kirim pesan. Caranya tinggal pilih grup, ketuk Edit, Permissions, dan pilih durasi yang diinginkan di bagian bawah halaman.

3. Rekam Video Meeting.

Sudah menjadi hal yang klise selama pandemi Covid-19, sistem rapat online mulai banyak dipakai diberbagai aplikasi. Tidak mau kalah, Telegram membawa fitur dimana penggunanya bisa merekam video rapat dalam jaringan dan mengirimkan rekaman rapat ke sesama pengguna Telegram. Untuk dapat memakai fitur ini, pengguna cukup tekan Chat dan ketuk logo mikrofon.

4. Private Channel untuk mencegah hilangnya data.

Fitur Channel pada Telegram mengizinkan pengguna menyebarkan informasi ke semua orang tanpa harus menerima balasan dari anggota channel dan dapat diakses oleh publik. Namun, pengguna yang ingin membuat fitur Channel privasi, Telegram membuat fitur Private Channel, dimana pengguna dapat dengan aman menyimpan data, seperti pesan, file, atau dokumen penting. Berikut cara penggunaan fitur Private Channel sesuai platform yang dimilik pengguna:

- iOS: Pada tab Chats, klik opsi New Message di bagian kanan atas aplikasi dan pilih opsi New Channel

- Android: Setelah ketuk Chats, klik logo pensil dan pilih New Channel dari pilihan yang tersedia.

- Desktop : cukup klik menu garis tiga di sudut kiri atas dan pilih opsi New Channel.

Reporter: Alfaldi Chasiragi

(brl/guf)

RECOMMENDED BY EDITOR