Brilio.net - Jika ditanya tentang media sosial yang paling banyak digunakan orang-orang, pasti akan mengatakan Instagram. Aplikasi ini telah diunduh jutaan pengguna di belahan dunia. Seiring perkembangan zaman platform ini selalu mengalami perubahan yang signifikan, baik dari tampilan maupun pembaruan fitur-fiturnya. Hal tersebut yang menjadikan Instagram sebagai salah satu media sosial efektif, dan selalu upgrade sehingga tak ditinggalkan penggunanya.

Pada tahun 2020 ini misalnya, pengembang platform Instagram juga kembali menyuguhkan fitur terbarunya. Hampir selama 10 tahun berdiri, sudah banyak perubahannya yang terjadi. Hadirnya fitur-fitur baru dari perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg ini kerap dinanti-nantikan pengguna. Sebelumnya Instagram juga sudah menerapkan uji coba penghapusan like baik di Indonesia maupun global. Pengguna yang akan masuk dalam uji coba ini, nggak akan melihat jumlah "like" dari foto maupun video dari pengguna lain yang ada di akun mereka.

Biar update dan nggak ketinggalan, kamu bisa nih cobain fitur-fitur yang ditawarkan Instagram. Nah kamu sudah tahu belum apa saja fitur terbaru Instagram? Berikut ulasannya seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (22/1), 4 fitur terbaru Instagram 2020, bisa deteksi foto editan.

1. Mode Reels mirip TikTok.

Fitur terbaru Instagram 2020 pixabay

Loading...

foto: freepik.com

Kini aplikasi TikTok memang sedang digandrungi masyarakat. Aplikasi untuk berbagi video pendek ini begitu populer di kalangan generasi milenial. Nggak ingin kalah saing dengan aplikasi tersebut, Instagram pun juga melakukan hal yang serupa dengan meluncurkan fitur Reels. Namun sayangnya fitur Reels ini baru bisa digunakan di Brasil.

Secara umum tampilan fitur ini hampir mirip dengan TikTok. Dengan fitur Reels pengguna bisa merekam video selama 15 detik, kemudian selanjutnya dapat dilakukan pengeditan dengan penambahan musik atau meminjam audio dari orang lain. Dengan fitur ini pengguna dapat membuat, mengunggah, dan mencampur video seperti fitur TikTok.

2. Fitur deteksi foto editan.

Fitur terbaru Instagram 2020 pixabay

foto: freepik.com

Salah satu masalah yang kerap terjadi di media sosial adalah penyebaran informasi yang salah. Bahkan seiring perkembangan zaman kita sangat sulit membedakan antara konten yang nyata dan juga konten palsu. Misalnya saja penyebaran foto-foto palsu atau hoax di platform media sosial seperti, Facebook, Twitter maupun Instagram.

Baru-baru ini Instagram meluncurkan fitur terbaru untuk memerangi penyebaran informasi yang salah di platform ini. Hal tersebut agar mempermudah para pengguna dalam menyaring berita yang salah. Instagram akan memberikan label dan menyembunyikan gambar yang menampilkan konten dari editan, seperti mendeteksi editan dari software photoshop.

Ya pembaruan ini cukup pro kontra di kalangan penggunanya. Pasalnya pengguna seperti seniman digital yang telah menghasilkan karya seni dengan sentuhan digital akan dibatasi. Fitur ini akan menghilangkan foto-foto karya yang dibuat seniman dari halaman dan tagar secara otomatis.

3. IG Story dapat dipause.

Fitur terbaru Instagram 2020 pixabay

foto: freepik.com

Kabar baik untuk kamu, selain fitur untuk mendeteksi foto editan ada juga penambahan fitur di Instagram Story. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan jeda saat merekam cerita. Bukan jeda yang membuat rekaman berhenti dan nggak bisa melanjutkan perekaman, tetapi jeda atau pause yang cukup lama dan bisa diaktifkan kembali untuk melanjutkan perekaman.

Para pengguna dapat melakukan perekaman gambar langsung melalui fitur Story di Instagram seperti pada umumnya. Kemudian kamu bisa menekan tombol "Pause" sekali saja maka perekaman video akan terjeda dan tinggal menunggu kamu untuk menekan kembali tombol rekam. Saat kamu menekan tombol pause, kemudian merekam kembali, maka perekaman video tidak akan mengulang hitungan dari awal lagi atau dengan kata lain melanjutkan video sebelumnya.

4. Penambahan efek di fitur Boomerang.

Fitur terbaru Instagram 2020 pixabay

foto: freepik.com

Boomerang merupakan salah satu fitur yang digemari para pengguna Instagram. Di mana kamu dapat membuat video pendek dengan gerakan berulang. Untuk meningkatkan kualitasnya di tahun ini Instagram menambahkan efek dan serangkaian filter di fitur Boomerang. Seperti filter SlowMo, Echo dan Duo. SlowMo memungkinkan kamu untuk menerapkan efek gerakan lambat di Boomerang. Kemudian Echo untuk membuat efek ilusi bayangan. Sedangkan Duo memberikan efek glitch pada video yang kamu buat.

Selain itu para pengguna juga dapat memotong video tersebut dengn filter trim. untuk bisa mencoba beragam filter di atas kamu dapat mengklik ikon loop setelah membuat video Boomerang. Seperti fitur yang telah Instagram Story, Instagram memang memberikan efek stiker animasi. Namun animasi ini akan menambah variatif di Boomerang. Efek tersebut berupa, Doodle Heart, Winter Blassom, dan semua efek yang umumnya ada di Instagram. Gimana tertarik mencoba fitur keren ini?

RECOMMENDED BY EDITOR