Brilio.net - Setiap tahunnya, perusahaan smartphone berlomba menghadirkan kecanggihan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen. Beberapa smartphone terbaik yang menjadi favorit, punya keunggulan dari hasil jepretan kamera atau desainnya yang elegan dan sempurna.

Namun banyak dari sejumlah fitur favorit merupakan inovasi software. Sehingga membuat persaingan dalam hal perangkat keras terlihat melambat.

Lantas bagaimana dengan tren smartphone di 2019? Berikut tren smartphone 2019.

1. Warna.
Sejak pertengahan 2018, beberapa perusahaan smartphone menghadirkan ponsel dengan warna-warna gradasi dan di 2019 ini warna gradasi semakin banyak. "Sekarang kita melihat warna gradasinya lebih advance lagi, warna gradasi tanpa ada titik tengah akan menjadi tren di 2019, warnanya lebih berani," ujar PR Manager OPPO Indonesia Aryo Meidianto, saat ditemui saat acara Launching Oppo R17 di Jakarta.

2. Layar full screen.
Menurut Aryo, di 2019 ini mskin banyak layar full screen, yang palinh banyak menggunakan water drop desain, seain itu juha semua layar menggunakan mekanisme slide.

3. Kualitas kamera.
Fotografi smartphone kian digemari. Itu sebabnya, vendor ponsel berlomba menyuguhkan kemampuan kamera terbaik dalam beberapa tahun terakhir. "Saat ini kamera hp sudah melengkapi kebutuhan para pecinta foto tapi kebanyakan untuk malam hari agak kuranag, oleh sebab itu sekarang banyak sekali perusahaan smartphone yang menawarkan kamera all rounder, yang mencakup kamera depan dan belakanh oke untuk foto," terangnya.

4. Teknologi 5G.
Dampak 5G mungkin masih sangat terbatas. Belum semua negara akan mencicipi generasi terbaru dari teknologi jaringan telekomunikasi ini. "Di Indonesia regulasinya memang belum siap meskipun beberapa negara sudah menggunakan 5G, tapi nantinya kita akan semakin mengikuti," jelasnya.