Brilio.net - Oppo Indonesia menyematkan julukan The Portrait Expert pada perangkat Oppo Reno8. Bukan tanpa alasan predikat ini diberikan. Sebab selain menghadirkan terobosan pada perangkat keras, Oppo Reno8 juga dilengkapi banyak fitur inovatif yang didukung algoritma pemrosesan gambar berbasis kecerdasan buatan yang canggih seperti Bokeh Flare Portrait, Selfie HDR, dan AI Beautification. 

Fitur-fitur ini merupakan hasil dari penelitian dan pengembangan teknologi kamera smartphone yang dilakukan Oppo selama lebih dari 10 tahun, dan membawa kesuksesan baru bagi Oppo dalam menghadirkan fotografi portrait berkualitas tinggi di smartphone. Penasaran seperti apa fitur-fitur untuk kebutuhan fotografi kreatif ini? Berikut penjelasannya.

1. Bokeh flare portrait kelas DSLR

Oppo Reno8 © 2022 brilio.net Perbandingan Foto Bokeh Flare Portrait

Fitur bokeh flare portrait di Oppo Reno8 merupakan penyempurnaan fitur sebelumnya dengan menghadirkan portrait yang lebih profesional. Algoritma AI akan meningkatkan kecerahan objek foto sekaligus memburamkan latar belakang dan meningkatkan titik cahaya pada bokeh. Hanya dengan satu langkah mudah, Oppo Reno8 dapat menghasilkan foto portrait dengan efek bokeh yang terlihat layaknya difoto dengan kamera DSLR.

Tim penelitian dan pengembangan divisi  pencitraan Oppo telah melatih algoritma Bokeh Flare Portrait dengan lebih dari 100 adegan untuk meningkatkan pengenalan portrait dan kemampuan portrait cutout. Bokeh Flare Portrait terbaru menghadirkan efek bokeh yang lebih bertekstur dengan warna kulit yang lebih alami, terutama untuk gambar dengan saturasi tinggi. Fitur ini membantu subjek portrait untuk tampil lebih menonjol dari latar belakang, menjadikannya sebagai fokus utama yang jelas.

2. Selfie HDR

Oppo Reno8 © 2022 brilio.net Perbandingan Foto HDR Selfie

Backlight menjadi salah satu kondisi yang paling menantang saat mengambil foto pada kondisi cahaya latar kuat, tetapi dengan fitur Selfie HDR berpadu dengan sensor IMX709 di Oppo Reno8, kamu tetap dapat dengan mudah mengambil foto selfie lebih tajam, lebih cerah, dan lebih alami saat di kondisi backlight.

Di balik foto selfie yang menakjubkan ini, terdapat berbagai algoritma kompleks yang bekerja untuk memastikan foto selfie dengan kualitas terbaik. Algoritma HDR menggunakan teknologi sintesis multi-frame untuk meminimalisir cahaya  berlebih dan meningkatkan detail pada area gelap.

Di sisi lain, Algoritma portrait matting telah dilatih melalui database gambar portrait untuk mengidentifikasi subjek manusia dalam foto secara akurat. Selanjutnya, algoritma bokeh mengoptimalkan segmentasi gambar untuk mengurangi kesalahan  bokeh dan memastikan batas antara efek lampu bokeh dan latar belakang terlihat alami. Penyempurnaan lebih lanjut dilakukan pada bentuk dan warna bokeh flare, serta kecerahan dan warna kulit subjek.

(brl/red)

RECOMMENDED BY EDITOR