Brilio.net - POCO Indonesia tampaknya tak main-main dalam meluncurkan smartphone “killer” untuk kelas mid-range. Buktinya, vendor selular ini baru saja merilis POCO X3 Pro yang digadang-gadang sebagai smartphone kelas mid-range dengan performa terbaik. Smartphone berjuluk The Beast, memiliki kinerja dan tampilan memukau serta performa yang diklaim cukup “buas”.

“POCO X3 Pro adalah jawaban untuk smartphone gaming karena memiliki performa buas, tampilan tiada tanding, baterai tahan lama, serta pengalaman pakai yang sempurna. Inilah smartphone terbaik dengan performa buas untuk bermain game,” kata Product PR Lead POCO Indonesia, Andi Renreng, dalam acara peluncuran, Selasa (20/4/2021).

Nah seperti apa kebuasan smartphone tangguh ini? Berikut faktanya

1. Performa

POCO X3 Pro © 2021 brilio.net

Smartphone ini dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 860 yang memiliki arsitektur serupa dengan chipset Qualcomm Snapdragon865 yang digunakan smartphone kelas flagship dengan delapan inti, manufaktur 7 nanometer serta didukung GPU Adreno 640 untuk performa gaming mumpuni. Teknologi LiquidCool Technology 1.0 Plus hadir untuk meredakan panas.

Dapur pacu yang kencang juga didukung teknologi baca dan tulis data kecepatan tinggi kelas flagship yakni UFS 3.1 yang 198 persen lebih kencang dari generasi sebelumnya yakni UFS 2.1 serta teknologi RAM LPDDR4X untuk membuka file dan aplikasi dengan lebih cepat. Dengan varian penyimpanan internal 256GB, POCO X3 Pro mendukung ekspansi hingga 1TB menjadikannya perangkat yang andal untuk mengelola banyak file.

POCO X3 Pro © 2021 brilio.net

Tidak ketinggalan baterai buas 5160 mAh yang membuat POCO X3 Pro bisa digunakan hingga dua hari serta mendukung pengisian cepat 33W. Teknologi Middle Middle Tab menjadikan pengisian baterai kian pesat, hanya butuh kurang dari 1 jam untuk mengisi dari kondisi habis ke penuh.

Melengkapi portofolio POCO X3 Pro, Z-Axis linear motor menyodorkan pengalaman flagship saat menggunakan smartphone berupa 150+ ragam vibrasi untuk berbagai skenario. Begitu pula dual speakers didukung sertifikasi Hi-Res audio untuk memastikan kualitas audio terbaik bagi penggunanya.

2. Display

POCO X3 Pro © 2021 brilio.net

POCO X3 Pro memiliki layar dengan bentang 6,67 inci beresolusi FHD+ DotDisplay yang mendukung refresh rate 120Hz serta touch sampling rate hingga 240Hz. Spesifikasi ini lazim ditemui pada smartphone kelas flagship dalam memanjakan mata penggunanya dengan layar yang dengan animasi yang halus serta responsif.

Sertifikasi dari TÜV Rheinland memastikan layar tetap aman bagi mata dari efek negatif sinar biru, begitu pula sertifikasi L1 Widevine menjamin pengguna bisa mengakses pilihan konten definisi tinggi dari layanan streaming seperti Netflix. Dukungan HDR10 menjamin layar POCO X3 Pro untuk bisa menampilkan konten dengan palet warna lebih kaya.

POCO X3 Pro © 2021 brilio.net

Fitur DynamicSwitch akan menyesuaikan tingkat refresh rate sesuai skenario penggunaan mulai dari bermain game hingga posisi diam. Fitur ini bermanfaat untuk memastikan penggunaan daya tetap efisien. Lapisan Corning Gorilla Glass 6 yang melindungi bagian muka perangkat membuat pengguna tidak perlu khawatir dengan kejadian seperti jatuh dari genggaman secara tidak sengaja.

POCO X3 Pro hadir dengan sejumlah kelebihan tanpa sekalipun meninggalkan hal yang utama yakni desain. Pada seri ini, dapatkan desain yang unik sekaligus berani dari “reflective chroma design” yang mengambil inspirasi dari desain mobil balap. Dual-texture membuat permukaan punggung smartphone sulit menangkap bekas sidik jari. Fitur “wajib” seperti IR Blaster, NFC, serta headphone jack juga bisa ditemukan pada smartphone ini untuk menjamin pengalaman yang utuh bagi pengguna.

3. Kamera

POCO X3 Pro © 2021 brilio.net

Konfigurasi empat kamera di bagian belakang POCO X3 Pro memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk menciptakan karya foto maupun video. Kamera utama 48MP dengan sensor Sony IMX582 didampingi kamera ultra-lebar 8MP, kamera macro 2MP, serta depth sensor 2MP. Di bagian depan, ada kamera dengan resolusi 20MP.

Dari sisi perangkat lunak, kamera POCO X3 Pro memiliki sejumlah fitur yang memudahkan pengguna untuk menciptakan karya yang sulit dilupakan seperti ultra-wide night mode yang bisa menangkap gambar dengan sudut ultra-lebar pada kondisi gelap.

POCO X3 Pro © 2021 brilio.net

Pengguna juga dapat bereksperimen dengan mode video untuk hasil yang unik seperti video clones dan Dual-video untuk merekam dengan kamera depan sekaligus kamera belakang. Kamera depan juga tidak ketinggalan memiliki fitur night mode selfie yang memudahkan pengguna untuk mengambil swafoto dengan kondisi yang tetap terang pada kondisi kurang cahaya.

4. Harga dan ketersediaan

POCO X3 Pro © 2021 brilio.net

POCO X3 Pro hadir dalam dua varian RAM dan penyimpanan serta tiga pilihan warna yakni Phantom Black, Frost Blue, dan Metal Bronze. Penjualan dilakukan pada 22 April pukul 12.00 WIB di situs po.co.id serta mitra e-commerce Shopee dan Akulaku. Penjualan offline juga dilakukan pada Authorized Mi Store dan Authorized Mi Shop serta segera menyusul pada Erafone. 

Nah untuk harga perkenalan, POCO X3 Pro dibanderol dengan harga Rp3.499.000 (6GB + 128GB) dan Rp3.999.000 (8GB + 256GB). Sementara untuk harga regular smartphone ini dibanderol Rp3.599.000 (6GB + 128GB) dan Rp4.099.000 (8GB + 256GB).