Brilio.net - Saat ini banyak anak muda yang mencoba peruntungan dengan membuka bisnis sendiri. Kemajuan teknologi menjadi salah satu andalan bagi mereka untuk mengembangkan bisnis.

Dalam hal promosi misalnya, mereka nggak perlu memikirkan harus memiliki perangkat fotografi atau videografi yang mahal. Apalagi sekarang banyak bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dijalankan anak muda cuma mengandalkan sosial media untuk memasarkan produknya. 

Cara ini pula yang dilakukan Sekat, UMKM sektor fesyen yang memproduksi beragam jenis pakaian rumah seperti piyama. Tagline yang menggabungkan function and fashion menjadi moto UMKM ini. 

“Selama ini banyak orang nggak peduli memakai pakaian di rumah. Biasanya mereka menggunakan pakaian yang sudah belel. Berangkat dari situ kami terinspirasi membuat pakaian yang nyaman tapi juga modis. Jadi kami menggabungkan function dan fashion,” papar Co-Founder Sekat, Rainer Abraham Tupamahu dalam acara Oppo A95 Performance Event, di bilangan Jakarta Selatan, Kamis (11/11/2021).

Oppo A95 Video © 2021 brilio.net

Dalam memasarkan produknya, UMKM yang berdiri sejak tahun lalu ini lebih banyak memanfaatkan video yang dibuat dengan konsep soft selling. Misalnya mereka membuat reels Instagram atau video TikTok tanpa harus memasang brand. 

Menariknya, dalam membuat konten video tersebut mereka hanya menggunakan smartphone seperti Oppo A95. “Selama ini video yang kami buat menggunakan smartphone seperti Oppo A95. Kami buatnya tidak ingin hard selling. Jadi video tersebut kayak punya temen aja yang diunggah di sosial media,” lanjut Rainer.

Dari beberapa video yang dibuat, Rainer mengaku pengambilan gambar tanpa menggunakan alat bantu atau gimbal. Semua dilakukan dengan cara handheld. Hal ini bisa dilakukan karena Oppo A95 memiliki fitur steady video yang didukung Electronic Image Stabilization (EIS) sehingga hasil video bisa stabil.     

Lantas, seperti apa sih kemampuan fitur videografi pada perangkat Oppo A95? Berikut faktanya.

1. Kemampuan perekaman video kamera belakang

Oppo A95 Video © 2021 brilio.net Oppo Indonesia 

Kamera belakang Oppo A95 mampu merekam video resolusi 1080p atau 720p pada kecepatan 30 fps (frame per second) dengan lebih stabil karena adanya fitur steady video dengan dukungan Electronic Image Stabilization (EIS). Fitur stabilisasi gambar (Image Stabilization) pada perangkat Oppo A95 ini menggunakan teknologi perangkat lunak untuk meredam getaran ketika memotret atau merekam video. Selain itu fitur EIS dapat membantu menemukan titik kontras tinggi sekaligus menjaganya agar hasil gambar tetap selaras dan tidak berlebihan.

“Kemampuan videografi kini menjadi salah satu fitur di smartphone yang dicari konsumen, terutama kalangan entrepreneur muda untuk kebutuhan pembuatan konten digital. Oppo A95 menyediakan kemampuan tersebut melalui kamera belakang yang dapat merekam video berkualitas tinggi secara stabil dengan adanya fitur steady video,” ujar PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto A.

2. Nggak perlu khawatir hasil video goyang

Oppo A95 Video © 2021 brilio.net @yans_brilio 

Fitur steady video pada Oppo A95 bisa menghilangkan gerakan yang tidak diinginkan saat merekam video berkualitas tinggi. Selain bisa merekam video dengan resolusi tinggi, Oppo A95 juga menawarkan perekaman video slo-mo 720p pada 120 fps melalui kamera belakang. 

Perekaman video juga bisa dilakukan melalui kamera selfie 16MP. Kamera swafoto Oppo A95 yang dilengkapi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan mampu membuat hasil video terlihat lebih jelas dan hidup. Untuk keperluan videografi dengan kamera depan, Oppo menyediakan fitur AI Beautification untuk memberikan efek kecantikan kulit yang lebih tepat sesuai lingkungan sekitar.

3. Video editor SoLoop

Oppo A95 Video © 2021 brilio.net GooglePlay 

Untuk memberikan kemudahan mengolah hasil perekaman video, pada perangkat Oppo A95 sudah dibenamkan aplikasi editor video bawaan SoLoop yang membuat pengguna dengan mudah membuat video hebat dalam berbagai pilihan gaya dan filter. SoLoop dapat mengubah video rekaman dan foto menjadi klip berkualitas film yang dapat dibagikan untuk diunggah ke platform media sosial video pendek.

4. Penawaran menarik nih

Oppo A95 Video © 2021 brilio.net @yans_brilio

Buat kamu yang penasaran dengan perangkat Oppo A95, Oppo juga mengumumkan periode pemesanan awal atau Blind Pre-Order yang digelar mulai 11-17 November 2021. Kamu bisa membeli voucher senilai Rp100.000 di Oppo Online Store atau lewat e-commerce partner Shopee dan Lazada. Selanjutnya, kode voucher dapat dipakai untuk pembelian perangkat Oppo A95 mulai 18-30 November 2021. Konsumen akan membayar harga Oppo A95 yang sudah terpotong nilai voucher Rp100.000 tersebut.