Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Gadget
Lola Lolita (brl/red)

21 Juni 2019 12:59

4 Cara mudah atasi smartphone Android lemot, cuma butuh 5 menit

Banyaknya aplikasi yang diinstal di dalamnya, memori internal, dan eksternal smartphone tersisa sedikit bisa menyebabkan Adroid lemot.

4 Cara mudah atasi smartphone Android lemot, cuma butuh 5 menit

View Image



foto: pixabay.com

Brilio.net - Di zaman serba modern seperti sekarang, smartphone menjadi benda yang sangat dibutuhkan hampir semua orang. Bisa dikatakan smartphone menjadi suatu yang harus dipenuhi dalam kehidupan sehari-hari. Tak bisa dipungkiri, smartphone memudahkan seseorang untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain dari belahan dunia manapun.

Meski demikian, yang namanya elektronik tentunya memiliki permasalahan tersendiri. Salah satu yang kerap dikeluhkan pengguna Android adalah lemot ketika sedang digunakan.

Ada beberapa hal yang menyebabkan smartphone lemot, di antaranya jumlah aplikasi yang diinstal, memori internal, dan eksternal smartphone tersisa sedikit. Ditambah beberapa aplikasi yang tidak digunakan masih aktif dan hal lainnya.

Jika sekarang ini kamu sedang mengalami permasalahan tersebut, tak perlu risau. Ada beberapa langkah berikut ini yang bisa memulihkan kinerja smartphone. Bagaimana caranya? Berikut lansiran brilio.net dari liputan6.com, Jumat (21/6).

1. Membersihkan cache.

Loading...

Cache merupakan file sementara yang terdapat di memori internal smartphone Android. Cache akan mencatat aktivitas aplikasi Android yang telah kamu gunakan. Walaupun data yang dihasilkan sedikit, namun jumlah aplikasi yang digunakan banyak. Ternyata itu bisa membuat smartphone kamu lemot. Maka dari itu kamu harus membersihkan cache dengan cara seperti berikut:

Pertama, buka aplikasi pengaturan yang ada di smartphone Android kamu. Lalu klik menu aplikasi, di sana kamu bisa melihat semua aplikasi yang ada di dalam smartphone.

Pilih menu penyimpanan dan hapus memori, lakukan pada semua aplikasi yang kamu miliki.

2. Uninstall Bloatware.

Tentunya kamu tahu bahwa tidak jarang bahwa aplikasi bawaan dari smartphone Android yang kamu beli dan tidak terlalu dibutuhkan. Sebenarnya kamu bisa menghapus aplikasi bloatware ini dengan cara seperti berikut.

Cukup dengan membuka aplikasi pengaturan, klik menu aplikasi lalu pilih aplikasi yang ingin kamu hapus dengan mengklik uninstall atau disable.

3. Menghapus Widget.

a © 2019 brilio.net

Smartphone Android biasanya menyediakan berbagai macam widget untuk mempermudah penggunanya. Widget sendiri merupakan aplikasi versi mini yang bisa digunakan secara langsung. Biasanya widget ditaruh di home screen untuk memudahkan pengguna ketika ingin diakses.

Untuk mengoptimalkan Android yang dipakai, kamu bisa menghapusnya dengan cara pilih widget yang ingin dihapus. Kemudian tekan dan tahan untuk beberapa saat, lalu geser ke arah gambar tempat sampah.

4. Optimalkan Google Chrome.

Google Chrome tentunya terdapat pada setiap Android, hal ini agar pengguna bisa menggunakannya untuk mencari informasi. Mungkin sebagian dari kamu pernah mengalami di mana smartphone tak bisa berfungsi sama sekali ketika menggunakan Google Chrome. Oleh sebab itu, mengoptimalkan Google Chrome merupakan cara terbaik untuk mengembalikan performa Android. Tidak hanya itu, kamu bisa mengaksesnya dengan menghemat kuota internet.

Caranya pergi ke aplikasi Google Chrome, klik tiga titik yang berada di pojok kanan atas lalu pilih menu pengaturan. Klik Advanced dan pilih Data Saver, lalu aktifkan untuk menghemat pemakaian data.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Brilio News Smartphone Gadget Smartphone lemot Tips Android
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE