Brilio.net - Layanan telekomunikasi berbasis teknologi Frequency Division Duplexing Long Term Evolution (FDD-LTE) alias 4G sudah dinikmati di Indonesia sejak lama. Bahkan jaringan 4G menjadi yang begitu disenangi oleh pengguna smartphone.

Jika dilihat, 4G memang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan 3G dan jaringan-jaringan pendahulunya. 4G LTE memiliki koneksi internet yang lebih cepat dan memungkinkan kamu berselancar di internet tanpa gangguan buffering sedikitpun.

4G LTE mengklaim mampu mempunyai kecepatan upload hingga 75 Mbps dan download hingga 300 Mbps. Jelas ini lebih cepat jika dibandingkan dengan dengan jaringan 3G atau bahkan 2G.

Penggunaan jaringan 4G sangat berpengaruh kepada penggunaan internet lainnya, seperti untuk kebutuhan video call dan streaming. Video call dan streaming saat ini merupakan kegiatan yang digemari oleh banyak kalangan.

Nah bagi kamu yang masih menggunakan jaringan 3G jelas sudah ketinggalan banget dong. Saatnya kamu untuk mengubah jaringan smartphone menjadi 4G. Tapi bagaimana caranya ya jika smartphone pun hanya mendukung jaringan 3G saja? Tenang saja, ada kok caranya.

Loading...

Berikut ini panduan menggunakan kuota 4G di smartphone 3G, rangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (15/11).

1. Cara memakai kuota internet 4G di HP 3G.

Cara menggunakan kuota 4G di HP 3G Istimewa

foto: stelladoradus.com

Beberapa langkah berikut ini bisa kamu ikuti:

- Buka pengaturan pada smartphone.

- Pilih jaringan seluler.

- Pilih jaringan 4G di smartphone 3G.

- Langkah terakhir, tunggu beberapa saat hingga muncul icon 4G.

2. Cara mengubah jaringan 3G ke 4G LTE pada Android.

Cara menggunakan kuota 4G di HP 3G Istimewa

foto: pixabay.com

- Buka penganturan pada smartphone.

- Lalu klik Wireless and Networks dan pilih mode setting.

- Pilih mobile network lalu klik pilih network mode.

- Centang WCDMA Prefffered/ WCDMA Only dan ubah ke 4G LTE.

- Langkah yang terakhir, tunggu beberapa saat sampai muncul icon 4G.

3. Cara menggunakan kuota 4G di HP 3G menggunakan WiFi.

-foto: pixabay.com

Dilansir brilio.net dari liputan6.com, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan modem WiFi sebagai media pengubah jaringan. Menggunakan WiFi ini bisa menjadi cara menggunakan kuota 4G di HP 3G agar kuota 4G kamu tak terbuang sia-sia. Berikut langkah-langkahnya:

- Pertama kamu harus memastikan bahwa modem sudah terdukung jaringan 4G. masukkan kartu SIM yang terdapat kuota 4G ke dalam slot SIM modem.

- Kemudian sambungkan modem kamu ke laptop.

- Nyalakan WiFi hotspot dari laptop seperti biasa agar sambungan internet dapat kamu nikmati di HP 3G.

- Setelah hotspot modem aktif, kamu dapat mengaktifkan sambungan Wifi pada HP 3G dan pilih hotspot yang kamu atur di laptop.

- Kouta 4G berhasil nikmati melalui cara menggunakan kuota 4G di HP 3G ini.

4. Cara menggunakan kuota 4G di HP 3G menggunakan MiFi.

Cara menggunakan kuota 4G di HP 3G Istimewa

foto: videotron.com

Mungkin menggunakan modem cukup merepotkan, kamu bisa menggunakan cara sederhana lainnya yaitu dengan menggunakan MiFi. Ada yang menyebut MiFi adalah kependekan dari Mini WiFi ada pula yang menyebutnya Mobile WiFi.

Ukuran dari MiFi ini sendiri memang tergolong mini dan didesain sebagai portable atau dapat dibawa ke mana-mana. Tak seperti modem WiFi sebelumnya, kamu tidak perlu menyambungkan MiFi ke laptop untuk mengaktifkan Hotspot. MiFi sudah secara otomatis menyambungkan Hotspot saat dinyalakan.

Cara menggunakan kuota 4G di HP 3G menggunakan MiFi:

Cara menggunakan kuota 4G di HP 3G Istimewa

Cara menggunakan kuota 4G di HP 3G-Istimewa/Istimewa

- Seperti modem, kamu harus memastikan bahwa modem sudah terdukung jaringan 4G

- Masukkan kartu SIM yang terdapat kouta 4G kedalam slot SIM MiFi

- Lalu aktifkan tombol MiFi, cara mengaktifkannya berbeda pada tiap MiFi tergantung merek dan jenisnya.

- Setelah hotspot MiFi aktif, kamu dapat langsung menyambungkan HP ke sambungan Hotspot MiFi tersebut

- Kouta 4G berhasil nikmati melalui cara menggunakan kuota 4G di HP 3G ini.

Kelebihan dan kekurangan jaringan 4G.

Walaupun 4G jauh lebih unggul ketimbang 3G, masih ada kelebihan dan kekurangannya. Namun perlu kamu ketahui berkat jaringan 4G, kamu bisa menikmati akses internetan hingga 10 kali lebih kencang dibanding 3G. Kecepatan internet untuk mengunduh atau download bisa mencapai 100 Mbps untuk download dan 75 Mbps untuk upload.

Kecepatan yang dimiliki oleh 4G jelas sangat menyenangkan bagi pengguna jaringan internet. Kamu bisa streaming lebih lancar, game online bebas jeda, live streaming di media sosial, hingga menonton film HD di layanan streaming film populer seperti Netflix. Tak bisa dipungkiri, kecepatan adalah kelebihan utama dari jaringan selular 4G LTE.

Di balik kelebihannya, jaringan 4G juga memiliki kekurangan. Apa saja kekurangannya? Berikut ulasannya.

1. Lebih boros kuota.

Tanpa kamu sadari, jaringan 4G menyedot banyak kuota. Kecepatan yang dimiliki oleh jaringan 4G ini membuat si pengguna kehabisan banyak kuota. Misalnya saja saat streaming video, ada istilah buffering. Buffering adalah proses men-download video yang sedang dilihat. Ketik kamu ingin menyaksikan video berdurasi 10 menit dan baru 1 menit kamu merasa bosan lalu menutupnya.

Meskipun kamu hanya menyaksikan satu menit, karena buffering 4G sangat cepat, durasi video yang di-download sudah mencapai 10 menit. Tentu ini sudah menyedot banyak kuota.

2. Butuh perangkat khusus.

Kelemahan lainnya adalah smartphone 3G tidak bisa menggunakan jaringan 4G. Cara satu-satunya kamu harus menggunakan perangkat lain yang mendukung 4G. Salah satunya kamu bisa menggunakan modem yang sudah mendukung 4G.

3. Belum bisa menjangkau ke seluruh daerah.

Untuk membuat infrastruktur jaringan yang baru dibutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan jaringan 3G, 2G, dan 1G. Jadi tak heran, jika beberapa daerah belum bisa menikmati jaringan 4G.

RECOMMENDED BY EDITOR