Brilio.net - Mungkin kamu kenal dengan seseorang yang terbiasa menonaktifkan centang biru di WhatsApp mereka. Ada berbagai alasan di balik seseorang memilih untuk mematikan centang biru saat chatting. Misalnya karena gengsi, tidak ingin diketahui oleh orang lain kalau mereka sedang online, atau bahkan memang merasa tak nyaman dengan fitur ini.

Meski centang biru dimatikan, tapi pengirim pesan tetap bisa mengetahui apakah pesannya sudah dibaca atau belum. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Senin (27/9), ini 3 langkah mudah yang bisa kamu lakukan.

3 Langkah ini bisa tahu pesan WA terbaca walau centang biru dimatikan berbagai sumber

foto: Pixabay/@Clker-Free-Vector-Images

1. Bikin grup WhatsApp dengan penerima pesan tersebut.

Kamu mungkin merasa direpotkan dengan langkah pertama ini. Tapi jika kamu adalah pribadi yang ingin mengetahui pesanmu sudah terbaca atau belum saat mengirim pesan penting, maka langkah ini harus kamu lakukan. Ini karena WhatsApp tetap memberlakukan centang biru saat pesan terbaca di dalam sebuah grup.

2. Mulai kirimkan pesan.

Jika sudah membuat grup dengan anggota orang yang kamu maksud, kamu tinggal mengirimkan pesan dalam grup tersebut.

3. Lihat info.

Setelah pesan terkirim, tunggu beberapa saat untuk memberi waktu penerima membaca pesanmu. Setelah itu, kamu cukup klik tiga titik yang berada di pojok kanan atas, lalu pilih info. Dari situ, kamu akan bisa tahu pesan yang terkirim tadi sudah dilihat atau belum.