Brilio.net - Apple merilis iOS 15.1 untuk ponsel pintar iPhone, di mana ini merupakan update utama dari sistem operasinya. Tak lama setelah iOS 15.1 diluncurkan, kini versi beta publik dari iOS 15.2 telah ada dengan tujuan testing atau masa percobaan.

Menurut Apple Worldwide Developers Conference 2021, iOS 15 mengusung fitur-fitur penting ke iPhone, namun beberapa fitur terbaru malah menghilang ketika Apple merilis model-model iPhone terbaru bulan lalu. Beberapa fitur penting yang menghilang meliputi SharePlay dan ProRes pada ponsel iPhone model iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

Saat ini Apple telah merilis iOS 15.2, namun masih dengan versi beta. Dirangkum brilio.net dari beragam sumber pada Rabu (3/11), berikut 3 fitur terbaru iOS 15.2 terbaru versi beta:

1. App Privacy Report

Dengan update ke iOS 15.2 versi beta, Apple menambahkan fitur bernama App Privacy Report. Fitur ini memudahkan penggunanya untuk memperlihatkan informasi sensitif seperti pada lokasi, kamera, foto, mikrofon, dan lainnya yang telah terakses pada aplikasi terinstal pada smartphone pengguna.

Selain itu, fitur ini menunjukkan laporan atau report mengenai aplikasi apa saja yang telah pengguna buka selama tujuh hari. Untuk mengakses fitur ini, pengguna cukup pergi ke Pengaturan > Privacy > pilih App Privacy Report.

2. Communication Safety

Fitur terbaru iOS 15.2 © 2021 brilio.net

foto: 9to5Mac

Selain App Privacy Report, update iOS 15.2 juga menambahkan fitur Communication Safety yang terhubung dengan aplikasi pesan atau Messages pada iPhone. Tujuan utama dari fitur ini adalah untuk memperingatkan anak-anak dan orang tua ketika konten negatif berupa foto masuk ke ponsel pintar. Selebihnya, Apple mengatakan bahwa fitur ini menggunakan perangkat mesin untuk menganalisis gambar yang terlampir pada aplikasi Messages.

3. Notification Summary yang didesain kembali

Fitur terakhir adalah didesain ulangnya Notifikasi Summary. Ketika pengguna mengetuk Summary, mereka bakal melihat semua notifikasi hanya dengan single card, beda dengan iOS versi sebelumnya dimana layar notifikasi berada pada card yang terpisah.

Fitur Notification Summary juga memberi kemudahan dalam membuat jadwal semua notifikasi yang tak ingin mereka lihat pada layar kunci. Apple juga menambahkan bahwa pengguna iOS 15.2 dapat mengurutkan notifikasi sesuai dengan relevan maupun prioritas masing-masing.