Brilio.net - Hampir di semua smartphone kini sudah terinstal dengan aplikasi media sosial Instagram (IG). Aplikasi ini begitu diminati lantaran selalu menghadirkan fitur-fitur menarik pada penggunanya. Selain fitur upload feed foto ataupun video ada pula Instagram Story yang hampir setiap hari ramai digunakan.

Sejak diluncurkan pada 2010 lalu, popularitas Instagram mengalami kenaikan. Bahkan Instagram dianggap sebagai salah satu aplikasi bisnis yang terbaik untuk berinteraksi dengan para konsumennya.

Dengan banyaknya online shop yang menggunakan aplikasi ini, juga membuat platform ini mengembangkan fitur untuk belanja. Para konsumen dengan mudah hanya mengklik postingan dapat langsung diarahkan ke situs penjual dan bisa membeli secara langsung.

Aplikasi yang lebih mengutamakan tampilan informasi visual dibandingkan teks ini memang menarik perhatian dengan format persegi yang nyaman untuk mata. Banyak penggunanya yang juga menggunakan aplikasi pihak ketiga demi menampilkan feed yang lebih menarik dan eye catching di akun mereka.

Bahkan aplikasi ini mampu menyaingi aplikasi yang lebih dulu rilis seperti Facebook dan juga Twitter. Di balik keunggulan yang dimiliki rupanya ada juga loh fitur-fitur yang salah satunya kurang diminati oleh penggunanya. Lebih-lebih fitur tersebut juga akhirnya dihapus Instagram.

Loading...

Lalu fitur apa saja yang kini dihapus? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, pada Senin (27/1).

1. Fitur following.

Fitur Instagram yang kini dihapus freepik.com

foto: pixabay.com

Pernah nggak, ketahuan memberikan likes atau komentar pada postingan seseorang? Ya dengan adanya fitur Following pada Instagram, semua teman yang memfollow akun kamu secara otomatis akan mengetahui akivitas yang kamu lakukan. Misalnya, mengetahui foto apa yang disuka, akun yang baru saja diikuti, hingga komentar yang telah kamu tuliskan di postingan seseorang.

Awalnya fitur tersebut dimaksudkan agar penggunanya dapat menemukan akun-akun baru yang bisa mereka ikuti melalui aktivitas teman-temannya di Instagram.

Kini fitur Following ini telah dihentikan oleh Instagram, tetapi sebagai penggantinya, Instagram telah memiliki fitur baru di halaman Explore di mana dalam tab itu disajikan dalam format lebih mudah diakses.

Fitur following ini memang tak begitu disadari oleh penggunanya, tapi bagi sebagian yang tahu, dengan dihapusnya aplikasi ini sangat memberikan manfaat.

Pasalnya aktivitas yang kamu lakukan lebih aman dan juga tidak tercatat di fitur Following. Sedangkan bagi mereka yang senang melakukan stalking, mungkin akan menjadi agak susah lantaran nggak bisa melihat aktivitas akun Instagram yang mereka ikuti.

2. Fitur like.

Fitur Instagram yang kini dihapus freepik.com

foto: freepik.com

Rasanya jika video ataupun foto yang kamu unggah belum mendapatkan likes, seperti ada yang kurang ya? Rupanya kini Instagram telah memberlakukan uji coba penghapusan fitur likes di beberapa negara, seperti Australia, Brasil, Kanada, Irlandia, Italia, Jepang, dan Selandia Baru. Hal ini dikarenakan untuk membuat pengguna lebih fokus mengispirasi konten visual dan teks pada caption.

Namun bagi para pebisnis, tentunya aplikasi Instagram ini sudah seperti lapak bagi mereka. Bahkan fitur likes juga menjadi salah satu yang sangat mendongkrak kemajuan dan perkembangan bisnis mereka.

Pasalnya dengan jumlah likes yang banyak akan menandakan, banyaknya interaksi dan juga minat terhadap produk yang mereka tawarkan. Nah, jika fitur tersebut dihilangkan secara otomatis juga akan memberikan dampak.

Untuk menyiasatinya, para pebisnis juga bisa memanfaatkan fitur Instagram Story di mana, di dalamnya telah terdapat fitur polling, tanya jawab, dan swipe up untuk menambah interaksi dengan pengunjung Instagram. Ada pula strategi lain yang dapat dilakukan yakni dengan melalui selebgram.

Umumnya selebgram telah memiliki pengikut yang banyak dan mampu memberikan pengaruh ke pengikutnya. Dengan beriklan dengan para selebgram, kamu juga perlu memperhatikan tulisan serta caption yang dapat memetik perhatian penontonnya.

3. Fitur IGTV.

Fitur Instagram yang kini dihapus freepik.com

foto: freepik.com

Instagram memang dikenal dengan aplikasi yang selalu memperbarui fitur-fitur di dalamnya. Salah satu fitur Instagram yang muncul pada Juni 2018 lalu ialah IGTV, yang memungkinkan pengguna mengunggah video berdurasi maksimal 1 jam.

Aplikasi tersebut juga masuk dalam feed profil pemiliki video tersebut. Sebenarnya peluncuran fitur IGTV diketahui untuk menyaingi YouTube yang dapat mengunggah video dengan durasi lama.

Namun, siapa sangka rupanya tombol IGTV kini telah dihapus Instagram. Alasannya pun karena fitur ini kurang diminati oleh pengguna alias minim pengguna yang mengklik aplikasi tersebut. Alasan lain mengapa aplikasi ini tidak digunakan, lantaran banyak dari orang yang enggan untuk membuka konten di IGTV.

Dulu jika kamu ingin membuka apalikasinya, makan tombol akan terdapat di sebelah kanan atas dan berwarna orange. Namun, bagi para pengguna yang tetap menginginkan video IGTV, masih dapat menemukan cuplikannya. IGTV masih dapat ditemukan di menu Explore dan feed Instagram.

RECOMMENDED BY EDITOR