Brilio.net - YouTube telah menjadi aplikasi yang tidak asing lagi di kalangan masyarakat dunia. Beragamnya fitur-fitur dalam aplikasi ini membuat penggunanya semakin bertambah. Seperti yang diketahui, YouTube adalah salah satu aplikasi media sosial untuk berbagi video. Dengan menggunakan YouTube, seseorang bisa membagikan momen-momen indahnya lewat video.

Untuk tetap menarik penggunanya, YouTube selalu hadir dengan inovasi-inovasi baru. Misalnya dari sisi penampilan maupun fitur-fitur menarik lainnya. Dari sinilah brilio.net mengangkat tema tentang fitur-fitur baru dari YouTube yang perlu kamu ketahui.

1. Bab Video (Video Chapters).

3 Fitur baru YouTube ini akan membuat pencarian videomu lebih baik berbagai sumber

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: Unsplash/@NordWood Themes

Fitur pertama adalah bab video atau yang dikenal dengan Video Chapters. Fitur ini merupakan tambahan terbaru pada halaman hasil pencarian di YouTube yang bertujuan mempermudah pembuat konten agar dapat membagi video mereka menjadi beberapa bagian. Dengan kata lain, video-video yang terunggah dapat dilihat pemirsa di bilah pencarian dan juga muncul di bawah deskripsi. Ini membantu pemirsa melompat ke bagian video yang paling disukai dan relevan bagi mereka.

Fitur ini sangat mirip dengan stempel waktu YouTube yang hanya muncul saat video diputar. Namun, dengan pembaruan ini, bab video akan muncul di halaman hasil pencarian sehingga pemirsa dapat memutuskan apakah akan menonton video atau tidak.

2. Cuplikan Video (Video Snippets).

3 Fitur baru YouTube ini akan membuat pencarian videomu lebih baik berbagai sumber

foto: Unsplash/@Charles Deluvio

Fitur pencarian YouTube selanjutnya adalah cuplikan video yang dirancang khusus bagi aplikasi seluler. Jadi ketika kamu mencari video, pencariannya akan menampilkan pratinjau kecil dari video saat kamu menggulirnya. Sama seperti di komputer atau laptop, YouTube juga sudah menampilkan pratinjau saat kamu mengarahkan kursor ke atasnya.

Fitur ini juga akan membantu pengguna dengan mudah melihat pratinjau berbagai video sehingga mereka dapat memutuskan untuk menonton apa yang mereka cari. Ini membantu mempermudah memutuskan apakah kamu akan memutar video atau tidak.

3. Caption, Deskripsi, dan Judul yang Diterjemahkan.

3 Fitur baru YouTube ini akan membuat pencarian videomu lebih baik berbagai sumber

foto: Unsplash/@Souvik Banerjee

Sekarang YouTube juga akan mulai menampilkan video dari bahasa lain ketika kamu mulai mencari sesuatu dan hasil pencarian dalam bahasamu tidak mencukupi. Menariknya, hasil dari bahasa lain ini akan muncul dengan terjemahan judul, keterangan, dan deskripsi secara otomatis.

Ini akan membantu pengguna untuk mengakses lebih banyak video dari pembuat bahasa lain. Untuk saat ini, hanya video berbahasa Inggris yang akan diterjemahkan ke bahasa lain dan muncul di hasil penelusuran. YouTube mengatakan akan segera menambahkan lebih banyak dukungan bahasa untuk fitur ini.

Berikutnya, YouTube juga menguji fitur baru yang akan menambahkan tautan situs web dari Google Penelusuran dengan hasil pencarian video. Saat ini, fitur eksperimental ini hanya tersedia di India dan Indonesia, tetapi YouTube juga akan memperluasnya ke wilayah lain. Fitur hasil penelusuran YouTube yang baru ini sedang diluncurkan secara global untuk pengguna desktop YouTube dan aplikasi YouTube.

(brl/far)

RECOMMENDED BY EDITOR