Brilio.net - Rasanya tak asing lagi bila mendengar persaingan antara perangkat lunak Apple iOS dengan ponsel bersoftware Android. Persaingan ketat antar sistem operasi ini menggiring mereka hingga saling intip fitur satu sama lain dari tahun ke tahun.

Tahun lalu, OS iPhone versi lawas iOS 14 menggunakan fitur yang mirip kepunyaan Android 11, yakni layar utama widgets, kumpulan aplikasi atau App libraries, hingga mode Picture-in-Picture. Tahun ini giliran Google dengan OS terbaru Android 12 yang terinspirasi fitur dari iOS.

Dihimpun brilio.net (26/10) dari berbagai sumber, berikut 3 fitur utama Android 12 yang mirip dengan fitur iOS:

1. Indikator privasi atau Privacy Indicators

3 Fitur baru utama Android 12 ini pinjam dari iOS © 2021 brilio.net

foto: petapixel dan gsmarena

Persamaan menonjol pengguna Android setelah menggunakan fitur baru dari Android 12 adalah miripnya Privacy Indicators dengan iOS. Diciptakan pertama kali oleh iOS 14, Privacy Indicators berfungsi pada penggunaan kamera dan mikrofon.

Namun, Google tak sepenuhnya meniru fitur dari iOS ini. Karena tiap salah satu aplikasi berjalan yang menggunakan kamera atau mikrofon, pengguna dapat menggeser ke bawah untuk memasuki quick settings dan ketuk pada ikon Microphone dan Camera untuk melihat aplikasi apa yang sedang menggunakannya.

2. Opsi perkiraan dan ketepatan lokasi

3 Fitur baru utama Android 12 ini pinjam dari iOS © 2021 brilio.net

foto: Android

Apple mengenalkan opsi di mana penggunanya dapat menjamin perkiraan lokasi yang sebagaimana kebanyakan aplikasi tak tahu lokasi tepat sang pengguna. Fitur ini sekarang telah diusung di Android 12. Pengguna dapat memilih opsi Precise dan Approximate ketika aplikasi tertentu menanyakan perizinan akses.

3. App Hibernation

3 Fitur baru utama Android 12 ini pinjam dari iOS © 2021 brilio.net

foto: XDA-Developers

Pada iOS 11, Apple mengenalkan fitur bernama "Offloads apps" di mana pengguna iPhone dapat membebaskan ruang memori internal dengan cara menghapus aplikasi tak terpakai selama beberapa bulan. Fitur serupa kini juga hadir di Android 12. Dengan metode kerja sama, fitur baru pinjaman iOS di Android 12 ini bernama App Hibernation.