Brilio.net - Mungkin bagi kamu yang bekerja di kantor, sudah tak asing dengan email. Email merupakan singkatan dari elektronik mail yakni surat atau pesan dengan format digital. Berbeda dengan zaman dulu, jika ingin mengirimkan dokumen surat-menyurat harus mengirimkan via pos menggunakan prangko. Kini melalui email semuanya menjadi mudah dan praktis.

Seakan email ini sudah menjadi akun yang dibutuhkan bagi setiap orang. Bahkan sudah menjadi salah satu identitas yang harus dimiliki seseorang karena menjadi penunjang kegiatan sehari-hari. Misalnya saja dalam urusan pekerjaan, seseorang akan dipermudah dengan pengiriman surat-menyurat seperti lampiran yang biasanya juga menyertakan CV.

Dengan adanya email semuanya akan lebih praktis. Penggunaan email yang gratis ini, pengguna juga mudah mengirimkan lampiran dalam berbagai format, misalnya saja pdf, RAR, Microsoft Word dan banyak lainnya.

Kini penyedia jasa email sendiri sudah banyak. Sebut saja seperti Hotmail dan Yahoo, namun hingga saat ini eksistensi dari Gmail sebagai penyedia jasa yang gratis tidak tertandingi. Hampir semua orang memiliki akun tersebut. Gmail memiliki kecepatan akses, fitur yang lebih lengkap serta unggul di tampilan. Namun, bagi orang yang yang belum pernah mengirim email, mungkin bisa membuat bingung, apalagi yang ingin menyertakan banyak dokumen atau lampiran.

Nah, untuk mengirim email ini dapat dilakukan melalui perangkat seperti komputer, laptop iOS maupun dengan Android. Semua media yang bisa mengakses internet, bisa juga kamu gunakan untuk mengirim email. Namun, khusus mengunakan smartphone kamu lebih mudah menggunakan gmail karena tak perlu login terlebih dahulu di website resminya.

Loading...

Yuk, langsung saja simak rangkuman brilio.net dari berbagai sumber tiga cara mengirim email beserta lampiran lewat Gmail dengan mudah, Senin (11/11).

1. Cara mengirim email melalui smartphone.

Untuk para pengguna smartphone ada dua cara yang bisa kamu gunakan untuk mengirim email melalui perangkat ini. Pertama yaitu melalui web resminya yang kedua menggunakan aplikasi Gmail pada smartphone. Namun lebih mudah dengan menggunakan aplikasi Gmail. Berikut langkah-langkahnya:

a. Pertama buka aplikasi Gmail pada smartphone kamu.

b. Klik ikon '+' di pojok kanan bawah.

 3 Cara mengirim email beserta lampiran lewat Gmail dengan mudah freepik.com

foto: brilio.net

c. Masukkan alamat yang dituju atau alamat penerima pada bagian 'Kepada'.

d. Isi baris 'Subjek' dengan judul email yang ingin kamu kirim.

 3 Cara mengirim email beserta lampiran lewat Gmail dengan mudah freepik.com

foto: brilio.net

d. Kamu bisa melampirkan file seperti foto, video dan banyak lainnya dengan cara klik ikon peniti di bagian kanan atas layar.

 3 Cara mengirim email beserta lampiran lewat Gmail dengan mudah freepik.com

foto: brilio.net

e. Jika semua dokumen sudah siap, kamu bisa mengirim email dengan mengklik ikon pesawat pada kertas di sebelah kanan atas. Dan pesan akan terkirim ke email tujuan.

2. Cara mengirim email lewat komputer atau laptop.

Cara kedua mengirim email yaitu melalui perangkat komputer ataupun laptop. Berikut langkah-langkah mengunakan Gmail untuk mengirim email.

a. Pertama log in ke akun Gmail terlebih dahulu.

 3 Cara mengirim email beserta lampiran lewat Gmail dengan mudah freepik.com

foto: brilio.net

b. Kemudian pilih tombol 'Compose' di samping kiri.

 3 Cara mengirim email beserta lampiran lewat Gmail dengan mudah freepik.com

foto: brilio.net

c. Akan muncul jendela kecil di bagian kanan bawah browser kamu.

d. Isilah kolom 'To' dengan alamat email yang dituju. kamu juga bisa menambahkan penerima lainnya dengan 'Cc' dan 'Bcc'.

e. Tulis judul pesan email yang akan kamu kirim di kolom 'Subject'.

f. Lalu klik tombol 'Send' untuk mengirim.

Sampai di sini kamu sudah dapat mengirimkan email ke alamat yang kamu tuliskan tadi. Email yang berhasil dikirim biasanya ada notifikasi singkat di atas bagian tengah yang mengatakan bahwa pesan kamu berhasil dikirim. Biasanya pesan akan gagal dikirim jika salah memasukkan alamat email yang dituju. Kamu bisa mengirim ulang dengan alamat yang benar.

3. Cara mengirim email di Gmail beserta lampiran.

Jika kamu ingin mengirim dokumen ataupun file dengan jumlah yang banyak sebaiknya dikompres atau diperkecil ukuran file-nya terlebih dahulu. Baik berisi dokumen word, excel, power point, gambar maupun video agar email yang dikirim tidak melebihi ukuran maksimal email yaitu 25 MB. Caranya pun masih sama dengan langkah-langkah di atas, berikut tutorialnya:

a. Pertama login Gmail dahulu.

b. Kemudian klik tombol 'Compose'.

c. Maka akan muncul jendela kecil di pojok kanan bawah pada browser kamu.

d. Isi kolom 'To' untuk alamat email yang kamu tuju.

e. Isi juga kolom 'Subject' dengan judul pesan yang dikirim.

f. Setelah mengisi form email, kamu akan melihat di bagian bawah terdapat berbagai ikon yang bisa kamu masukkan di dalam pesan. Mulai dari edit teks, link lampiran, file, emoji, gift, google drive dan lainnya, kamu bisa memilih sesuai kebutuhan.

 3 Cara mengirim email beserta lampiran lewat Gmail dengan mudah freepik.com

foto: brilio.net

g. Klik ikon 'Klip' atau 'Attach File' untuk mengambil dokumen yang ingin dilampirkan. Carilah file yang ingin kamu kirim lalu klik 'Open'.

 3 Cara mengirim email beserta lampiran lewat Gmail dengan mudah freepik.com

foto: brilio.net

h. Tunggu beberapa saat hingga email selesai diunggah. Setelah selesai klik 'kirim' atau 'Send'.

i. Nah sampai di sini kamu sudah berhasil mengirim pesan Gmail lengkap beserta lampirannya.

RECOMMENDED BY EDITOR