Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Gadget
Lola Lolita (brl/red)

25 Juni 2019 07:01

3 Cara mengatasi flashdisk tak terbaca, mudah dipraktikan

Masalah kebanyakan pemilik flashdisk yang bikin pusing. .

3 Cara mengatasi flashdisk tak terbaca, mudah dipraktikan

View Image



foto: betanews.com

Brilio.net - Flashdisk tentunya menjadi barang yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Apalagi jika kegiatan sehari-hari adalah berkirim data dari satu komputer ke komputer lainnya. Flashdisk sendiri bukan barang langka yang susah ditemui, orang dengan mudah bisa memilikinya.

Penggunaan flashdisk tak lepas dari beberapa masalah. Salah satunya yang cukup memusingkan adalah ketika data penting yang tersimpan di flashdisk tidak bisa dibuka. Bagi kamu yang mengalami hal tersebut, jangan khawatit karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Seperti apa?

Berikut lansiran brilio.net dari liputan6.com pada Selasa (25/6).

1. Cek kondisi fisik perangkat.

Tekadang tanpa kita sadari bahwa flashdisk dalam keadaan tidak bersih. Port USB dan konektor flashdisk yang kotor bisa jadi penyebab flashdiskmu tidak terbaca. Oleh karenanya, cek terlebih dahulu apakah perangkat sudah bersih atau belum.

Loading...

Kamu bisa membersihkan dengan kuas pembersih. Untuk bagian lempengan kuningannya, bersihkan dengan karet penghapus.

2. Cek driver USB.

a © 2019 brilio.net

foto: unsplash/brina_blum

Jika data tak bisa kebaca, cek driver USB karena bisa saja flashdisk sudah terhubung ke PC atau laptop. Coba kamu masuk ke Control Panel, pilih Device Manager, lalu pilih Universal Serial Bus controllers. Lihat USB Mass Storage Device, jika ada tanda peringatan kuning maka dipastikan driver USB kamu bermasalah.

Jika masih mengalami masalah, instal ulang lagi driver USB di laptopmu. Caranya, cukup klik kanan di USB Mass Storage Device, klik Uninstall device, klik Uninstall pada pop-up peringatan lalu cabut flashdisk dan colokkan kembali. Coba juga restart PC atau komputermu.

3. Cek status flashdisk dengan command prompt.

Command prompt juga bisa membantu kamu mengecek status flashdisk. Caranya, buka command prompt dengan mengklik logo Windows, lalu ketik command prompt.

Jika sudah muncul jendela hitam, ketik perintah chkdsk G:, ubah huruf G dengan huruf yang sesuai dengan apa yang ditampilkan flashdisk pada PC atau laptop, misalnya F, D dan lainnya.

Tekan Enter. Kemudian, cek apa yang ditampilkan perintah command prompt tersebut. Kalau flashdiskmu bermasalah, akan ada pemberitahuan kalau Windows menemukan error, dan sebagainya.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Brilio News Gadget Kapasitas Flashdisk Flashdisk Komputer Penyimpan File
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE