Brilio.net - Ponsel Android merupakan produk smartphone yang paling banyak diminati di dunia, termasuk di Indonesia. Masyarakat seolah tak bisa lepas dari yang namanya Android. Android memang jadi alat yang punya banyak manfaat untuk menunjang segala keperluan. Selain harganya yang terjangkau, ponsel Android juga sangat mudah digunakan dengan berbagai fitur canggih dan tampilan yang elegan. Salah satu fitur yang penting dalam smartphone Android adalah Google PlayStore.

Google PlayStore adalah salah satu aplikasi yang wajib ada di ponsel Android. PlayStore pada umumnya sudah jadi bawaan dari ponsel Android. Google PlayStore adalah gerbang atau pintu utama untuk mengunduh ribuan aplikasi untuk Android.

PlayStore sebelumnya dikenal dengan nama Android Market. Kini toko aplikasi resmi Google di Android ini memiliki banyak penawaran. Nggak cuma aplikasi, ada penawaran seperti buku online, majalah, film, musik, dan lain-lain.

Kamu bisa dengan mudah mengunduh dan memperbarui aplikasi melalui PlayStore. Tapi ada kalanya saat kamu ingin memperbarui aplikasi, PlayStore tak bisa mengakses. Ketidakmampuan PlayStore di HP ternyata karena butuh di-update ke versi terbaru.

PlayStore juga tergolong aplikasi yang dikeluarkan oleh perusahaan Google. Jadi sama seperti aplikasi lainnya, PlayStore juga bisa kedaluarsa. Mau nggak mau, kamu harus segera mengatasi masalah ini.

Loading...

Sayangnya berbeda dengan aplikasi yang sudah kamu unduh di PlayStore yang bisa memperbarui secara otomatis, PlayStore sendiri tidak bisa secara otomatis berubah ke versi terbaru. Kamu bisa memperbarui PlayStore ke versi terbaru di Android dengan beberapa cara.

Cara memperbarui PlayStore terdapat dua langkah, yakni manual dan menggunakan aplikasi (APK). Aplikasi tersebut diunduh lewat Google PlayStore atau biasa disebut APK luar.

Nah, berikut ini cara memperbarui PlayStore di Android dengan mudah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (15/11).

Memperbarui PlayStore langsung dari pengaturan.

3 Cara memperbarui PlayStore ke versi terbaru di Android guidingtech

foto: guidingtech.com

1. Buka aplikasi PlayStore di ponsel. Lalu ketuk atau pilih menu horizontal tiga baris di sudut kiri atas.

2. Dari menu pilihan tersebut, ketuk atau klik 'Pengaturan'.

3. Pada halaman 'Pengaturan', gulir atau scroll ke bawah lalu pilih menu 'versi PlayStore'.

4. Jika pembaruan tersedia, PlayStore akan mulai memperbarui secara otomatis. Jika PlayStore tidak menemukan versi baru, kamu akan menerima notifikasi yang mengatakan, ‘Google PlayStore terbaru'.

Memperbarui PlayStore dengan paksa.

3 Cara memperbarui PlayStore ke versi terbaru di Android guidingtech

foto: guidingtech.com

Cara lain untuk 'memaksa' PlayStore memperbarui secara otomatis adalah dengan menghapus data. Ketika kamu melakukan itu, Google akan secara otomatis memeriksa pembaruan terbaru. Untuk menghapus data PlayStore, ikuti langkah-langkah ini.

1. Buka pengaturan perangkat, baik dari menu cepat atau dengan mengetuk ikon 'pengaturan'.

2. Ketuk Aplikasi atau Manajer Aplikasi atau bisa juga aplikasi yang diinstal, tergantung format penulisan pada ponsel yang kamu gunakan.

3. Kemudian cari di bagian semua aplikasi yang ada, cari Google PlayStore. Ketuk atau klik ikon itu.

4. Pada Info aplikasi Google PlayStore, ketuk Penyimpanan. Pada layar Storage, tekan Clear Storage atau Clear Data.

5. Restart atau matikan lalu nyalakan lagi perangkatmu. Tunggu selama 2-3 menit untuk membiarkan PlayStore memperbarui sendiri secara otomatis.

Memperbarui PlayStore menggunakan aplikasi.

3 Cara memperbarui PlayStore ke versi terbaru di Android guidingtech

foto: guidingtech.com

Jika kedua metode di atas tidak berfungsi, kamu dapat menginstal APK PlayStore terbaru secara manual untuk memperbaruinya. Inilah yang perlu kamu lakukan.

1. Berikan izin untuk menginstal aplikasi yang tidak dikenal. Izin tersebut digunakan untuk membuka akses aplikasi yang akan digunakan. Hal tersebut dilakukan guna memperbarui PlayStore dari eksternal.

2. Instal file APK di perangkat Pra-Oreo (Nougat, Marshmallow, dan lain sebagainya). Ketuk pada pengaturan perangkat lalu pergi ke bagian keamanan atau privasi.

3. Pada layar cari sumber tidak dikenal. Aktifkan. Konfirmasi pada pop up.

4. Instal File APK di Oreo dan Android P. Ketuk pada pengaturan perangkat dan pergi ke aplikasi dan pemberitahuan.

5. Pada layar aplikasi dan pemberitahuan, ketuk atau pilih pada akses aplikasi khusus. Kemudian pilih instal aplikasi yang tidak dikenal.

6. Ketuk 'Chrome' jika kamu akan mengunduh file APK dari browser Chrome, jika tidak ketuk browser yang ingin kamu gunakan. Pada layar berikutnya, aktifkan sakelar untuk ‘Izinkan dari sumber ini’.

7. Temukan APK PlayStore terbaru. Situs web APKMirror tercinta memiliki banyak koleksi file APK termasuk PlayStore. Mereka terus menambahkan file terbaru ke koleksi mereka.

8. Kamu harus mengunduh file APK PlayStore terbaru dari website tersebut. Buka tautan dan klik pada versi terbaru. Kemudian di halaman berikutnya, gulir atau scroll ke bawah dan di bawah bagian Unduh, unduh file yang sesuai untuk perangkat Android.

9. Instal APK. Setelah mengunduh file APK dan memberikan izin yang diperlukan, ketuk file APK untuk menginstalnya. Hanya itu yang perlu kamu lakukan.

RECOMMENDED BY EDITOR