Brilio.net - Media sosial Instagram hampir pasti menjadi salah satu aplikasi yang terdapat di smartphone banyak orang. Platform atau layanan untuk mengunggah konten berupa foto ini telah diunduh lebih dari satu miliar pengguna di dunia.

Seiring berjalannya waktu, Instagram mengekspansi fitur-fiturnya untuk mengikuti pengembangan zaman. Adapun fitur-fitur Instagram seperti:

1. Dapat meng-upload konten berupa video di feed.

2. Terdapat fitur IGTV agar pengguna dapat mengunggah video dengan durasi lebih panjang.

3. Terdapat fitur Insight untuk Reels dan Video.

4. Serta adanya fitur Instagram Stories.

Nah bagi kamu pengguna Instagram, tentu sudah tak asing lagi kan mendengar Instagram Stories? Instagram Stories dapat digunakan untuk menampilkan foto maupun video pada waktu tertentu. Dengan durasi selama 24 jam, foto atau video tersebut akan secara otomatis terhapus, sehingga para followers kamu tidak bisa lagi melihat story yang kamu unggah tadi.

Sebelum mengunggah story, pengguna dapat mengedit foto atau video yang hendak di-upload berupa filter untuk mempercantik hasil story. Sebagai informasi, Instagram telah menyajikan beragam filter besutannya dan dari beberapa filter kreator. Filter tersebut dapat kamu cari di bawah layar yang bersebelahan dengan tombol "Shutter."

Nah jika kamu masih kebingungan caranya, berikut brilio.net ulas cara download filter Instagram Stories, dikutip dari berbagai sumber, Kamis (3/2).

1. Cara download filter Instagram Story melalui kolom pencarian

Cara yang pertama, kamu bisa mengetahui cara download filter Instagram Story melalui kolom pencarian. Caranya nggak ribet. Untuk lebih lengkapnya, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi Instagram.

2. Buka Instagram Stories.

3. Pada deretan koleksi filter, geser ke kiri sampai menemukan ikon pencarian > Klik ikon tersebut.

4. Cari filter yang kamu minat. Untuk mempermudah, pilih tab kategori filter untuk mencari filter yang cocok untuk kamu.

5. Bila sudah mendapatkan filter yang pas, klik Try It untuk mencoba.

6. Bila dirasa cocok, klik Unduh yang berada di kanan bawah layar untuk mengunduh atau menyimpan filter tersebut.

2. Cara download filter Instagram Story melalui unggahan story orang lain

Cara download filter Instagram Story bisa dilakukan semudah melalui unggahan story orang lain. Cara ini cukup ampuh bagi kamu yang sedang scrolling stories teman-teman kamu dan merasa filter tersebut sesuai dengan selera. Untuk lebih detailnya, silakan simak langkahnya sebagai berikut:

1. Buka aplikasi Instagram.

2. Klik salah satu Instagram story teman kamu.

3. Kemudian ketuk nama kreator filter di bagian atas, tepatnya di bawah username.

4. Ketuk Try It untuk mencoba.

5. Bila dirasa cocok, klik opsi Save Effect. Selesai, filter telah tersimpan di koleksi filter Instagram Story kamu.

3. Cara download filter Instagram Story dari Instagram Story kreator

Yang terakhir, kamu bisa melakukan cara download filter Instagram Story dari Instagram Story kreator. Cara yang terakhir ini ampuh bagi kamu yang ingat kreator filter favorit. Nah untuk cara download atau menyimpannya, silakan simak step-step berikut:

1. Buka aplikasi Instagram.

2. Buka langsung profil kreator filter Instagram.

3. Carilah tombol filter di sebelah ikon Tagging.

4. Pilihlah filter sesuai dengan selera kamu.

5. Bila dirasa ada yang cocok, klik opsi Save Effect. Selesai, filter telah tersimpan di koleksi filter Instagram Story kamu.

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/pep)