Brilio.net - Setelah melakukan vaksinasi, masyarakat akan mendapatkan kartu sertifikat vaksin. Sertifikat ini bisa didapatkan melalui aplikasi atau situs resmi Peduli Lindungi. Namun, sayangnya tak semua orang melek akan teknologi dan bisa mengaksesnya.

Padahal, saat ini sertifikat vaksin menjadi dokumen penting bagi masyarakat. Mengingat sertifikat ini menjadi syarat utama pada beberapa sektor. Misalnya untuk bepergian dengan pesawat atau kereta, masuk mall, hingga saat memasuki kawasan wisata.

Oleh karena itu, bagi kamu yang sudah melakukan suntik vaksin Covid-19 tapi belum memiliki sertifikat, sebaiknya langsung segera mengurusnya. Sebab, penggunaan sertifikat vaksin Covid-19 masih sangat dibutuhkan. Jika sudah menjalani dua tahap vaksinasi Covid-19, maka ada dua sertifikat yang akan diberikan.

Pemerintah menganjurkan untuk melakukan cek dan unduh sertifikat vaksin melalui Peduli Lindungi.id. Namun, jika ingin lebih sederhana sertifikat vaksin bisa diakses melalui aplikasi Peduli Lindungi. Untuk menjaga keamanan informasi pribadi, masyarakat juga dianjurkan cukup download atau menunjukan sertifikat vaksin jika dibutuhkan tanpa harus mencetak sertifikat vaksin.

Lantas, bagaimana cara cek sertifikat vaksin? Berikut brilio.net rangkum 3 cara cek sertifikat vaksin pakai dan tanpa aplikasi dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (01/12). Dijamin mudah dan praktis!

1. Melalui Situs pedulilindungi.id.

Cara cek sertifikat vaksin pakai dan tanpa aplikasi © berbagai sumber

foto: pedulilindungi.id

Jika tak memiliki aplikasi Peduli Lindungi, kamu bisa mengecek atau mengunduh sertifikat vaksin lewat situs pedulilindungi.id. Disana akan ditampilkan beberapa fitur dan informasi seputar vaksinasi Covid-19. Nah, berikut beberapa cara mudah untuk mengecek sertifikat vaksin lewat situs https://www.pedulilindungi.id/.

a. Buka situs https://pedulilindungi.id/

b. Isi nama lengkap dan nomor induk kependudukan (NIK) sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).

c. Centang kolom captcha yang tertulis 'I'm not a robot'.

d. Selanjutnya, klik kolom 'Periksa'.

e. Setelah beberapa menit status vaksin COVID-19 akan muncul.

Jika kamu telah divaksin, maka sertifikat vaksin secara otomatis termuat dalam sistem. Namun jika belum, kamu bisa menunggu 7-10 hari setelah vaksin. Jika memerlukan bantuan, hubungi CALL CENTER 119 dengan extension 9.

2. Melalui aplikasi Peduli Lindungi.

Cara cek sertifikat vaksin pakai dan tanpa aplikasi © berbagai sumber

foto: Instagram/@pedulilindungi.id

Cara sek sertifikat vaksin lainnya dengan melalui aplikasi Peduli Lindungi. Aplikasi ini bisa diakses baik dari sistem Android maupun iOS. Berikut langkah-langkah praktisnya:

a. Unduh terlebih dahulu aplikasi Peduli Lindungi di App Store atau Play Store.

b. Buka aplikasi Peduli Lindungi dan aktifkan lokasi (GPS).

c. Lalu, pilih register apabila belum memiliki akun. Namun, jika sudah klik kolom Login.

d. Lengkapi formulir data diri seperti nama lengkap, NIK, dan nomor telepon.

e. Selanjutnya, cek kode verifikasi yang dikirimkan via SMS.

f. Jika sudah mendapatkan kode, isi pada kolom yang tertera.

g. Klik nama pada pojok kanan atas layar.

h. Tekan sertifikat vaksin. Jika ingin ditampilkan, klik menu sertifikat vaksin.

i. Proses pengunduhan pun dapat dilakukan.

3. Melalui SMS.

Cara cek sertifikat vaksin pakai dan tanpa aplikasi © berbagai sumber

foto: freepik.com

Setelah melakukan vaksinasi, biasanya kamu akan mendapatkan SMS dari nomor 1199. Pada pesan tersebut tertera link untuk melihat bukti sertifikat vaksin baik pertama ataupun kedua. Disana juga ditampilkan nama lengkap, nomor NIK, nomor tiket vaksin, dan jadwal vaksin dosis kedua lengkap dengan tanggal serta lokasi vaksinasi. Nah, berikut cara mudah cek sertifikat vaksin melalui SMS.

a. Setelah mendapatkan pesan dari 1199, klik link yang tercantum dalam SMS tersebut.

b. Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke situs pedulilindungi.id.

c. Masukkan email atau nomor telepon.

d. Centang kolom 'I'm not robot', lalu klik Login. Jika belum memiliki akun, klik kolom Daftar pada bagian bawah formulir.

d. Masukkan kode verifikasi yang sudah masuk di email atau SMS.

f. Klik tombol Verifikasi. Tunggu beberapa menit hingga muncul sertifikat vaksin.

g. Klik kolom Unduh, untuk menyimpan sertifikat vaksin di galeri smartphone.