Brilio.net - Bagi kamu pengguna Windows 10 dan ingin menggunakannya secara optimal, maka kamu harus menginstal Windows 10 yang asli. Saat ini Microsoft telah mempermudah dan melakukan kerja yang cukup optimal dengan membuat Windows 10, sistem operasi PC yang kini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Setelah menginstal Windows 10 di komputer, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu mengaktifkannya.

Dilansir brilio.net dari windowscentral.com, perusahaan telah memberikan kebijakan agar mempermudah siapa pun yang ingin menggunakan Windows 10. Jika sudah memiliki lisensi Windows 7 dan 8, maka kamu dengan mudah bisa upgrade ke Windows 10 secara gratis.

Perusahaan Microsoft juga memberikan keuntungan lainnya, yakni mereka membuatkan Windows 10 versi demo yang bisa kamu gunakan secara gratis. Namun tak semua fitur bisa kamu gunakan. Meski begitu, sistem kerja Windows 10 versi demo ini dapat bekerja secara optimal.

Agar bisa segera kamu praktikkan, berikut brilio.net rangkum sembilan cara untuk mengaktifkan Windows 10, seperti dilansir dari microsoft.com dan sumber lainnya pada Jumat (30/7).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Memeriksa status aktivasi.

Cara aktivasi Windows 10 © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Sebelum kamu melakukan proses aktivasi, terlebih dahulu kamu harus mengecek Windows 10 sudah diaktivasi dan sudah terhubung dengan akun Microsoft atau belum. Cara mengeceknya cukup mudah, tekan tombol dengan logo Microsoft. Kemudian pilih menu Settings, Update & Security dan pilih opsi Activation. Status aktivasi bisa dilihat di bagian Activation.

Jika di sana tertuliskan 'Windows is not activated', itu tandanya status Windows 10 kamu belum diaktivasi. Kamu akan disarankan untuk membeli lisensi Windows 10 untuk aktivasi.

2. Metode aktivasi.

Cara aktivasi Windows 10 © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Selanjutnya, jika kamu ingin melakukan aktivasi Windows 10, maka yang diperlukan adalah lisensi digital atau product key yang terdiri dari 25 karakter. Tanpa keduanya, kamu akan kesulitan untuk melakukan aktivasi.

Jangan khawatir, kamu bisa mendapatkan product key di dalam kemasan disk Windows 10 ketika kamu membeli. Jika kamu membeli secara online, maka kode product key akan dikirim melalui email.

3. Aktivasi Windows 10.

Cara aktivasi Windows 10 © berbagai sumber

foto: depositphotos.com

Jika telah menggunakan lisensi digital, kamu tidak akan kerepotan melakukan aktivasi. Hal ini lantaran lisensi sudah terikat dengan hardware dan akun Microsoft. Cukup nyalakan komputer atau laptop, lalu hubungan dengan internet, dan login ke akun Microsoft.

Cara lain yang bisa kamu lakukan jika tidak memiliki lisensi digital, yakni dengan product key. Caranya sama dengan ketika kamu hendak mengecek status aktivasi. Settings, Update & Security dan pilih opsi Activation. Status aktivasi bisa dilihat di bagian Activation.

Kemudian pilih opsi update product key, pilih opsi change product key lalu masukkan product key yang ada di disk atau di email. Klik Next dan tunggu karena proses aktivasi sedang berlangsung.

Kamu harus benar-benar memastikan saat proses berlangsung, koneksi internet telah terhubung dengan baik. Setelah proses aktivasi selesai, kamu akan melihat notifikasi bahwa Windows 10 telah diaktivasi, kemudian tinggal klik Close. Selesai.

4. Menggunakan Command Prompt (CMD).

Cara aktivasi Windows 10 © berbagai sumber

foto: freecodecamp.org

Namun jika tidak memiliki product key, kamu tidak perlu khawatir. Kamu tetap bisa mengaktifkan Windows 10 meskipun dengan menggunakan beragam cara. Salah satunya dengan menggunakan CMD.

Jika pada laptop atau komputer kamu terinstal software Smadav, pilih opsi enable Windows Script Host terlebih dahulu. Hal ini dilakukan karena Smadav akan melarang untuk menjalankan Windows Script Host sehingga perintah yang dimasukkan nantinya tidak bisa dijalankan.

Jika sudah tidak ada masalah, langsung saja kamu aktivasi Windows 10 dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

a. Buka CMD, lalu jalankan sebagai administrator (Run as administrator).

b. Pada jendela User Account Control yang terbuka, klik Yes sebagai administrator.

c. Jika jendela Command Prompt terbuka, bersihkan product key di Windows 10 yang digunakan terlebih dahulu. Caranya ketik perintah slmgr/upk dan slmgr/cpky > Enter > klik Ok untuk menutupnya.

d. Kemudian ketik perintah slmgr /ipk (product key), lalu tekan Enter.

e. Ganti (product key) menjadi salah satu product key di bawah ini. Sesuaikan dengan jenis Windows 10 yang digunakan.

- Home: TX9XD-98N7V-6WMQ6-BX7FG-H8Q99

- Home Country Specific: PVMJN-6DFY6-9CCP6-7BKTT-D3WVR

- Home Single Language: 7HNRX-D7KGG-3K4RQ-4WPJ4-YTDFH

- Home N: 3KHY7-WNT83-DGQKR-F7HPR-844BM

- Education: NW6C2-QMPVW-D7KKK-3GKT6-VCFB2

- Education N: 2WH4N-8QGBV-H22JP-CT43Q-MDWWJ

- Pro: W269N-WFGWX-YVC9B-4J6C9-T83GX

- Pro N: MH37W-N47XK-V7XM9-C7227-GCQG9

f. Setelah berhasil akan muncul keterangan Installer product key successfully, klik Ok.

g. Terakhir, ketik perintah slmgr /ato, klik Enter. Setelah aktivasi sukses akan muncul keterangan Product activated successfully, lalu klik Ok.

5. Menggunakan software aktivator KMSPico.

Cara aktivasi Windows 10 © berbagai sumber

foto: officiall-kmspico.com

Salah satu software aktivator Windows yang cukup populer yaitu KMSPico. Sudah banyak pengguna windows 10 yang berhasil mengaktifkan windows mereka menggunakan bantuan dari software ini tanpa product key. Cara ini bisa kamu lakukan untuk mengaktivasi Windows 10 edisi Home, Pro, maupun Enterprise.

Seperti apa caranya? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

a. Download software aktivator KMSPico.

b. Jika selesai diunduh, ekstrak file.

c. Klik kanan KMSpico, pilih Run as Administrator.

d. Tunggu aktivasi windows 10 hingga selesai.

e. Jika muncul pemberitahuan suara complete, tandanya Windows 10 telah aktif.

6. Menggunakan KMS Auto Lite.

Cara aktivasi Windows 10 © berbagai sumber

foto: kms-auto.site

Software aktivator lainnya bernama KMS Auto Lite. Software activator Windows 10 ini juga cukup populer selain KMSPico. Kamu pun bisa menggunakan software ini untuk aktivasi microsoft office tanpa product key.

Cara penggunaan KMS Auto Lite ini tergolong mudah dan mampu digunakan pada edisi Windows 10 Pro, Enterprise, maupun Home Single Language edition. Perlu diperhatikan bahwa setelah berhasil mengaktifkan Windows 10, maka kamu harus restart laptop atau komputer kamu. Berikut langkah-langkah aktivasi Windows 10 melalui KMS Auto Lite.

a. Download software activator KMS Auto Lite di link https://kms-auto.site/kmsauto-lite-1-5-6-portable/.

b. Ekstrak file pada file ZIP tersebut.

c. Pilih folder KMS Auto X64 untuk Windows 10 64 bit, atau folder KMS Auto untuk 32 bit.

d. Klik kanan, jalankan KMSAuto.exe klik Run as administrator.

e. Pilih opsi Install GVLK.

f. Centang kotak Forcibly, lalu klik tombol Windows key.

g. Pilih opsi Activation, kemudian klik tombol Activate Windows, selesai.

7. Menggunakan software aktivator KMSAuto Net.

Cara aktivasi Windows 10 © berbagai sumber

foto: kmsauto.org

Jika masih bingung dengan penggunaan software aktivator di atas, kamu juga bisa melakukan aktivasi Windows 10 dengan aktivator KMSAuto Net. Bahkan software ini juga bisa melakukan aktivasi produk dari microsoft office lain tanpa product key.

Menariknya lagi, KMSAuto Net juga menawarkan fitur schedule activator windows. Jika kamu mengaktifkan fitur ini, maka Windows 10 akan tetap aktif secara permanen. Aplikasi ini mampu mengaktivasi Windows 10 di edisi Home, Pro, Enterprise dan bahkan Education. Berikut cara aktivasi Windows 10 dengan menggunakan KMSAuto Net.

a. Unduh KMSAuto Net aktivator Windows 10 di link ini https://kmsauto.org/.

b. Ekstrak file untuk membuka KMSAuto Net.

c. Klik kanan KMSAuto Net, pilih Run as Administrator.

d. Di jendela utama, klik tombol Activate.

e. Pilih produk yang ingin di aktivasi, Windows atau Microsoft Office.

f. Tunggu proses aktivasi hingga selesai.

Cara-cara di atas adalah legal alias bukan crack, jadi kamu tidak perlu khawatir. Pastikan untuk tidak melakukan dengan cara ilegal, karena dapat merugikan beberapa pihak yang telah bekerja keras dalam mengembangkan produk mereka.

(brl/guf)

RECOMMENDED BY EDITOR