Brilio.net - Pokemon Go dalam beberapa hari belakangan menjadi bahan perbincangan hangat di kalangan pecinta game dunia. Para gamer ramai-ramai mengunduh permainan ini dan memainkannya dengan berjalan dari satu tempat ke tempat lain untuk berburu monster. Selain mengasyikkan, game ini diklaim memiliki banyak manfaat, salah satunya meningkatkan kesehatan.

Kendati demikian, game ini juga memiliki risiko bahaya yang tidak sedikit. Tak jarang, para pemburu monster harus terjebak dalam situasi yang kurang menguntungkan, seperti jatuh ke dalam selokan, mengalami kecelakaan lalu lintas, atau masuk ke dalam rumah orang tanpa izin karena terlalu asyik menatap layar ponsel mereka.

Nah, sebelum kamu memainkan game ini, sebaiknya kamu pahami dulu berbagai potensi bahaya yang bakal kamu hadapi saat memainkan Pokemon Go. Dilansir brilio.net dari screenrant, Kamis (14/7), berikut bahaya yang mengintai kalau kamu kecanduan Pokemon Go.


1. Terluka.

Tak lama setelah game ini dirilis, ada laporan yang menyebut banyak pemain game Pokemon Go mengalami cedera dan luka-luka karena jatuh ke dalam got, keseleo, atau menabrak tiang. Nah, agar kamu tetap aman saat bermain Pokemon Go, usahakan untuk tidak terlalu terpaku dengan layar smartphone-mu.

2. Penjambretan.

Karena kamu terlalu asyik menatap layar ponselmu, kamu pun kurang waspada terhadap lingkungan di sekitar. Padahal, tak jarang lokasi perburuan monster berada di tempat yang sepi. Apalagi jika ada orang yang berniat jahat terhadapmu. Dalam sekejap mereka bisa menjambret ponsel atau barang berharga milikmu.

3. Tempat berbahaya.

Seorang pemain Pokemon Go dikabarkan pernah menemukan bangkai manusia saat berburu monster. Kejadian tersebut sontak membuat orang itu trauma berat. Ia tidak menyangka jika aksi perburuannya malah mengarahkannya ke tempat berbahaya.

4. Kehilangan pekerjaan.

Bermain Pokemon Go seringkali membuat pemainnya lupa waktu. Rutinitas keseharian bisa menjadi berantakan gara-gara terlalu asyik memainkan game ini. Dan bukan tidak mungkin, kamu bisa kehilangan pekerjaanmu karena lebih mementingkan berburu monster ketimbang bekerja.

5. Kecelakaan lalu lintas.

Berburu monster menggunakan kendaraan bukanlah cara yang aman. Meski terbilang lebih cepat dibanding jalan kaki, cara ini dianggap berbahaya karena bisa berisiko mengalami tabrakan dengan pengguna jalan lain.

6. Konflik dengan orang lain.

Saat kamu berburu monster, bukan tidak mungkin kamu akan mencarinya di tempat yang belum pernah kamu kunjungi. Di tempat tersebut, kamu akan bertemu dengan orang lain yang mencurigai gerak-gerikmu. Kalau mereka tidak tahu game yang kamu mainkan, mereka mungkin akan memarahimu karena menganggap dirimu mengganggu kenyamanannya.

7. Hubungan asmara yang terganggu.

Memiliki hobi yang sama dengan pasangan mungkin bakal terasa mengasyikkan. Tapi apa jadinya jika pacarmu tidak menyukai game Pokemon Go dan menganggapnya cuma buang-buang waktu saja? Bisa jadi kamu bakal diputusin sama si doi gara-gara kamu tak lagi punya waktu untuknya. Duh!

8. Baterai smartphone jadi boros.

Aplikasi Pokemon Go terbukti banyak menyedot daya baterai. Selain terkoneksi dengan internet, game ini juga menjalankan aplikasi GPS. Nah, buat kamu yang tak ingin terganggu hanya karena masalah baterai, usahakan membawa power bank saat berburu monster.

9. Mengganggu kenyamanan publik.

Dalam game ini, tempat-tempat publik biasanya dijadikan gym untuk mengadu monster mereka. Berkumpulnya para pemain Pokemon Go di tempat umum bisa menimbulkan kegaduhan dan mengganggu kenyamanan masyarakat.

10. Virus.

Game Pokemon Go sebenarnya belum dirilis di semua negara. Itu artinya, tidak semua orang bisa memainkan game ini. Imbasnya, banyak orang yang penasaran kemudian mengunduhnya secara ilegal. Cara ini sangatlah berisiko karena bisa membawa virus dan masuk ke perangkat gadgetmu.


Tuh, yakin masih mainan Pokemon Go terus? Ngegame boleh, tapi jangan membahayakan keselamatanmu dan orang lain ya guys.. Cek bahaya selanjutnya.. KLIK NEXT

2 dari 2 halaman




11. Jadi pusat perhatian.

Selain meningkatkan kesehatan dengan berjalan-jalan, bermain Pokemon Go juga bisa menambah banyak teman. Namun di sisi lain, kamu bisa menjadi sorotan banyak orang di tempat umum.

12. Kaki lecet.

Saat memainkan game ini, tak jarang kamu harus berjalan sepanjang 10 km untuk menemukan telur atau monster idaman. Saking asyiknya bermain, kamu mungkin tak sadar kondisi kakimu mengalami pembengkakan atau lecet-lecet.

13. Kuota data cepat habis.

Aplikasi Pokemon Go membutuhkan banyak kuota data. Di sisi lain, kamu tidak bisa menggunakan WiFi karena harus bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Jadi, kalau kamu mau sukses memainkan game ini, siapkan dana untuk membeli kuota secara berkala.

14. Biaya tambahan.

Tak semua lokasi berburu monster bisa kamu masuki sesuka hati. Jika lokasi monster tersebut berada di museum, tentu kamu harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli tiket.

15. Mengganggu tempat ibadah.

Di Indonesia, tempat ibadah seperti masjid kerap dijadikan arena gym untuk berlatih. Bukannya salat atau ibadah lainnya, kehadiranmu di masjid yang hanya menatap layar ponsel tentu bakal mengundang perhatian serta membuat heran banyak orang.