Brilio.net - Apakah kamu pernah mengirimkan konten menarik dari medsos atau website lain, namun link yang hendak kamu share terlalu panjang? Link atau URL yang terlalu panjang akan membuat risih karena selain nggak nyaman untuk dibaca, ada beberapa medsos yang membatasi kapasitas karakter pada saat mengetik teks.

Namun kamu yang memiliki kendala demikian tidak perlu khawatir. Pasalnya, sekarang telah banyak ditemukan situs-situs untuk memperpendek link yang bisa kamu andalkan, lho. Tentunya, banyak kegunaan dari link shortener ini seperti URL jadi lebih mudah diketik dan diingat, menghindari link spam ke URL asal, hingga mengurangi kemungkinan beberapa serangan lain ke website.

Nah, dirangkum brilio.net dari beragam sumber pada Selasa (14/12), inilah situs-situs untuk memperpendek link alias URL shortener yang bisa kamu andalkan agar bisa membagikan link yang tidak kepanjangan:

1. Bitly.

13 Situs short URL © 2021 brilio.net

foto: Bitly

Mungkin kamu yang suka berselancar internet sudah nggak asing dengan situs yang satu ini. Bitly merupakan situs short URL terpopuler saat ini. Dengan akses memperpendek link gratis dan fiturnya yang bermanfaat, Bitly memperoleh pengunjung sekitar 600 juta setiap bulan.

2. Short URL.

13 Situs short URL © 2021 brilio.net

foto: Short URL

Situs untuk memperpendek link dengan mudah lainnya adalah Short URL. Akses yang sangat mudah dan bebas iklan, Short URL juga menawarkan versi fitur premium agar link shortener dapan di-scan melalui barcode hingga menambahkan ke browser extension.

3. BL.INK.

13 Situs short URL © 2021 brilio.net

foto: BL.INK

Situs short URL selanjutnya adalah BL.INK. Fitur yang diusung nggak main-main, pengakses dapat memperpendek link, melacak, hingga menganalisis link yang dipersingkat berdasarkan perangkat yang mengakses.

4. S.id.

13 Situs short URL © 2021 brilio.net

foto: S.id

Situs manajemen link selanjutnya adalah S.id. Dengan sekali klik, kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mempersingkat link yang kepanjangan. Selain itu, kamu juga bisa melacak statistik link yang kamu modifikasi, lho.

5. TINYURL.

13 Situs short URL © 2021 brilio.net

foto: TINYURL

Sesuai namanya, TINYURL membantu kamu untuk memperpendek link yang dirasa terlalu panjang. Cara mengaksesnya pun sangatlah mudah, kamu nggak perlu repot-repot mendaftarkan akun untuk memperpendek link. Cukup taruh link yang hendak dipersingkat di kolom tertera dan tekan tombol "Make TinyURL" untuk mendapatkan link pendek yang telah dikostumisasi.

6. Yourls.

13 Situs short URL © 2021 brilio.net

foto: Yourls

Sedikit berbeda dengan situs perpendek link lainnya, Yourls merupakan situs self-hosting yang mengharuskan pengguna untuk menginstal manual di server hosting mereka sendiri. Namun, fitur di situs ini cukup andal, pengguna dapat melacak data mengenai pengguna internet yang mengakses ke link kamu.

7. T2M.

13 Situs short URL © 2021 brilio.net

foto: T2M

Situs perpendek link selanjutnya adalah T2M. Situs ini memiliki dashboard untuk mempermudah pengguna melihat beragam statistik data hingga menganalisis performa dari link-link yang telah diperpendek.

8. Rebrandly.

13 Situs short URL © 2021 brilio.net

foto: Rebrandly

Selain Bitly, kamu juga bisa menggunakan Rebrandly sebagai situs short URL yang ampuh. Dengan cara akses yang sangat mudah, Rebrandly juga dapat kamu jadikan aplikasi extension khusus untuk kamu yang menggunakan browser Google Chrome.

9. Tiny.cc.

13 Situs short URL © 2021 brilio.net

foto: Tiny.cc

Tiny.cc juga bisa dijadikan sebagai opsi alternatif untuk mempersingkat link. Untuk mengakses link shortener, pengguna harus mendaftarkan akun terlebih dahulu agar link yang dimodifikasi tidak kadaluwarsa.

10. Dik.si.

13 Situs short URL © 2021 brilio.net

foto: Dik.si

Situs memperpendek link selanjutnya adalah Dik.si yang berasal dari Tanah Air. Kurang lebih memiliki cara kerja yang sama dengan Bitly, kamu hanya diharuskan untuk mendaftarkan akun dan log in untuk mengakses short URL pada situs ini.

11. Cutt.ly.

13 Situs short URL © 2021 brilio.net

foto: Cutt.ly

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan Cutt.ly untuk memperpendek hingga menganalisis link. Meski begitu, kamu harus mendaftarkan akun atau sign up terlebih dahulu. Selain itu, ada fitur premium dari situs ini. Dengan berlangganan profesional seharga Rp 360.000, kamu bisa mengubah nama domain hingga mendapatkan fitur A/B testing.

12. is.gd.

13 Situs short URL © 2021 brilio.net

foto: is.gd

is.gd juga bisa dijadikan pilihan alternatif sebagai situs link shortener. Dengan tampilan yang sangat sederhana, situs untuk memperpendek link ini menjamin penggunanya untuk dapat mengakses dengan mudah. Selain itu, pengguna dapat mengganti link menjadi kode QR hingga mengetahui hasil statistik mengenai berapa banyak orang yang telah mengakses link.

13. Bit.Do.

13 Situs short URL © 2021 brilio.net

foto: Bit.Do

Bit.Do merupakan situs lain yang sangat sederhana untuk memperpendek link. Selebihnya, keunggulan menggunakan situs ini meliputi pengguna dapat kostumisasi link hingga mengetahui statistik link.