Brilio.net - Smartphone berbasis Android saat ini memiliki banyak pengguna di seluruh dunia, terutama di Indonesia. Pilihan harga yang bervariasi dan juga bisa kamu miliki dengan harga yang murah, tergantung merk dan produsen smartphone tersebut. Selain itu, pengguna smartphone berbasis Android dimanjakan dengan beragam aplikasi yang sangat menarik.

Namun, pengguna Android banyak yang belum tahu bagaimana cara supaya jago menggunakan smartphone mereka. Bukan masalah root atau mengganti custom memory dan sebagainya, kamu bisa jago dengan memaksimalkan cara sederhana yang mudah dilakukan semua pengguna Android. Jika kamu penasaran, berikut 13 cara yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (11/2).

1. Gunakan developer.
Kamu bisa menjadi developer, caranya telah disediakan Google melalui Developer Option di Android kamu. Penggunaanya sangat mudah, seperti halnya kamu bisa mengubah beberapa pengaturan default sesuka hati agar Android kamu menjadi lebih ngebut.

2. Setting akses cepat
Gunakan panel khusus di Android kamu. Lihat panel notifikasi yang bisa kamu gunakan untuk menemukan akses cepat ke berbagai menu di perangkat Android kamu. Tinggal pilih, menu apa yang ingin kamu setting akses cepat.

3. Baterai saver
Pakai Baterai Saver untuk menghemat dan memantau android kamu agar terus maksimal penggunaannya. Kamu bisa memantau kinerja baterai kamu saat digunakan, simpel kan.

4. Pantau penggunaan data kamu.
Kuota data kamu perlu dipantau, setidaknya meminimalisasi pemborosan penggunaan kuota data agar bisa maksimal. Jangan sampai penggunaan data untuk sesuatu yang tak kamu butuhkan, kecuali jika kamu menemukan sambungan Wi-fi gratis.

5. Maksimalkan layanan Google.
Sistem Android langsung didukung oleh Google, dan juga dikembangkan oleh Google. So, kamu bisa menggunakan semua layanan dan aplikasi yang dikembangkan Google yang tentu telah diuji sebelumnya, seperti Gmail, YouTube hingga Google Keep untuk mencatat note.

6. Perhatikan akses saat menginstal.
Saat kamu mau menginstal sebuah aplikasi baru, pastikan kamu sudah mengecek akses yang bisa didapatkan oleh aplikasi tersebut. Semua aplikasi di Android membutuhkan akses ke sistem agar aplikasinya mampu berjalan dengan baik. Ada yang membutuhkan akses ke kontak telepon, kamera, lokasi, SMS, dan lain sebagainya.

7. Akses cepat ke kamera.
Tak perlu mencari ikon kamera untuk memotret atau merekam video. Google telah menyediakan akses cepat kamera secara default, kamu bisa menggunakannya dari tampilan lock screen Androidmu. So, kamu bisa dengan cepat membuka kamera, dan hemat waktu.

8. Pilih aplikasi utama.
Aplikasi utama atau pilihan default akan menghemat waktu kamu saat menggunakan Android, tanpa harus memilih dan langsung terhubung dengan aplikasi yang kamu setting default sebelumnya. Sesuai dengan kenyamanan kamu.

9. Hapus atau disable aplikasi tak terpakai.
Karena keseringan download aplikasi, kamu lupa telah memiliki banyak aplikasi yang ternyata nggak terpakai. Mending kamu disable atau hapus aja agar tidak mengurangi jatah memori internal kamu.

10. Multitask.
Kamu tak perlu menutup aplikasi untuk membuka aplikasi lainnya. Gunakan tombol Recent Apps untuk mempercepat waktu untuk mencari aplikasi yang kamu buka sebelumnya. Atau gunakan Multi Windows jika fitur itu ada di Android kamu. Misalnya, kamu bisa nonton video sambil tetap menjalankan aplikasi lain, seperti chatting atau browsing.

11. Pilih launcher.
Bikin tampilan Android kamu sekece mungkin dengan launcher terbaik di Google Play Store. Sesuaikan homescreen kamu dengan selera yang kamu inginkan, dapatkan tampilan terbaik pada Android kamu. Carilah launcher dengan fitur sesuai dengan perangkat Android yang kamu miliki.