Brilio.net - Selama pandemi Covid-19, aplikasi konferensi video Zoom menjadi tidak asing lagi di kalangan masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Aplikasi ini sering dijadikan sarana untuk rapat, belajar jarak jauh, atau bahkan untuk sekedar saling menyapa dengan keluarga dan kerabat.

Untuk pengalaman yang lebih menarik dan memuaskan, pengguna Zoom bisa melakukan cara baru dalam menggunakan aplikasi Zoom. Pengguna bisa menyambungkan tayangan rapat atau aktifitas lainnya di Zoom ke televisi. Sebagaimana dihimpun oleh brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (1/10), ini 9 langkahnya yang disuguhkan dalam dua metode.

Cara menampilkan Zoom di TV via Chromecast.

11 Langkah praktis biar rapat Zoom bisa tampil di TV berbagai sumber

foto: Pixabay/@muhammed_hassan

Sebelumnya, ada baiknya kamu mengetahui apa itu Chromecast. Chromecast adalah sebuah perangkat kecil yang diluncurkan oleh Google yang memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming video online dari ponsel, tablet, ke laptop agar tersambung ke televisi. Untuk lebih lanjut, berikut langkahnya yang bisa diikuti:

- Sebelum menyambungkan Zoom ke televisi, pengguna harus menghubungkan Chromecast ke televisi melalui port HDMI.

- Kemudian pengguna bisa mendownload aplikasi Google Home dengan gratis di Google Play atau App Store.

- Ketika terhubung, pengguna akan diminta untuk mengkonfirmasi akun Google yang akan digunakan di Chromecast.

- Setelah itu, aktifkan fitur layanan lokasi dan akses agar bisa mendeteksi Chromecast.

- Lalu aplikasi Google Home akan melakukan verifikasi penyambungan Chromecast pada televisi dengan cara menampilkan kode unik.

- Jika semua pengaturan sudah dilakukan, pengguna bisa membuka aplikasi Zoom seperti biasa dan televisi akan secara otomatis menampilkan konferensi video Zoom yang sedang berjalan.

Cara menampilkan Zoom di TV via kabel HDMI (High-Definition Multimedia Interface).

11 Langkah praktis biar rapat Zoom bisa tampil di TV berbagai sumber

foto: Pixabay/@geralt

Metode kedua yang bisa dilakukan untuk menyambung konferensi video Zoom ke televisi adalah dengan menggunakan kabel HDMI. Kabel ini adalah kabel yang didesain khusus untuk menyambung audio atau video tanpa kompresi. Untuk mengetahui cara menyambungkan Zoom ke televisi melalui metode ini, berikut langkahnya:

- Persiapkan satu buah kabel HDMI.

- Jika laptop pengguna masih mendukung port VGA dan tidak mendukung post HDMI, sebaiknya pengguna sebuah converter VGA to HDMI.

- Apabila pengguna ingin terhubung dari ponsel, maka pengguna memerlukan kabel converter VGA to USB tipe C atau VGA to MicroUSB.

- Langkah selanjutnya, pengguna hanya perlu menancapkan satu ujung kabel ke port HDMI di televisi dan ujung yang satunya ke ponsel atau laptop.

- Akhiri langkahnya dengan mengganti saluran televisi ke opsi HDMI, lalu televisi akan menampilkan Zoom yang dijalankan pada ponsel atau laptop.