Brilio.net - Pemanfaatan teknologi kekinian untuk membantu pemasaran sebuah usaha memang menjadi hal wajib untuk dilakukan sekarang ini. Terlebih jika kita pelaku usaha UMKM yang saingannya banyak. Sebut saja platform media sosial Facebook, mampu menjangkau khalayak yang tidak dikenal untuk mengenalkan produk kita.

Namun ternyata tidak hanya sosial media lho yang mampu membantu marketing bisnis kita. Google juga punya fitur-fitur yang pada dasarnya gratis dan sangat membantu pemasaran produk kita ke khalayak luas. Nah, berikut ini ada 11 fitur ini bisa kamu coba dan maksimalkan fungsinya yang dikutip brilio.net dari Lifehack, Selasa (11/4).

1. Google My Business.

fitur google bisnis Istimewa


Kelebihan fitur ini adalah mengelola informasi up to date bisnismu di Google. Selain itu, juga mampu membangun loyalitas pelanggan menggunakan Google+ Page, memonitor interaksi pengunjung melalui pelaporan, dan yang menarik lagi mampu membuat bisnismu mudah ditemukan di pencarian Google. Fitur tercanggihnya adalah mampu melihat bagaimana pelanggan melakukan pencarian bisnismu, juga dari mana mereka datang.


2. Google+ Business page
.

fitur google bisnis Istimewa


Fitur ini mampu mengoptimalkan fitur Google my business. Kamu dapat share links, video, gambar, dan konten lainnya di sini. Kamu juga bisa mengatur kepada siapa saja kamu akan menyebarkannya. Selain itu, kamu bisa menyambungkan akun ini dengan akun sosial media yang lainnya.


3. Google Web Master Tools.

fitur google bisnis Istimewa


Fitur ini disediakan oleh google untuk para pemilik website. Mampu memantau secara maksimal web kamu dan google akan memberi laporan detail mengenai web-mu.


4. Google Analytics.

fitur google bisnis Istimewa


Google Analytics mampu menganalisis konten yang kamu buat untuk promosi, menganalisis sosial yakni tentang interaksi pengunjung di platform sosial, serta analisis konversi yang mampu menjadi data akurat tentang pelanggan yang kamu pikat. Selain itu Google Analytics mampu memaksimalkan iklan yang kamu pasang dengan mempelajari cara kerja dari penelusuran Google.


5. Google Adwords.

fitur google bisnis Istimewa


Google Adwords adalah fitur pemasangan iklan dengan berdasarkan kamu yang akan kita angkat. Hal ini mampu membuat web dan kata yang kamu pilih berada pada susunan atas di pencarian Google.


6. Google Adwords Keyword Planner.

fitur google bisnis Istimewa

fitur google bisnis Istimewa


Fitur ini mampu lebih memaksimalkan kinerja dari Google Adwords. Dengan target yang lebih terarah, Google Adwords Keyword Planner melakukan riset atau tes pasar terlebih dahulu dengan keyword yang akan dicoba.


7. Google Trends.

fitur google bisnis Istimewa


Google Trends adalah fasilitas yang dimiliki oleh Google mengenai topik, konten, dan pencarian yang sedang trend atau hot di internet. Google Trends menunjukkan apa yang paling sering dicari oleh pengguna internet di dunia selain menjadi sumber terpercaya untuk mengetahui apa yang sedang hot saat ini di dunia internet.


8. Google Alerts.

fitur google bisnis Istimewa


Google Alerts mampu mengirim pemberitahuan tentang halaman web, postingan terbaru yang berupa news, blog, video, produk baru atau penting dan group. Fitur ini memudahkan kita untuk mengetahui tentang produk pesaing, memantau berita terkini, dan mencari tahu tentang apa yang dikatakan tentang mereka sendiri.


9. Google News.

fitur google bisnis Istimewa


Google News merupakan kumpulan berita-berita dari berbagai media. Kelebihannya kita bisa menyeleksi berita update sesuai kebutuhan marketing pasar kita. Kompilasi berita ini memudahkan kamu untuk menganalisis kebutuhan marketing.


10. Google Feedburner.

fitur google bisnis Istimewa


Layanan ini menyediakan analisis lalu lintas pengunjung situs dan sistem periklanan yang dapat dipilih secara cepat. Kelebihannya dibanding feed pada blog umumnya adalah publikasi konten lebih mudah dan pengunjung lebih mudah melakukan subscribe.


11. Youtube.

fitur google bisnis Istimewa


Layanan milik Google ini paling dikenal dari yang lainnya. Untuk bisnis, kita mampu membuat video tentang bisnis kita dan menayangkannya di situs Youtube.com. Selain itu, ada fitur iklan di dalamnya yang bisa memaksimalkan pengenalan produk kita melalui video. (mgg/farid nur hidayat)