Brilio.net - Membuat website tidaklah mudah. Hanya orang-orang tertentu khususnya yang menguasai area atau skill coding yang dapat membuatnya. Bahkan, orang-orang yang menguasai kemampuan ini memerlukan ratusan baris kode hanya untuk menciptakan bagian dasar sebuah website.

Untungnya, sekarang ini teknologi semakin canggih. Terdapat aplikasi-aplikasi praktis untuk mempermudah pengguna dalam membuat website.

Untuk itu, bagi kamu yang hendak menulis jurnal di suatu blog atau website pribadi, kamu bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi pembuat website yang sudah banyak tersedia lho.

Dikutip brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (30/12), berikut aplikasi praktis pembuat website yang bisa kamu gunakan tanpa harus memiliki skill coding.

1. Weebly

Aplikasi pembuat website © 2021 brilio.net

foto: weebly.com

Layanan website builder yang pertama adalah Weebly. Aplikasi website Weebly mampu digunakan untuk membuat website pribadi maupun website profesional. Selebihnya, kamu tak perlu kesusahan belajar coding sebab aplikasi ini sendiri memiliki tampilan sederhana untuk kamu mudah mengaksesnya.

2. Webs

Aplikasi pembuat website © 2021 brilio.net

foto: webs.com

Selain Weebly, kamu juga bisa menggunakan Webs sebagai aplikasi pembuat website. Aplikasi website ini menyediakan fitur yang terbatas untuk pengguna gratis. Namun, bila kamu berlangganan, banyak fitur yang bisa dinikmati salah satunya dapat mengatur custom domain website.

3. Adobe Dreamweaver

Aplikasi pembuat website © 2021 brilio.net

foto: adobe.com

Siapa sih yang nggak kenal Adobe? Kali ini Adobe menciptakan Adobe Dreamweaver bagi mereka yang minat coding namun dalam proses belajar. Cara mengakses aplikasi website ini pun cukup mudah untuk dipelajari seperti tersedianya template untuk mengatur warna, layout, hingga desain sesuai kebutuhan sendiri.

4. WordPress

Aplikasi pembuat website © 2021 brilio.net

foto: wordpress.com

Selanjutnya, layanan atau aplikasi website yang bisa kamu gunakan adalah WordPress. Kerap digunakan oleh web developer, WordPress memiliki dua pilihan utama. Yang pertama adalah layanan pembuat website yang tak memerlukan hosting dan domain dan yang kedua merupakan Self Hosting dimana WordPress terdapat pada web hosting dan domain pengguna sendiri.

5. Google Sites

Aplikasi pembuat website © 2021 brilio.net

foto: sites.google.com

Selain itu, Google Sites bisa kamu gunakan sebagai sarana untuk membuat website. Tanpa perlu skill coding, kamu bisa membuat website dengan layout yang teratur. Selebihnya untuk menuju proses pembuatan web, kamu harus memiliki akun Google terlebih dahulu.

6. Webnode

Aplikasi pembuat website © 2021 brilio.net

foto: us.webnode.com

Dengan tagline "Buat website gratis dengan mudah," Webnode juga bisa dinominasi menjadi aplikasi website yang andal. Aksesnya pun dipermudah dengan adanya fitur SEO, email marketing, hingga statistik yang siap untuk dipakai. Oleh karena itu, aplikasi sangat pas buat kamu yang hendak membuat website bisnis.

7. KompoZer

Aplikasi pembuat website © 2021 brilio.net

foto: kompozer.net

Yang ketujuh, kamu bisa menggunakan KompoZer sebagai aplikasi pembuat website yang ampuh. Dengan website manajemen file yang mudah digunakan, aplikasi website KompoZer dilengkapi dengan fitur yang banyak, salah satunya adalah fitur editing tools untuk membuat laman website kamu semakin menarik.

8. Squarespace

Aplikasi pembuat website © 2021 brilio.net

foto: squarespace.com

Nggak punya skill coding, namun ingin buat website sendiri? Aplikasi website Squarespace mungkin pilihan yang tepat untuk kamu. Selain tersedia versi desktop, pengguna Android juga bisa mengunduh aplikasi ini lho untuk membuat website.

9. Wix

Aplikasi pembuat website © 2021 brilio.net

foto: wix.com

Wix merupakan aplikasi pembuat website yang bisa kamu gunakan secara gratis. Bagi kamu yang kebingungan mengatur tampilan untuk website, karena aplikasi website Wix menyediakan beragam template yang bisa diaplikasikan secara gratis.

10. PageBreeze

Aplikasi pembuat website © 2021 brilio.net

foto: pagebreeze.com

Web developer yang masih belajar mengenai coding, bisa memilih PageBreeze terlebih dahulu untuk mengasah ilmu. Dengan interface yang cukup simpel, PageBreeze sangatlah mudah untuk digunakan karena mengusung sistem WYSIWYG atau What You See Is What You Get. Cukup sederhana dan menarik, kan?

11. Zyro

Aplikasi pembuat website © 2021 brilio.net

foto: zyro.com

Tak perlu ribet memikirkan skill coding untuk membuat website karena kamu bisa menggunakan aplikasi website bernama Zyro. Bisa diakses secara gratis, Zyro juga memiliki keunggulan salah satunya adalah tersedianya template bermacam-macam untuk penggunanya.

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/pep)