Brilio.net - Dewasa ini, banyak konten kreator dari suatu media sosial yang melakukan siaran langsung di tempat. Acara ini lebih akrab dikenal sebagai live streaming atau live broadcast.

Untuk lebih detailnya, live broadcast merupakan acara siaran langsung di suatu tempat dan terjadi saat itu juga dari suatu media sosial. Biasanya, live streaming kerap dilakukan oleh para artis yang sedang mempromosikan album terbaru ataupun memamerkan kehidupan sehari-hari mereka.

Tak hanya itu, acara live streaming juga bisa dilakukan oleh brand perusahaan terkenal yang sedang mempromosikan produk mereka, lho. Sebagai contoh perusahaan Oppo yang mengadakan live streaming event untuk memamerkan produk baru mereka yaitu Oppo A92. Dengan ini, penonton akan minat dan tidak sabar membeli produk tersebut.

Namun semakin canggihnya teknologi, sarana aplikasi media sosial seperti apa saja sih yang sering dijadikan untuk live streaming? Ada beberapa media sosial yang ditujukan para konten kreator untuk acara live streaming, semua tergantung pada konten apa yang hendak dipromosikan.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Seperti bila artis atau penulis lagu hendak mempublikasikan album lagu baru mereka, biasanya mereka melakukan live streaming di Instagram, YouTube, maupun Facebook. Namun bila ada developer suatu game hendak menunjukkan konten baru, mereka biasanya menggunakan aplikasi live streaming khusus game bernama Twitch.

Tanpa berlama-lama lagi, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (3/1), berikut 11 aplikasi live streaming terpopuler yang bisa kamu unduh secara gratis di smartphone.

1. Instagram.

Aplikasi live streaming © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Warganet mana yang nggak kenal Instagram? Medsos yang membuat julukan selebriti asal Instagram bernama Selebgram ini selain menambahkan konten unggahan berupa gambar dan video, pengguna juga dapat menggunakan fitur Video Live Streaming.

Fitur Live on Instagram sangatlah terkenal di kalangan remaja, dewasa, selebgram, hingga artis papan atas lainnya karena selain dapat memamerkan konten, mereka bakal dilihat oleh semua para followers yang mengikuti mereka. Aplikasi live streaming ini juga menambahkan beberapa fitur pada live streaming seperti followers dapat mengirimkan like dan comment pada saat siaran berlangsung.

2. YouTube.

Aplikasi live streaming © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Selain Instagram, YouTube juga kerap dijadikan aplikasi live streaming oleh para konten kreator. Algoritma YouTube yang paling terkenal untuk menguntungkan konten kreator adalah dengan menyisipkan iklan. Untuk itu, YouTube Live Streaming juga bisa memasukkan iklan untuk konten kreator mendapatkan hasil tambahan. Cukup menguntungkan juga bukan?

3. TikTok.

Aplikasi live streaming © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Warganet Indonesia sebelah mana yang nggak kenal TikTok? Aplikasi asal Cina ini selain dapat mengunggah klip atau video pendek, pengguna dapat mengadakan TikTok LIVE untuk memamerkan konten-konten menarik mereka.

Dalam waktu secara langsung atau nyata, para konten kreator yang mengadakan TikTok LIVE dapat berinteraksi dengan para followers-nya yang hendak mengikuti acara live streaming tersebut. Namun perlu dicatat bagi kamu yang hendak melakukan siaran langsung pada aplikasi live streaming ini, pastikan kamu berusia 16 tahun atau lebih, ya.

4. Twitch.

Aplikasi live streaming © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Para gamer dan atlet e-sport pasti sudah tidak asing dengan aplikasi live streaming satu ini. Pasalnya, Twitch sering kali digunakan oleh konten kreator gaming hingga perusahaan atau industri game.

Selebihnya, Twitch memudahkan para konten kreatornya untuk dapat streaming game melalui PC, laptop, PS4, Xbox One, hingga Nintendo Switch. Cukup ampuh, bukan?

5. Facebook.

Aplikasi live streaming © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Yang kelima, aplikasi live streaming yang nggak kalah terkenal adalah Facebook. Perusahaan induk dari Instagram ini melengkapi fiturnya selain chat, berbagi foto, hingga video dengan menambahkan Facebook Live.

Facebook Live memudahkan semua pengguna Facebook untuk dapat mengadakan siaran langsung yang dapat dilihat oleh para followers. Bagi kamu yang nggak terlalu memakai Instagram, kamu bisa memilih Facebook Live sebagai aplikasi live streaming pilihan buat kamu.

6. Zoom.

Aplikasi live streaming © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Siapa yang tak kenal dengan Zoom? Semenjak pandemi Covid-19, aplikasi meeting online ini jadi sering digunakan untuk keperluan kantor, perkuliahan, hingga sekolah.

Setelah sekian lama hadir dan masih banyak digunakan, Zoom mengembangkan banyak fitur baru dan dapat memudahkan aktivitas profesional penggunanya seperti pengguna dapat mengundang lebih banyak participant atau audiens dalam mengikuti rapat hingga dapat berbagi pesan, gambar, file, dan lain-lainnya.

7. Bigo Live.

Aplikasi live streaming © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Aplikasi live streaming pilihan lainnya yang bisa kamu andalkan adalah Bigo Live. Diciptakan pertama kali pada tahun 2016, Bigo Live merupakan aplikasi live streaming untuk konten kreator yang hendak berbagi tutorial seperti memasak, olahraga, hingga menyalurkan hobi.

8. Skype For Business.

Aplikasi live streaming © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Aplikasi live streaming yang sudah dikenal sejak dulu kala adalah Skype. Versi Skype for Business menyediakan fitur Skype Meeting Broadcast yang bisa digunakan untuk para pebisnis untuk berkomunikasi secara langsung dengan mudah. Selebihnya, aplikasi ini punya banyak fitur, salah satunya adalah kamu dapat menyiarkan meeting dengan audiens lebih dari 10.000 peserta.

9. Nonolive.

Aplikasi live streaming © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Selain Twitch, Nonolive juga merupakan aplikasi live streaming yang digunakan banyak kalangan gamer. Terdapat fitur pada aplikasi live streaming ini, seperti penonton dapat membagikan hadiah maupun virtual gifts kepada konten favorit mereka. Dengan ini, sang konten kreator bakal lebih semangat lagi dalam mengembangkan konten yang disiarkan secara langsung.

10. Tango.

Aplikasi live streaming © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Aplikasi live streaming selanjutnya yang dikenal sangat interaktif dan instan adalah Tango. Para konten kreator aplikasi ini dapat menghasilkan uang dari konten-konten siaran langsungnya. Konten yang disiarkan cukup beragam, pengguna dapat sharing resep-resep masakan yang sedang viral, membagikan musik yang lagi ngetren, hingga memamerkan suara merdu.

11. Kitty Live.

Aplikasi live streaming © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Yang terakhir, aplikasi live streaming pilihan selanjutnya adalah Kitty Live. Aplikasi live streaming ini dilengkapi dengan resolusi video HD sehingga penonton dapat menyaksikan kualitas video yang sangat jelas dan jernih.

Selain itu, Kitty Live juga memiliki banyak fitur. Terdapat fitur gift yang bisa konten kreator kumpulkan untuk mendapatkan level setinggi mungkin. Bila sudah mengumpulkan banyak gift, konten kreator akan berkesempatan mendapatkan penonton yang banyak pula. Cukup menguntungkan juga, kan?

(brl/tin)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/tin)