Brilio.net - Google merupakan sebuah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang teknologi yang berkaitan dengan produk berbasis internet. Melirik sejarah berdirinya, Google didirikan pada 4 September 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan magister lulusan Stanford University, California.

Dalam proses pengembangannya, Google merilis banyak aplikasi yang tidak hanya bermanfaat bagi banyak orang, namun secara langsung juga membantu kelancaran hidup setiap orang. Aplikasi dari Google yang sudah digunakan sangat bervariasi dan banyak. Namun ada juga aplikasi dari Google yang sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi setiap orang, tetapi jarang diketahui.

Berkaitan dengan aplikasi Google tersebut, brilio.net telah merangkum dari google.com pada Selasa (15/3), berikut 11 aplikasi Google yang memiliki banyak manfaat tapi jarang diketahui.

2 dari 12 halaman

1. Google My Business.

foto: google.com

Google My Business merupakan aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mendaftarkan usahamu agar terdaftar pada aplikasi Google Maps. Jika kamu mencari pada kolom pencarian di aplikasi Google Maps, Google My Business-lah yang telah memberikan informasi lokasi yang ada pada Aplikasi Google Maps.

Kamu dapat mendaftarkan lokasi usaha yang kamu miliki menggunakan Google My Business tanpa harus mendownload aplikasi ini terlebih dahulu. Cukup kunjungi website resmi Google dan ikuti langkahnya.

3 dari 12 halaman

2. Google Analytics.

foto: google.com

Google Analytics merupakan aplikasi dari Google yang dapat kamu gunakan untuk menganalisis pengunjung yang ada pada suatu website. Jika kamu seorang blogger, kamu dapat memantau jumlah viewers dari blog milikmu dengan aplikasi dari Google yang satu ini.

Secara penggunaan, kamu tidak perlu mendownload aplikasi Google Analytics pada perangkat yang kamu gunakan. Cukup kunjungi website resmi Google kamu dapat menggunakan layanan dari Google ini secara gratis.

4 dari 12 halaman

3. Google Suite.

foto: workspace.google.com

Google Suite merupakan sebuah layanan dari Google yang berisikan aplikasi Google yang yang biasa kamu gunakan untuk melakukan pekerjaan atau kepentingan lain.

Google Suite berisikan aplikasi seperti Gmail, Drive, Kalender, Catatan, Meet, dan lain lain yang dapat kamu gunakan untuk menunjang kegiatan yang kamu miliki. Untuk dapat menikmati akses dari Google ini, kamu hanya perlu membuka website resmi Google pada perangkat yang kamu gunakan.

5 dari 12 halaman

4. Google Timer.

foto: google.com

Google Timer merupakan layanan dari Google yang dapat kamu gunakan sebagai penghitung waktu atau stopwatch tanpa harus menggunakan aplikasi atau alat tambahan. Akses pada Google Timer dapat kamu gunakan dengan mengetikkan Google Timer pada kolom pencarian di search bar aplikasi Google.

6 dari 12 halaman

5. Google Art & Culture.

foto: google.com

Aplikasi dari Google ini berisikan beberapa layanan yang dapat kamu gunakan untuk mencari foto yang telah di-upload di Google dan memainkan games yang dikembangkan oleh Google.

Berbagai foto bersejarah dan karya seni dapat kamu temukan menggunakan Google Art & Culture. Games yang tersedia pada aplikasi ini juga dapat kamu mainkan secara gratis.

Untuk menikmati akses dari Google Art & Culture, kamu hanya perlu mengunjungi website resmi dari Google dan menggunakannya sesuai yang kamu inginkan.

7 dari 12 halaman

6. Think with Google.

foto: google.com

Think with Google dapat kamu gunakan untuk mengetahui tren terkini dari riset, ide marketing, dan lain-lain. Bagi kamu yang merupakan seorang pengusaha, dapat menggunakan layanan dari Google yang satu ini untuk mengembangkan bisnis milikmu.

Penggunaan aplikasi Think with Google juga tidak ribet. Kamu hanya perlu membuka situs resmi Google, kemudian menggunakan layanan Think with Google sesuai kebutuhan yang kamu miliki.

8 dari 12 halaman

7. Google Shopping.

foto: google.com

Google Shopping merupakan layanan dari Google yang cocok bagi kamu yang senang berbelanja online. Dengan menggunakan Google Shopping, kamu dapat membeli berbagai jenis barang yang dijual secara online di pasaran. Mulai dari film, games, gadget dan lain sebagainya tersedia pada layanan Google yang satu ini.

Untuk dapat menikmati akses pada Google Shopping, kamu hanya perlu mengunjungi situs resmi dan mulai berbelanja sesuai kebutuhanmu.

9 dari 12 halaman

8. Google Sound Search.

foto: google.com

Google Sound Search merupakan sebuah layanan dari Google yang dapat kamu gunakan untuk mencari sebuah lagu atau suara lain yang ingin kamu ketahui. Berbeda dengan aplikasi lainnya, kamu perlu menginstal Google Sound Search pada perangkat milikmu lewat Play Store dengan mengetikkan "Shortcut for Google Sound Search".

10 dari 12 halaman

9. Google Sky.

foto: google.com

Google Sky merupakan sebuah layanan dari Google yang dapat kamu gunakan untuk melihat kondisi luar angkasa dari perangkat yang kamu gunakan. Kamu dapat melihat berbagai bintang dan galaxy menggunakan aplikasi yang satu ini.

Lewat Google Sky, kamu juga bisa menggeser bagian mana yang ingin kamu lihat pada layar perangkat yang kamu gunakan. Untuk menggunakan aplikasi Google Sky, kamu hanya perlu mengunjungi situs resmi dari Google dan dapat menggunakan layanan ini secara gratis.

11 dari 12 halaman

10. Google Keep.

foto: google.com

Google Keep adalah layanan gratis dari Google yang dapat kamu gunakan untuk mencatat berbagai hal penting tanpa menggunakan aplikasi.

Google Keep memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan untuk mencatat berbagai hal penting yang kamu perlukan. Update terbaru dari Google Keep juga menyediakan fitur dark mode yang dapat kamu gunakan untuk memperindah tampilan Google Keep ketika sedang kamu gunakan.

Untuk menggunakan Google Keep, kamu hanya perlu mengunjungi situs resmi dari Google dan mulai menggunakan aplikasi ini sesuai kebutuhan yang kamu miliki.

12 dari 12 halaman

11. Google Scholar.

foto: google.com

Mungkin bagi sebagian orang yang memiliki pekerjaan di bidang pendidikan sudah tidak asing dengan aplikasi dari Google ini. Namun banyak juga orang yang belum mengetahui fungsi dari Google Scholar.

Pada layanan dari Google ini, kamu dapat mencari berbagai artikel dan jurnal ilmiah yang dapat kamu gunakan sebagai referensi ketika menyusun sebuah penelitian. Penggunaan aplikasi ini juga sangat mudah, kamu hanya perlu mengetikkan "Google Scholar" pada kolom pencarian Google dan mulai mencari berbagai jurnal yang kamu perlukan.