Brilio.net - Demam K-pop maupun K-drama tak hanya menimpa negara asalnya saja, namun juga di Indonesia. Perlahan namun pasti, banyak budaya Korea yang mulai masuk dan diminati para kawula muda. Mulai dari makanan, fashion, make up, genre musik, dan masih banyak lagi. Tak selalu mengikuti gaya sang idola, kamu juga bisa menambah wawasan dengan belajar bahasa Korea lho.

Bahasa menjadi salah satu komponen penting dalam berkomunikasi. Melalui bahasa, kamu juga bisa memahami berbagai macam hal di dunia. Nah, jika kamu penasaran dengan segala hal tentang Korea, kamu bisa mulai mempelajari bahasanya.

Tak perlu merogoh kocek yang dalam untuk mengikuti kursus, kamu bisa belajar bahasa Korea menggunakan aplikasi lho. Nah, tahun 2020 ini ada aplikasi Learn Korean with BTS yang cukup menyita perhatian. Aplikasi ini ditujukan untuk orang-orang yang ingin belajar bahasa Korea dengan cara yang asyik.

Tak hanya itu, masih ada banyak aplikasi lain yang bisa kamu download secara gratis dengan tampilan yang menarik. Penasaran apa saja? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (14/2), berikut sebelas aplikasi belajar bahasa Korea terbaik.

1. Naver Dictionary.

Loading...

aplikasi bahasa Korea © 2020 brilio.net

foto: play.google.com

Sebagai search engine yang paling populer di Korea, Naver juga hadir dalam aplikasi Naver Dictionary. Aplikasi ini bukan hanya menyajikan kamus bahasa Korea lho, namun bisa juga sebagai aplikasi belajar bahasa Korea. Banyak para translator yang merekomendasikan aplikasi ini pada para wisatawan asing di Korea. Sebab selain fiturnya yang lengkap, aplikasi ini juga tergolong sederhana dan mudah digunakan.

2. HelloTalk-Learn Languages Free.

aplikasi bahasa Korea © 2020 brilio.net

foto: play.google.com

Aplikasi HelloTalk-Learn Languages Free merupakan aplikasi belajar bahasa Korea yang dinilai paling lengkap. Tak hanya mempelajari kalimat dalam bahasa Korea, kamu juga bisa ngobrol langsung dengan orang Korea asli lho. Jika merasa kesulitan, aplikasi ini juga menerjemahkan setiap kata melalui rekaman suara.

3. My Korean Teacher.

aplikasi bahasa Korea © 2020 brilio.net

foto: play.google.com

Jika kamu termasuk orang yang menyukai aplikasi yang tampilannya full animasi, aplikasi My Korean Teacher layak dicoba. Dengan visual yang manarik, sang guru dalam aplikasi akan memberikanmu pelajaran bahasa Korea. Sama seperti sedang sekolah, kamu juga akan diberikan quiz-quiz yang harus dijawab. Jika salah, ekspresi gurunya akan murung. Sebaliknya, jika kamu menjawab quiz dengan benar, gurunya akan terlihat sangat senang.

4. Hangul Punch.

aplikasi bahasa Korea © 2020 brilio.net

foto: play.google.com

Tak kalah menarik dari My Korean Teacher, aplikasi Hangul Punch juga mengajarkan bahasa Korea dengan animasi menarik dan game yang seru. Biasanya kamu akan diminta mencocokkan kalimat dalam bahasa Inggris dan bahasa Korea yang tepat. Jika berhasil kamu bisa mendapatkan poin untuk berlanjut ke tahap berikutnya.

5. Korlink.

aplikasi bahasa Korea © 2020 brilio.net

foto: apkpure.com

Korlink adalah aplikasi yang sengaja dirilis untuk memudahkan para penggunanya mengakses pelajaran bahasa Korea dalam website Talk To Me In Korean. Aplikasi ini juga dilengkapi video dan audio dari banyak tutor yang profesional. Selain bahasa Korea, aplikasi ini juga mengajarkan bahasa Inggris.

6. LingoDeer.

aplikasi bahasa Korea © 2020 brilio.net

foto: Twitter/LingoDeer

LingoDeer merupakan aplikasi belajar bahasa asing untuk Asia, termasuk menyajikan bahasa Korea. Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah membawa penggunanya untuk belajar step by step. Mulai dari belajar alfabet hingga percapakan sehari-hari.

7. Duolingo.

aplikasi bahasa Korea © 2020 brilio.net

foto: play.google.com

Duolingo merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa yang lengkap. Aplikasi ini menyajikan fitur kursus untuk 20 bahasa asing, termasuk bahasa Korea. Selain belajar kosakata dan pelafalan yang benar, kamu juga bisa memainkan game bahasa dalam aplikasi ini lho.

8. Mondly.

aplikasi bahasa Korea © 2020 brilio.net

foto: mondly.com

Sama seperti Duolingo, aplikasi ini juga menyajikan berbagai pelajaran terkait bahasa asing. Untuk bahasa Korea sendiri, kamu akan diarahkan pada contoh-contoh percakapan yang paling sering digunakan. Ada juga panduan untuk merangkai kata-kata yang baik dan benar.

9. Bravo Language.

aplikasi bahasa Korea © 2020 brilio.net

foto: apkpure.com

Selanjutnya ada Bravo Language yang tampilannya sangat mirip dengan kamus digital. Aplikasi ini bisa menerjemahkan kosakata dan rekaman secara cepat. Nah, jika masih pemula, kamu bisa mulai dengan mempelajari vocabulary yang tersedia dalam bentuk hangul (huruf Korea) dan latin. Lalu mencermati audio yang berisi pelafalan kata atau kalimat dalam bahasa Korea.

10. Rosetta Stone.

aplikasi bahasa Korea © 2020 brilio.net

foto: apkpure.com

Rosetta Stone juga merupakan aplikasi belajar bahasa Korea yang patut dicoba. Yang menjadi keunggulan dalam aplikasi ini adalah menyediakan tutor atau pengajar profesional dari seluruh dunia lho. Bahkan syarat untuk menjadi tutor di aplikasi ini juga tak main-main, mereka harus memiliki pengalaman belajar dan mengajar bahasa Korea minimal selama 20 tahun.

11. Learn Korean with BTS.

aplikasi bahasa Korea © 2020 brilio.net

foto: koreanclass101.com

Kabar rilisnya Learn Korean with BTS diumumkan pada akhir tahun 2019 lalu. Aplikasi ini merupakan media belajar bahasa Korea, khusus untuk gaya Bangtan. Dilengkapi video-video menarik, aplikasi ini akan membawa para ARMY belajar bahasa Korea dengan cara yang mengasyikan.

Reporter: Deta Jauda Najmah

RECOMMENDED BY EDITOR