Brilio.net - Perkembangan smartphone tak lagi sekadar memenuhi kebutuhan komunikasi. Saat ini bahkan melalui handphone (HP) yang ada di tangan, sudah dapat membantu segala aktivitas kita. Baik untuk mencari informasi, mengerjakan tugas, mengirim berkas penting, sampai transaksi jual beli. Perkembangan HP juga membuat kita menjalankan aktivitas menjadi lebih praktis.

Sebagai salah satu contoh kecil, kita bisa melihat pada fitur kamera yang tersemat pada HP. Bentuknya yang kecil, saat ini tidak hanya sekadar menangkap momen yang terjadi saja. Kamera HP sudah bisa berperan menyamai kamera profesional yang memiliki bentuk besar.

Sudah banyak HP yang dibekali spesifikasi hampir sama bahkan lebih besar dari kamera profesional. Sehingga kita bisa lebih praktis beraktivitas saat mengabadikan momen.

Apalagi, saat ini juga sudah hadir HP yang memilki kamera berjumlah 4 sekaligus. Ya, sudah bukan jadi mimpi dalam satu HP kita bisa memiliki banyak kamera. Tak hanya sebatas menjadi hiasan kekinian, HP dengan 4 kamera ini masing-masing lensanya memiliki peran penting. Terutama untuk kamu pecinta fotografi, dijamin nggak akan rugi mempunyai HP dengan multi kamera ini.

Penasaran HP merek apa saja?

Loading...

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (16/1), berikut 10 HP dengan 4 kamera terbaik.

1. Realme XT.

HP dengan 4 kamera terbaik © 2020 brilio.net

foto: realme.com

HP yang dirilis pada September 2019 ini mencuri perhatian sejak pertama kali diluncurkan. Tak hanya memiliki layar 6,4 inch yang lebar, namun juga tampilan belakangnya dibekali 4 kamera.

Disusun secara vertikal, masing-masing bulatan ini memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Ada kamera beresolusi 64 MP dan 8 MP ultrawide, juga terdapat kamera 2 MP makro khusus, serta 2 MP untuk sensor mendalam. Nggak cuma sampai di situ saja, masih ada kamera untuk selfie di bagian depan dengan resolusi 16 MP.

Realme XT juga dibekali baterai berkapasitas 4000 mAh yang dijamin nggak akan bikin HP-mu gampang lowbatt. Sebagai HP kekinian, Realme XT juga memiliki sensor fingerprint di bagian bawah layar optik. Kalau kamu ingin mendapatkan HP dengan desain berkualitas mahal ini, siapkan budget Rp 3 jutaan.

2. Realme 5 Pro.

HP dengan 4 kamera terbaik © 2020 brilio.net

foto: realme.com

Masih dari produk Realme yang menawarkan HP berkamera 4 lainnya. Seri 5 Pro ini tak hanya unggul dalam kameranya, tapi juga memiliki baterai berkapasitas 4.035 mAh yang diketahui tahan uji untuk aktivitas browsing selama 16 jam 18 menit.

Sedangkan untuk kameranya, Realme 5 Pro menawarkan kamera utama 48 MP, 8 MP kamera ultawide, 2 MP kamera makro, dan 2 MP untuk menghasilkan efek bokeh. Salah satu keunggulan Realme 5 Pro juga terlihat dari kualitasnya yang disebut anti cipratan air.

Dilansir brilio.net dari GSMArena.com, HP ini memiliki bodi yang didesain dengan menyegel semua celah seperti antara bingkai dan panel, port, speaker, dan lubang suara SIM tray dan juga tombol yang ada di HP. Dibekali dengan chipset Snapdragon 712, Realme 5 Pro dibanderol dengan harga kisaran Rp 2,7 jutaan.

3. Huawei Mate 30 Pro.

HP dengan 4 kamera terbaik © 2020 brilio.net

foto: huawei.com

Kalau kamu nggak suka dengan desain HP kamera 4 yang disusun vertikal, kamu harus coba HP yang satu ini. Memiliki desain menarik, Huawei menyusul kamera 4 nya dalam lingkaran di bagian belakang HP.

Lensa HP Huawei Mate 30 Pro terdiri dari lenda 40 MP, lensa telefoto 8 MP, lensa 40 MP ultrawide, dan satu lensa 3D ToF kamera. Sedangkan untuk bagian depan masih ada kamera beresolusi 32 MP serta lensa 3D ToF kamera.

Fungsi kehadiran kamera ini untuk membantu sistem keamanan HP lewat teknologi face unlock sebagai pengenalan wajah. Untuk performanya, Huawei Mate 30 Pro unggul dengan dukungan chipset HiSillicon Kirin 990.

Semakin lengkap, HP ini mempunyai baterai 4500 mAh. Gimana, tertarik dengan HP yang sudah menggunakan Android 10 ini? Karena spesifikasinya yang unggul, kamu perlu menyiapkan budget di atas Rp 10 juta ya.

4. Vivo V17 Pro.

HP dengan 4 kamera terbaik © 2020 brilio.net

foto: vivo.com

Vivo V17 pro diusung layar super AMOLED dengan lebar 6,44 inch. Menggunakan chipset Snapdragon 675, Vivo V17 memiliki 4 kamera yang tidak kalah menarik dari para pesaingnya.

Terdapat kamera dengan lensa 48 MP, 8 MP, 13 MP (telephoto) dan juga 2 MP. Nah, yang menarik dari HP ini adalah kehadiran kamera pop up di bagian depan dengan resolusi 32 MP dan 8 MP.

HP ini termasuk dalam HP yang ditenagai baterai cukup besar, yaitu 4100 mAh. Vivo V17 cocok untuk kamu para gamers, karena sudah didukung dengan chipset Snapdragon 675.

Vivo V17 Pro sudah memiliki RAM 8 GB dengan memori internal 128 GB. Kalau masih kurang, kamu bisa juga menambahkan memori eksternal hingga 256 GB.

Vivo V17 Pro hampir sama dengan HP kekinian lainnya nih, karena ia juga sudah dilengkapi dengan sensor fingerprint. Dan untuk sistem operasinya, produk Vivo yang satu ini menggunakan Android 9.0 (pie). Harga yang dibanderol adalah kisaran Rp 4 jutaan.

5. Oppo Reno2 F.

HP dengan 4 kamera terbaik © 2020 brilio.net

foto: oppo.com

Oppo Reno 2 F juga masuk dalam jajaran HP berkamera 4 yang dilengkapi kamera pop up. Kamera pop up ini berperan sebagai kamera selfie dengan resolusi 16 MP. Sedangkan untuk kamera lainnya terdapat kamera utama 48 MP, 8 MP ultrawide, 2 MP, dan 2 MP untuk menghasilkan efek bokeh.

Selain dapat menangkap gambar dengan jernih, Oppo Reno2 F juga didukung dengan layar AMOLED Full HD+ yang bening. Dari segi daya tahan baterai, Oppo Reno2 F memiliki kapasitas 4000 mAh yang membuat HP-mu tahan lama. Apalagi ia juga dibekali VOCC Flash charging 20W yang mendukung pengisian cepat.

Untuk terisi hingga penuh dikabarkan Oppo Reno2 F hanya membutuhkan waktu 1 jam 15 menit. Harga yang dibanderol untuk HP ini adalah Rp 4 jutaan.

6. Honor 20 Pro.

HP dengan 4 kamera terbaik © 2020 brilio.net

foto: hihonor.com

Honor 20 Pro menggunakan Android 9.0 (pie) untuk mendukung sistem operasinya. Hampir sama seperti HP lainnya, Honor 20 pro memanjakan penggunaannya dengan layar lebar berukuran 6,26 inch. Kamera utama yang mengusung HP ini beresolusi 48 MP, sedangkan untuk kamera lainnya beresolusi 8 MO telefoto, 16 MP ultrawide, dan 2 MP kamera makro khusus.

Nah, kalau untuk hobi selfiemu, kamu akan mendapatkan kamera beresolusi 32 MP HDR. Honor 20 pro memiliki desain yang menarik dan mampu memberikan efek 3D di bawah pencahayaan yang tepat.

Dari segi performa, HP ini memiliki chipset Kirin 980 yang cukup bersaing dengan Snapdragon 845. Untuk kualitas baterainya bisa dibilang sudah termasuk dalam standar bagus yaitu, 4000 mAh. Tentu saja, hal ini bisa mendukungmu untuk menggunakannya dalam jangka lama. Budget yang perlu disiapkan untuk HP ini adalah Rp 5 jutaan.

7. Samsung Galaxy Note 10+.

HP dengan 4 kamera terbaik © 2020 brilio.net

foto: samsung.com

Golongan HP flagship dari Samsung ini memiliki 4 lensa kamera utama yaitu lensa 12 MP, lensa 12 MP telefoto, 16 MP lensa ultrawide, lensa ToF 3D VGA kamera. Untuk kamera selfienya, Samsung Galaxy Note 10+ memiliki resolusi 10 MP.

HP ini juga memiliki sensor sidik jari untuk sistem keamanannya. Selain itu dari sektor pacunya mengantongi baterai berkapasitas 4300 mAh dengan performa yang super kencang. Keunggulan pada produk Samsung ini juga dari segi audionya. Samsung Galaxy Note 10+ hadir dengan speaker stereo yang keras dan juga menghasilkan suara yang hebat. Apalagi didukung juga dengan kualitas Dolby Atmos.

Selain memiliki tampilan yang mewah, Samsung Galaxy Note 10+ juga memiliki desain bodi belakang yang dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 6. Menggunakan layar Dynamic AMOLED terbaik, Samsung Galaxy Note 10+ memiliki harga di atas Rp 10 juta.

8. Lenovo Z6 Pro.

HP dengan 4 kamera terbaik © 2020 brilio.net

foto: lenovo.com

Lenovo Z6 Pro memiliki tampilan menarik dengan kualitas layar bening yang didukung super AMOLED. Untuk ukuran layarnya, memiliki luas 6,39 inch yang beresolusi Full HD+. Dari prosesornya ia sudah didukung dengan Snapdragon 855 yang dilengkapi RAM 12 GB dan 8 GB.

Jangan khawatir bakal kehabisan memori, karena Lenovo Z6 Pro menggunakan kapasitas 512 GB, 256 GB, dan 128 GB. Nah, untuk kamu yang penasaran dengan kualitas kamera, terdapat 4 kamera dengan lensa 48 MP, 16 MP, 8 MP, dan 2 MP. Tak tanggung-tanggung kamera depannya dibekali dengan kualitas resolusi 32 MP. Untuk harga yang dipatok pada HP ini adalah kisaran Rp 6 jutaan.

9. Huawei Nova 5 Pro.

HP dengan 4 kamera terbaik © 2020 brilio.net

foto: consumer.huawei.com

Huawei Nova 5 Pro hadir pada Juni 2019 lalu. HP ini tergolong dalam smartphone yang memiliki fitur cukup komplet. Dari segi layar kamu akan dimanjakan dengan kualitas OLED 1080p. Sedangkan untuk chipsetnya, Huawei Nova 5 Pro menggunakan HiSilicon Kirin 980.

Sensor sidik jarinya sudah tersemat untuk menjaga keamanan data pengguna. Di sisi lain, tentu saja ada kamera bersolusi 48 MP, 16 MP, 2 MP makro khusus dan 2 MP sensor mendalam.

Untuk kamera selfie-nya, HP ini memiliki resolusi 32 MP. Harga Rp 5 jutaan dibanderol untuk HP ini. Tentu sejajar dengan kualitas dan spesifikasi yang dimiliki Huawei nova 5 Pro, kan?

10. Redmi Note 8.

HP dengan 4 kamera terbaik © 2020 brilio.net

foto: mi.co.id

Produk Redmi juga meluncurkan HP dengan kamera berjumlah 4 yang nggak kalah menarik dari produk yang lain. Untuk kamera utamanya terdapat lensa beresolusi 48 MP, selain itu ada kamera 8 MP ultrawide, 2 MP sensor mendalam, dan 2 MP lensa makro.

Yang menjadi poin menarik dari Redmi note 8 adalah kemampuan HP ini untuk tahan dari percikan air. Redmi note 8 juga dilindungi dengan Corning Gorilla Glass di bagian layar dan bodinya.

Kualitas baterainya tidak jauh berbeda dengan para pesaingnya, karena dibekali kapasitas baterai 4000 mAh. Jadi kamu nggak perlu khawatir untuk bermain game, streaming video, dan menonton film dalam durasi lama.

Semakin membuatmu tenang, Redmi Note 8 juga sudah didukung dengan teknologi fast charging yang dapat mengisi bateraimu dengan cepat. Harga yang dibanderol untuk HP ini kisaran Rp 2 jutaan.

RECOMMENDED BY EDITOR