Brilio.net - Facebook Inc merupakan perusahaan layanan jejaring sosial yang menghubungkan penggunanya untuk memperluas pertemanan. Perusahaan asal California ini pertama kali diluncurkan pada 4 Februari 2004. Berarti sudah 16 tahun media sosial milik Mark Zuckerberg ini melayani para penggunanya.

Berawal sekadar menyediakan akses untuk memperluas jaringan pertemanan, kini Facebook mengembangkan beragam fitur yang semakin kekinian. Tak hanya itu, fitur yang diberikan juga semakin memudahkan penggunanya untuk mendapatkan berbagai informasi.

Facebook atau yang kerap disingkat FB, juga menjadi salah satu media sosial yang juga dimanfaatkan untuk berbisnis. Hal ini pula yang membuat FB tidak ditinggalkan para pengguna.

Meski banyak pesaing yang bermunculan, namun FB masih bertahan selama 16 tahun. Bahkan anak perusahaannya, Instagram, juga tidak kalah booming untuk menarik perhatian anak muda. Namun FB terus memberikan inovasi baru yang beberapa bahkan tidak ditemukan di media sosial lain lho.

Kamu sudah tahu belum apa saja fitur terbaik Facebook selama 16 tahun berdiri? Jangan sampai ada fitur yang belum kamu coba ya!

Loading...

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (16/1), berikut 10 fitur Facebook terbaik selama 16 tahun.

1. News Feed.

10 Fitur Facebook terbaik selama 16 tahun © 2020 brilio.net

foto: pixabay.com

Pada 2 tahun setelah kemunculannya, Facebook mengeluarkan fitur News Feed. Fitur ini memungkinkan orang-orang mendapatkan informasi terbaru yang diunggah pengikutnya ke jejaring sosial. Di awal kemunculannya, fitur ini sangat membantu para pengguna. Dikarenakan pengguna dapat mengakses informasi tak hanya dari lingkungan sekitar, juga dari belahan dunia lain.

2. Internet.org.

10 Fitur Facebook terbaik selama 16 tahun © 2020 brilio.net

foto: freebasics.com

Internet.org dirilis pada tahun 2013. Keunggulan fitur ini adalah mampu menghubungkan 2/3 dari populasi dunia yang saat itu belum terhubung dengan akses internet. Internet.org juga dikenal sebagai salah satu cara untuk mengakses Facebook secara gratis.

Bahkan dalam perkembangannya internet.org juga melalukan kerjasama dengan beberapa provider. Tentu saja hal ini membuat penggunanya dapat mengakses Facebook tanpa pulsa.

3. Safety Check.

10 Fitur Facebook terbaik selama 16 tahun © 2020 brilio.net

foto: pixabay.com

Facebook menunjukkan mereka tidak hanya memberikan layanan untuk memperluas pertemanan saja. Sebagai jejaring sosial, Facebook juga melakukan inovasi yang bisa dianggap sebagai kegiatan sosial.

Melalui fitur Safety Check, Facebook membuat penggunanya dapat saling memberi kabar pada keluarga dan teman-temannya di FB bahwa mereka dalam keadaan selamat setelah adanya suatu peristiwa atau bencana alam.

4. Reaction.

10 Fitur Facebook terbaik selama 16 tahun © 2020 brilio.net

foto: pixabay.com

Nggak heran kalau Facebook bisa bertahan selama 16 tahun. Perusahaan ini selalu memberikan pembaruan keren yang membuat penggunanya betah. Salah satu fitur yang di luncurkan Facebook pada tahun 2016 adalah reaction.

Fitur ini menampilkan emoji-emoji yang menarik di samping tanda likes. Melalui emoji ini pengguna dapat lebih mudah mengekspresikan tanggapannya dalam suatu unggahan. Jadi perasaan itu dapat tersampaikan secara ringkas dan lebih jelas.

5. Marketplace.

10 Fitur Facebook terbaik selama 16 tahun © 2020 brilio.net

foto: facebook.com

Tahun 2016 sepertinya menjadi salah satu masa kejayaan untuk Facebook. Selain menghadirkan emoji, FB juga memperkenalkan fitur toko alias Marketplace.

Fitur ini tentu saja memudahkan para pebisnis untuk mempromosikan dagangannya. Logo fitur marketplace cukup strategis dan mudah ditemukan para pengguna.

Melalui fitur ini pengguna dapat menemukan penjual dengan lokasi terdekat dari kamu. Hal ini dikarenakan fitur marketplace menggunakan geolokasi. Namun kalau kamu merasa tidak puas dengan penjual yang ada di dekatmu, kamu bisa memperluas lokasi ataupun menyaring pencarian berdasarkan harga dan juga jenis barang.

6. Facebook 360.

10 Fitur Facebook terbaik selama 16 tahun © 2020 brilio.net

foto: facebook360.fb.com

Fitur Facebook yang satu ini rilis pada 8 Maret 2017 lalu. Didukung oleh Oculus dan Samsung Gear VR , fitur ini menjadi salah satu fitur yang kekinian. Penggunanya bisa berbagi video 360 derajat yang menakjubkan di Facebook.

Daya tarik Facebook 360 sukses menarik perhatian penggunanya, terlihat ada jutaan orang yang langsung mengakses setelah tanggal peluncurannya. Fitur Facebook 360 dapat dibagikan seperti video lainnya di FB. Pengguna juga dapat menemukan konten yang sedang trending dengan lebih mudah, menyimpan file favorit, dan mengelola koleksi favorit mereka.

Nah, kalau kamu ingin mengunduh aplikasi Facebook 360, kamu hanya perlu membuka aplikasi Oculus di gadgetmu dan mencari aplikasi Facebook 360.

7. Messenger Day - The Snapchat Way.

10 Fitur Facebook terbaik selama 16 tahun © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Masih diluncurkan di bulan yang sama dengan Facebook 360, Messenger Day seakan-akan mendobrak publik sebagai pesaing untuk melawan Instagram Stories dan Snapchat. Hal ini dikarenakan fitur ini memiliki kemiripan dengan pendahulunya. Bahkan beberapa fitur seperti filter, stiker, dan juga tulisan akan hilang dalam 24 jam seperti media sosial lain.

Untuk menemukan fitur ini, kamu bisa mengakses melalui Facebook Messenger yang sudah ada. Salah satu keuntungan fitur ini adalah mampu membantumu memeriksa orang-orang yang aktif untuk chatting.

Selain itu pengguna juga bisa berbagi tentang apa yang mereka lakukan. Messenger Day juga semakin menarik dengan kehadiran filter interaktif yang dapat dengan mudah digunakan ke foto mereka.

8. Facebook Live.

10 Fitur Facebook terbaik selama 16 tahun © 2020 brilio.net

foto: facebook.com

Sesuai dengan namanya, pasti kamu sudah bisa menebak fitur yang satu ini deh. Ya, Facebook Live akan membantumu untuk melakukan live streaming.

Kalau sebelumnya pengguna harus menggunakan Facebook Live API dari smartphone atau tablet, sekarang kamu sudah bisa melakukannya dari laptop ataupun komputer pribadi. Melalui aplikasi ini kamu juga bisa menambahkan komentar ke siaran langsung.

9. Advertising Capabilities.

10 Fitur Facebook terbaik selama 16 tahun © 2020 brilio.net

foto: facebook.com

Fitur yang satu ini pas banget buat kamu yang memanfaatkan FB untuk berbisnis. Karena salah satu fitur terbaik Facebook ini merevolusi kemampuan iklan, sehingga akan semakin memudahkanmu dalam menjalankan bisnis.

Saat ini pengguna juga bisa menggunakan Audience Networks untuk mengunggah iklan serta tawaran ke Facebook. Hal ini memberikan keuntungan agar audiens yang ditargetkan dapat tetap mengikuti semua informasi terbaru. Gimana kamu tertarik mencobanya?

10. Video Grup.

10 Fitur Facebook terbaik selama 16 tahun © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Fitur video grup akan menghubungkanmu untuk melakukan obrolan video bersama teman-teman. Meski mirip seperti Instagram, Video Grup Facebook memiliki keunggulan mampu menambahkan sekitar 50 pengguna ke dalam satu obrolan grup video. Wah, dijamin puas ngobrol kan ya?

Selain itu fitur ini juga bisa membantumu untuk menambahkan filter yang menarik agar obrolan menjadi lebih seru. Oh iya, kalau kamu merasa tampilan kepala obrolan Facebook mengganggumu, sekarang kamu sudah bisa menghapusnya dengan mudah lewat pengaturan profil.

RECOMMENDED BY EDITOR