Brilio.net - Smartphone merupakan jenis gadget yang memiliki banyak sekali manfaat besar dalam kehidupan modern seperti sekarang ini. Tak hanya digunakan untuk berkomunikasi saja, smartphone memiliki fungsi yang sangat luas. Buktinya kini hampir semua orang sudah memiliki smartphone. Tanpa smartphone mereka tidak bisa melakukan banyak hal. Pasalnya semua kegiatan, mulai perkantoran, pebisnis dan lainnya sudah beralih ke smartphone.

Menjadi yang sangat diandalkan, namun terkadang orang lupa untuk menjaganya agar tetap awet. Padahal merawat smartphone merupakan hal yang perlu dilakukan jika kamu tidak ingin mengeluarkan uang setiap tahunnya hanya untuk membeli HP baru.

Meskipun kamu adalah orang yang selalu ingin meng-update smartphone terbaru, namun tetap saja kamu harus bisa menjaga smartphone yang kamu punya sekarang dengan baik. Pasalnya ini akan sangat membantu kamu. Misalnya saja, kamu ingin membeli smartphone baru, tentunya yang lama tidak akan kamu gunakan lagi. Nah, dengan kondisi smartphone yang masih bagus, kamu bisa menjualnya dengan harga tinggi untuk menambah kekurangan membeli smartphone baru. Hal ini jelas akan menghemat pengeluaran kamu.

Sayangnya kesadaran untuk merawat smartphone masih begitu kurang, kadang pengguna smartphone begitu ceroboh. Nah, bagi kamu yang ingin smartphone-nya bisa bertahan lama dan selalu terlihat baru, berikut beberapa cara merawat smartphone yang bisa kamu lakukan, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (23/12).

1. Beri casing dan pelindung layar.

Loading...

Cara merawat smartphone agar awet Istimewa

foto: cnet.com

Smartphone memang benar-benar harus kamu jaga, terutama bagian body dan layarnya. Mengeluarkan sedikit uang untuk membeli casing dan pelindung layar rasanya tidak masalah. Lagi pula sekarang ini aksesori HP sudah sangat murah.

Jika memberikan perlindungan pada body dan layar HP, maka smartphone kamu tidak mudah tergores dan terlihat seperti baru meski penggunaan sudah bertahun-tahun.

2. Bersihkan secara berkala.

Cara merawat smartphone agar awet Istimewa

foto: cnet.com

Terus menerus digunakan tentunya ponsel akan mudah kotor. Kamu harus rajin membersihkannya. Salah satu cara sederhana membersihkan HP adalah dengan dengan menggunakan tisu alkohol.

Pastikan tidak menggunakan air, tisu basah atau pembersih lain yang akan membuat smartphone lembap.

3. Hindari memainkan HP saat sedang di-charger.

Cara merawat smartphone agar awet Istimewa

foto: gadgetstouse.com

Ini merupakan kebiasaan buruk hampir semua pengguna smartphone. Mereka kerap memainkan HP saat sedang di-charger. Cara ini akan membuat baterai mudah rusak dan nantinya akan berujung pada kerusakan hardware lainnya. Lebih baik menunggu sesaat sampai baterai penuh, lalu gunakan kembali seperti biasanya.

4. Hindari meletakkan HP di atas benda berbau magnet.

Cara merawat smartphone agar awet Istimewa

foto: lg.com

Tanpa kita sadari kebiasaan yang dilakukan dan dapat membuat smartphone kamu berumur pendek. Biasanya penyebabnya karena meletakkan smartphone di atas TV, radio dan sesuatu yang berbau magnet lainnya.

5. Agar speaker tidak mudah rusak.

Cara merawat smartphone agar awet Istimewa

foto: coopersofstortford.co.uk

Speaker merupakan bagian dari smartphone yang sangat diandalkan, baik untuk menelepon maupun mendengarkan musik. Agar speaker HP tidak mudah rusak, maka yang perlu kamu lakukan adalah untuk tidak mendengarkan musik atau video dengan volume speaker full, cukup maksimal 90 persen saja.

6. Simpan di tempat yang aman.

Cara merawat smartphone agar awet Istimewa

foto: pxhere.com

Tentukan tempat yang aman untuk menyimpan smartphone ketika sedang tidak digunakan. Pastikan tempat penyimpanan tadi tidak akan membuat smartphone kalian jatuh atau terinjak.

Kadang kecerobohan meletakkan smartphone di mana-mana bisa berakibat fatal. Sebaiknya simpan di tempat-tempat yang memang sangat aman, seperti rak buku, di atas meja belajar dan tempat lainnya yang menurut kamu sangat aman.

7. Menjaga agar tombol atau keyboard aman.

Cara merawat smartphone agar awet Istimewa

foto: techspot.com

Bagian dari smartphone yang paling penting dans sering digunakan adalah keyboard. Seperti diketahui, tombol pada smartphone memiliki fungsi yang berbeda-beda dan apabila terus digunakan maka akan berakibat menurunnya fungsi pada tombol smartphone.

Walaupun sekarang sudah banyak HP layar sentuh, namun beberapa HP masih mencantumkan tombol, seperti tombol menu atau home dan tombol back. Maka dari itu, gunakan tombol dengan bijak dan jangan menekannya terus menerus bila tidak dibutuhkan.

8. Backup dan restore.

Cara merawat smartphone agar awet Istimewa

foto: minitool.com

Agar smartphone bisa berjalan mulus dan tanpa ada hambatan apapun, yang harus kamu lakukan adalah backup secara berkala. Usahakan penyimpanan pada laptop ataupun flashdisk.

9. Pilih aplikasi penting.

Cara merawat smartphone agar awet Istimewa

foto: economictimes.indiatimes.com

Sekarang ini memang banyak sekali aplikasi menarik menggiurkan. Namun jika kamu mengunduh semua aplikasi tersebut maka akan berdampak buruk pada smartphone kamu. Lebih baik pilah yang memang sangat sering kamu gunakan dan sangat penting saja. Selebihnya dihapus saja.

10. Gunakan antivirus.

Cara merawat smartphone agar awet Istimewa

foto: avast.com

Menggunakan antivirus dan update secara rutin akan membuat smartphone lebih ringan dan awet. Menggunakan antivirus memanglah sangat dianjurkan untuk mencegah virus masuk ke smartphone melalui jaringan internet, file dan bluetooth. Untuk itu, sebaiknya kamu harus meng-update antivirus 3 hari sekali.

RECOMMENDED BY EDITOR