Brilio.net - Mengabadikan momen menjadi hal yang wajib dilakukan di tengah berkembangnya teknologi sekarang. Foto pun semakin sempurna ketika sudah melewati proses editing. Hal ini banyak dilakukan oleh mereka sebagai fotografer. Namun sekarang ini tak hanya fotografer yang membutuhkan proses editing untuk memperindah jepretannya. Siapa saja pasti membutukan edit foto untuk mempercantik fotonya sebelum kemudian diunggah ke media sosial.

Jika dulu edit foto hanya bisa dilakukan oleh mereka yang profesional, sekarang berbeda. Siapa saja bisa melakukan editing dengan mudah. Pasalnya sudah banyak tersedia aplikasi editing yang bisa diakses di mana saja, baik laptop maupun smartphone. Kamu bisa memberikan filter warna, menggabungkan beberapa foto, memotong foto, hingga mencerahkan foto hanya dengan smartphone.

Jika kamu ingin memperindah fotomu, berikut ini ada beberapa aplikasi pengolah foto paling rekomendasi yang memiliki fitur-fitur keren di dalamnya. Apa saja?

Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (14/11).

1. VSCO.

Loading...

Cara mengedit foto dengan aplikasi ponsel  Istimewa

foto: iphonephotographyschool.com

VSCO merupakan aplikasi edit foto yang cukup populer dan banyak digunakan oleh orang. VSCO bukan sekadar aplikasi edit foto, pengguna juga bisa memotret langsung dengan aplikasi tersebut.

VSCO punya fitur kamera yang memungkinkan pengguna untuk memotret sebuah objek. Selain itu, keunggulan VSCO memiliki banyak koleksi filter yang kekuatannya bisa disesuaikan dengan selera. Aplikasi gratis ini bisa kamu dapatkan di iOS dan Android.

2. Polar.

Cara mengedit foto dengan aplikasi ponsel  Istimewa

foto: alternativeto.net

Polar juga nggak kalah keren dari VSCO lho. Aplikasi yang tersedia gratis di sistem operasi iOS dan Android ini berisi sejumlah interface yang bisa diatur (customize) sesuai selera pengguna. Dnegan begitu pengguna bisa menyesuaikan aplikasi ini sesuai keinginan kamu. Nggak cuma itu, Polar juga menawarkan warna gratis yang apik banget, serta dukungan 3D Touch.

3. Cymera.

Cara mengedit foto dengan aplikasi ponsel  Istimewa

foto: fonelab.com

Aplikasi edit foto satu ini bisa digunakan untuk Android. Fitur-fitur yang bisa kamu dapatkan pada aplikasi Cymera adalah filter and beauty hingga makeup. Edit foto satu ini cocok untuk kamu yang ingin tampil lebih sempurna.

4. PicsArt.

Cara mengedit foto dengan aplikasi ponsel  Istimewa

foto: picsartphotoediting.com

PicsArt mempunyai program desain yang sangat baik untuk mengedit foto dengan dekorasi dan filter. PicsArt juga memiliki fitur kamera, alat menggambar, ataupun edit atau pengolah foto, menambahkan efek, serta platform sosial.

5. Pixlr.

Cara mengedit foto dengan aplikasi ponsel  Istimewa

foto: bowerwebsolutions.com

Pixlr merupakan aplikasi edit foto yang cukup digemari. Aplikasi edit foto ini menawarkan alat dan fitur yang menarik seperti border, efek, dan overlay. Yang mau coba, Pixlr tersedia di App Store dan Play Store.

6. Snapseed.

Cara mengedit foto dengan aplikasi ponsel  Istimewa

foto: diyphotography.net

Fitur pengeditan di Snapseed ada banyak, salah satunya adalah tune image, crop, details, tonal contrast, vignette, hingga pengaturan potrait atau landscape.

Aplikasi edit foto Snapseed wajib kamu miliki karena bisa menghasilkan foto yang keren banget. Aplikasi edit foto satu ini bertujuan memberikan gradasi gelap terang transparan dari pinggir hingga tengah foto.

7. Photo Lab.

Cara mengedit foto dengan aplikasi ponsel  Istimewa

foto: photo-lab-pro-photo-editor

Photo Lab ini memiliki efek yang sangat beragam dan mudah diaplikasikan. Aplikasi edit foto Photo Lab, kamu bisa menggabungkan beberapa foto dalam satu frame secara otomatis. Jadi kamu wajib punya aplikasi edit foto Photo Lab.

8. Priime.

Cara mengedit foto dengan aplikasi ponsel  Istimewa

foto: petapixel.com

Priime termasuk edit foto paling banyak disukai pengguna iOS. Pasalnya Priime menawarkan 100 editan foto layaknya profesional. Aplikasi ini cukup memenuhi kebutuhan edit fotografi outdoor.

9. PicSay.

Cara mengedit foto dengan aplikasi ponsel  Istimewa

foto: play.google.com

PicSay tersedia dalam dua versi, yaitu gratis dan pro. Aplikasi edit foto satu ini intuitif, ringan, dan sangat mudah digunakan dengan manyajikan fitur seperti memperbaiki warna foto.

Nggak cuma mengatur kontras warna, pengguna juga bisa menambahkan judul-balon percakapan, bisa juga memanipulasi foto seperti menggabungkan dua foto atau lebih, remove red eye, dan sebagainya.

10. Adobe Photoshop Lightroom.

Cara mengedit foto dengan aplikasi ponsel  Istimewa

foto: photographylife.com

Aplikasi edit foto Adobe Photoshop Lightroom bisa mengubah dan memperbaiki gambar dengan meningkatkan kualitas. Kerennya lagi, aplikasi ini bisa memanipulasi warna sesuai dengan selera kita, mengubah resolusi gambar dan sebagainya.

- Tips memotret dengan kamera ponsel.

Ponsel yang sudah berganti nama menjadi smartphone ini memang benar-benar harus dimanfaatkan dengan baik. Banyak fitur-fitur canggihnya yang tersedia sebaiknya dimanfaatkan dengan maksimal, salah satunya kamera.

Sekarang ini smartphone sudah dilengkapi dengan kamera yang nggak kalah keren dengan kamera DSLR atau mirrorless. JCukup dengan smartphone saja, kamu sudah bisa mendapatkan foto yang memuaskan.

Nah untuk mendapatkan foto yang berkualitas hanya dengan menggunakan smartphone, kamu harus mengetahui beberapa tekniknya. Seperti apa? Berikut ulasannya yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (14/11).

1. Jangan gunakan fitur zoom.

Menggunakan kamera ponsel jelas berbeda dengan kamera DSLR. Ketika kamu ingin memeroleh gambar yang lebih dekat, mendekatlah dengan kakimu, bukan dengan tombol zoom. Kamu bisa lihat sendiri hasilnya begitu memuaskan.

2. Atur pencahayaan dengan baik.

Menggunakan kamera ponsel membuat kamu harus pintar-pintar dalam mengatur pencahayaan. Kamu bisa mengambil gambar ketika pagi menjelang senja, hasilnya akan sangat menakjubkan.

3. Pada kondisi tertentu, gunakan HDR.

HDR merupakan singkatan dari High Dynamic Range, kalau diartikan secara sederhana artinya ada perbedaan tingkat kecerahan yang jauh antara bagian yang terang dan bagian yang gelap. Jika kamu menginginkan gambar yang lebih tajam, maka HDR cukup membantu untuk menghasilkan foto yang epik.

4. Tentukan angle yang tepat.

Hasil jepretan menggunakan ponsel bisa terlihat sangat keren jika kamu tahu cara pengambilan angle yang tepat. Misalnya kamu bisa memotret dari ketinggian atau dengan meninggikan kamera atau menurunkan kamera serendah-rendahnya. Kamu bisa berkreasi sebebas mungkin untuk mendapatkan hasil yang luar biasa.

RECOMMENDED BY EDITOR