Brilio.net - Di zaman modern saat ini, siapa sih yang nggak suka bermain game. Hampir semua kalangan suka bermain game. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, cowok maupun cewek, dari game offline hingga online, mereka rela menghabiskan banyak kuota demi mendapatkan sensasi serunya bermain game terutama di platform Android.

Momen paling seru saat bermain game tentu saat menang. Tetapi bagaimana ketika kamu akan menang, namun Android justru nge-lag, error, atau nge-hang. Tentu sangat menyebalkan sekali. Nah karena itu kamu perlu mencari cara agar kamu tetap nyaman bermain game kapan dan di mana saja kamu berada.

Pasalnya ponsel Android seringkali masih kewalahan dengan beberapa masalah keterlambatan, masalah menguras baterai, masalah stabilitas. Jadi, kamu perlu mencari trik khusus agar kinerja game di Androidmu tetap lancar jaya. Berikut caranya sudah brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (13/6).

1. Aktifkan opsi pengembang di ponsel.

Cara mengatasi Android lag saat nge-game pixabay

foto: systweak

Untuk meningkatkan kinerja Android saat kamu bermain game, kamu harus mengaktifkan pengaturan pengembang ponsel Android. Caranya buka pengaturan perangkat Android, kemudian pilih tentang telepon. Di sini kamu akan melihat nomor Build, ketuk 7 kali di atasnya. Lalu scroll ke bawah, cari opsi Force 4x MSAA. Aktifkan opsi tersebut. Terakhir reboot ponselmu.

2. Uninstall aplikasi yang tidak perlu.

Cara mengatasi Android lag saat nge-game pixabay

foto: pixabay

Pilih aplikasi yang benar-benar ingin kamu gunakan. Hilangkan aplikasi yang tidak penting dengan meng-uninstallnya. Sebab setiap aplikasi yang terpasang di telepon membutuhkan ruang dan sebagian besar aplikasi berjalan di latar belakang. Seluruh proses membuat kecepatan ponsel lambat.

3. Matikan layanan latar belakang.

foto: androidcentral.com © 2019 brilio.net

foto: androidcentral.com

Layanan latar belakang memainkan peran utama untuk memperlambat kecepatan ponsel Android. Aplikasi seperti Facebook, WhatsApp, Twitter, Gmail, dan lainnya. Membuat sebagian besar pengolah sibuk saat berjalan di latar belakang.

Aplikasi ini mengonsumsi ruang RAM dan juga menguras baterai. Meskipun saat ini sebagian besar smartphone menyediakan jumlah RAM yang lebih tinggi yang membantu dalam meningkatkan kinerja ponsel Android. Kamu juga dapat menonaktifkan layanan latar belakang secara manual dari aplikasi tertentu.

4. Perbarui sistem Android.

Cara mengatasi Android lag saat nge-game pixabay

foto: pixabay

Selalu pastikan kamu selalu ingat untuk memperbarui pembaruan perangkat lunak terbaru di Android. Periksa ponsel apakah ada pembaruan sistem untuk ponsel Androidmu yang perlu diperbarui. Sebab setiap pembaruan sistem disertai dengan beberapa perbaikan bug yang memberikan stabilitas, kinerja tinggi, fitur-fitur baru untuk Android. Kamu bisa memeriksa versi Pembaruan Sistem di bawah opsi About Phone pada perangkat Android.

5. Gunakan aplikasi peningkatan kinerja game.

Cara mengatasi Android lag saat nge-game pixabay

foto: du-speed-booster.en

Banyak aplikasi tersedia di Google Play Store. Kamu dapat menginstal aplikasi-aplikasi itu ke telepon untuk meningkatkan kualitas grafis dan kinerja perangkat. Sebagian besar aplikasi game boost hadir dengan pengaturan fitur khusus yang hanya berfungsi saat bermain game atau dapat mengubah pengaturan secara manual. Kamu bisa mencoba aplikasi seperti DU Speed Booster, Swift Gamer, Game Booster, Systweak Android Cleaner, maupun aplikasi lainnya.

6. Matikan Animasi.

fitur android-iphone © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Matikan semua hal animasi pada layar Androidmu untuk meningkatkan kinerja ponsel. Caranya buka opsi pengembang telepon. Kemudian scroll ke bawah dan cari skala animasi jendela. Lalu pilih skala animasi 10x. Jika kamu memilih pilihan 'Animasi Mati', maka layar ponselmu akan muncul tanpa animasi.

7. Perbarui game.

Cara mengatasi Android lag saat nge-game pixabay

foto: play.google

Secara umum, pengembang merilis tambahan untuk memperbaiki masalah pengoptimalan dan menghapus bug yang dapat menyebabkan keterlambatan. Memperbarui game adalah cara terbaik untuk memastikan ponselmu memiliki build terbaru dari pengembang dan kamu tidak akan menghadapi masalah optimasi.

8. Matikan mode hemat daya.

aplikasi android © 2018 berbagai sumber

foto: pixabay

Mode hemat daya di sebagian besar ponsel dapat membatasi kerja CPU dan umumnya mengurangi daya pemrosesan untuk menyediakan baterai yang lebih tahan lama. Namun, ini bisa menjadi masalah ketika kamu akan bermain video game yang membutuhkan banyak kekuatan pemrosesan. Mematikan mode hemat daya akan memastikan perangkatmu dapat berjalan pada frekuensi optimal. Cara ini juga dapat mengalokasikan semua sumber daya ke game, daripada bertujuan untuk menghemat masa pakai baterai.

9. Bersihkan penyimpanan.

Cara mengatasi Android lag saat nge-game pixabay

foto: androidpit.com

Penyimpanan yang hampir habis dijamin dapat membawa ponsel lemot. Kamu dapat mengidentifikasi apa yang bisa kamu hapus dengan membuka menu "Pengaturan" dan mengetuk "Penyimpanan". Di sini kamu akan melihat pilihan Data dalam cache, Gambar dan Video, Audio, Aplikasi dan data aplikasi. Data yang di-cache berfungsi untuk mempercepat penggunaan umum dengan menyimpan bit data yang sering diakses sehingga tidak perlu diunduh berulang kali.

10. Instal aplikasi versi lite.

Cara mengatasi Android lag saat nge-game pixabay

foto: play.google

Kamu yang nggak ingin unistall aplikasi favorit, bisa menggunakan aplikasi versi lite. Sudah banyak aplikasi yang menyediakan lite, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Messenger, maupun Google. Aplikasi versi ini membutuhkan ruang lebih kecil dibandingkan dengan versi aslinya.